Daftar Pembuat Diagram Flowchart Online

Mungkin sebagian dari kamu ingin bertanya, apa itu diagram flowchart? Flowchart adalah diagram yang lebih khusus menggambarkan suatu prosedur atau algoritma tertentu.

Untuk kamu yang berkiprah di dunia struktural organisasi maupun administrasi perkantoran mungkin tidak asing dengan diagram flowchart. Apalagi dengan keberadaan berbagai tools, penggunaan diagram sederhana semakin umum.

fungsi diagram flowchart adalah memudahkan audience menangkap isi materi yang kamu sampaikan. Cara kerjanya sama dengan Power Point, bagan, grafik, dan lain sejenisnya.

Namun seringkali, penggunaan diagram untuk menunjukkan data yang bersifat kuantitas maupun sistem tertentu yang lebih rumit. 

Aplikasi untuk Membuat Diagram Flowchart Online Berbasis Web di 2021

Beberapa aplikasi untuk membuat diagram kini sudah hadir dalam bentuk website. Jadi, kamu bisa menggunakannya tanpa harus mendownload aplikasi di ruang penyimpanan smartphone.

Ada banyak sekali situs online yang menyediakan layanan ini, berikut adalah 4 tools untuk membuat diagram otomatis yang kami rekomendasikan;

Lucidchart

Fiturnya:

  • Bisa kamu gunakan untuk membuat flowchart kolaborasi tim;
  • Bisa diintegrasikan dengan beberapa perangkat sekaligus;
  • Terkoneksi dengan situs Google Workspace, Atlassian, Microsoft, Slack, dan lain-lain.

Aplikasi untuk membuat flowchart yang pertama adalah Lucidchart. Situs yang satu ini sering menjadi rujukan bagi para pemula maupun profesional dalam membuat diagram flowchart.

Fitur di situs ini tergolong cukup memadai. Bahkan tersedia juga fitur berbayar jika kamu ingin lebih leluasa mengeksplorasi kreativitas dalam menampilkan data.

Meskipun sudah memiliki banyak pilihan bahasa, situs ini belum menyediakan opsi bahasa Indonesia. Namun secara keseluruhan, panduan dalam web ini sangat ringan dan mudah dipahami.

Website: https://www.lucidchart.com

Smartdraw: Flowchart Maker

Fiturnya:

  • Tersedia banyak pilihan template flowchart;
  • Kemudahan membuat flowchart kolaborasi tim;
  • Tersedia layanan dukungan jika kamu ingin mengajukan pertanyaan, keluhan, dan lain sebagainya. Caranya mudah, tinggal sign in ke layanan menggunakan email.

Cara simpel lainnya untuk membuat diagram flowchart adalah memanfaatkan Smartdraw. Keistimewaan situs ini terdapat pada ratusan model template yang bisa pengguna gunakan.

Dengan keberadaan template, kamu bisa membuat diagram hanya dalam hitungan menit. Tidak perlu repot memikirkan format, membuat kolom, maupun mengulangi berbagai step sebagaimana mendesain diagram dari nol.

Smartdraw juga sudah terintegrasi dengan banyak tools lain. Tersedia panduan lengkap penggunaan situs yang tertulis pada beranda untuk memudahkan para pemula.

Website: https://www.smartdraw.com/flowchart/flowchartmaker.htm

Wondershare Edraw

Fiturnya:

  • Tersedia fitur gratis maupun berbayar;
  • Klasifikasi pilihan diagram berdasarkan fungsi, misalnya org chart design, software and system planning, electric engineering, dan lain-lain;
  • Tersedia komunitas secara online yang berpartisipasi sebagai creator dan pengguna.

Tools pembuat diagram flowchart berbasis web selanjutnya adalah edraw. Software dari perusahaan Edrawsoft ini sudah cukup populer di berbagai negara.

Penggunaan aplikasi ini bisa di HP dan bisa laptop, komputer, notebook. Salah satu titik fokus Edraw terletak pada daya visualisasi, inovasi, dan keamanan data.

Faktor keamanan inilah yang menyebabkan Edraw cocok digunakan untuk membuat diagram kolaborasi tim. Kamu juga bisa mengakses template diagram di sini.

Website: https://www.edrawsoft.com/edraw-max

Creately: Your Visual Workplace

Fiturnya:

  • Penggunaan bisa di HP dan bisa laptop, komputer, notebook;
  • Memungkinkan untuk membuat diagram alir;
  • Cocok untuk membuat diagram kolaborasi tim.

Rekomendasi situs pembuat diagram flowchart yang terakhir adalah Creately. Bagi kamu yang ingin menikmati fasilitas premium, Creately memiliki harga berlangganan yang relatif murah.

Website: https://creately.com

Demikian ulasan dari empat rekomendasi situs pembuat diagram flowchart berbasis web.

Give a Comment