Tempat Membuat Musik dan Lagu Secara Online Tanpa Aplikasi

Tahukah kamu musik dan lagu dapat didaur ulang berkali-kali dengan teknik aransemen? Akan tetapi, kamu tetap butuh tempat untuk membuat musik dan lagu, khususnya secara online atau populer sebagai aplikasi berbasis web. Selain aransemen, kamu pun juga dapat membuat musik dan lagu sendiri.

Pada dasarnya, aplikasi berbasis web menawarkan berbagai kelebihan, di mana orang-orang tidak perlu menginstal aplikasi, sebab aplikasi dapat diakses dengan web browser. Namun, dalam hal ini, perangkat harus tersambung jaringan internet, seperti komputer, notebook, laptop, dan HP Android.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak developer memilih megembangkan aplikasi secara online, tidak terkecuali dengan aplikasi untuk membuat musik dan lagu. Pasalnya, update dan maintenance dapat dilakukan terhadap server sehingga bersifat lebih terpusat.

Selain itu, aplikasi juga dapat digunakan berbagai sistem operasi, baik perangkat desktop atau mobile. Dengan sifat fleksibel dan multiplatform, orang-orang tetap dapat produktif buat lagu sendiri tanpa aplikasi. Kamu pun juga tidak membebani perangkat dengan tidak men-download aplikasi tersebut.

Daftar Tempat untuk Membuat Musik dan Lagu Secara Online

Kini, orang-orang dapat menemukan pembuat musik sendiri secara online di internet, mulai dari musik klasik, remix, jazz, gospel, blues, RnB, funk, rock, metal, EDM (Musik Dansa Elektro), hip hop, pop, dangdut, instrumen, dan DJ. Dengan demikian, kamu pun tidak perlu repot-repot pergi ke studio.

Pasalnya, kamu dapat mengakses aplikasi berbasis online di berbagai perangkat, seperti komputer, notebook, laptop, dan HP Android, entah kapan pun atau di mana pun. Selain tanpa batas waktu dan tempat, aplikasi juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mengoptimalkan vokal dan instrumen.

Lantas, apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat musik dan lagu secara online? Sampai sekarang, terdapat empat aplikasi berbasis web yang paling populer, yakni Chrome Music Lab, YourSongmaker, BeepBox, dan Soundation.

Chrome Music Lab

Fiturnya:

  • Dapat diakses secara bebas dengan memakai teknologi web, seperti Tone.js, Web MIDI, API Audio Web, dan sebagainya
  • Pengguna berkesempatan memperoleh berbagai kode sumber  secara terbuka
  • Dapat diakses di semua perangkat dengan web browser Chrome

Tempat untuk membuat musik dan lagu yang pertama adalah Chrome Music Lab. Pada dasarnya, Chrome Music Lab merupakan situs web yang dapat digunakan untuk belajar menyoal musik. Setiap orang juga dapat mengakses aplikasi secara langsung melalui web browser populer seperti Chrome.

Sebenarnya, tidak hanya digunakan untuk membuat musik dan lagu, tetapi Chrome Music Lab juga digunakan guru-guru di seluruh dunia untuk mempelajari hubungan antara musik dan matematika, sains, seni, dan lain-lain. Selain itu, kamu pun tidak perlu membuat akun untuk menggunakannya.

Website: chromeexperiments

YourSongmaker

Fiturnya:

  • Menawarkan berbagai lagu unggulan
  • Dapat bekerja hanya dengan menggunakan lirik yang diciptakan pengguna
  • Dengan biaya murah, pengguna berkesempatan mendapat ulasan lirik secara formal melalui profesional

Apakah kamu pernah bermimpi membuat musik dan menulis lagu? Jika iya, maka gunakan aplikasi berbasis online bernama YourSongmaker. Pasalnya, YourSongmaker berperan layaknya komposer otomatis untuk menghasilkan kombinasi musik dan lagu secara mudah, yakni hanya berbekal lirik.

YourSongmaker dibuat oleh David Hawkins pada tahun 2007, di mana pada awalnya aplikasi dikenal dengan nama Make Your Poem A Song. Sejak awal kemunculannya, YourSongmaker berkomitmen menciptakan musik dan lagu berkualitas, memiliki nilai kehormatan, dan menawarkan keunikan.

Website: yoursongmaker.com

BeepBox

Fiturnya:

  • Dapat memutar nada secara otomatis
  • Mampu memainkan beberapa baris pola secara bersamaan untuk memproduksi lagu
  • Berkomitmen untuk tidak mengumpulkan dan membagikan data pengguna

Secara sederhana, BeepBox dapat didefinisikan sebagai aplikasi online untuk membuat sketsa lagu dan berbagi melodi secara instrumental. Caranya juga tergolong sederhana, yakni hanya dengan menaikkan volume perangkat, kemudian menekan tombol putar pada aplikasi.

Tempat untuk membuat musik dan lagu ini juga menawarkan data lagu melalui URL di atas browser. Secara otomatis, URL akan diperbarui ketika pengguna membuat perubahan pada lagu yang ingin diproduksi. Nah, setelah menemukan lagu yang cocok, maka salin dan tempel URL untuk menyimpan.

Website: beepbox.co

Soundation – Make Music Online

Fiturnya:

  • Perpustakaan menyediakan lebih dari 20.000 bassline, suara drum, dan melodi
  • Menawarkan mode multipemain untuk berkolaborasi secara langsung dengan pengguna lainnya
  • Dapat bergabung secara gratis

Ternyata, Soundation tergolong aplikasi dengan sumber daya yang besar, sebab memiliki berbagai fitur-fitur unggulan untuk memproduksi musik dan lagu secara online. Misalnya adalah alat-alat digital untuk mengatur suara instrumen akustik dan perpustakaan dengan isi yang beragam.

Tujuannya agar orang-orang dapat menciptakan musik dan lagu secara profesional. Selain itu, Soundation juga menawarkan berbagai instrumen perangkat lunak yang mudah digunakan, seperti synthesizer, sampler, dan mesin drum. Aplikasi juga menyediakan berbagai efek, lho.

Website: soundation.com

Demikian berbagai tempat yang dapat digunakan untuk membuat musik dan lagu, baik berupa aransemen atau menciptakan kreasi secara pribadi. Pada umumnya, aplikasi musik dan lagu secara online cenderung berbasis editor. Tujuannya agar orang-orang dapat melakukan editing secara efisien.

Sadar atau tidak, aplikasi berbasis online juga bersifat open source. Artinya, pengguna dapat melihat hingga menggunakan aplikasi tanpa batasan apa pun. Bahkan, aplikasi kerap tersedia secara gratis, sebab terhubung secara langsung dengan jaringan internet.

Di sisi lain, tingkat efektifitas pembuat musik sendiri secara online pada dasarnya tergantung kecepatan jaringan internet. Dengan demikian, kamu harus memastikan perangkat dapat mengakses tempat untuk membuat musik dan lagu dengan baik, khususnya tanpa ada halangan jaringan.

Give a Comment