Laptop atau komputer merupakan perangkat yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas atau karyawan untuk mengerjakan pekerjaannya. Untuk mendukung fungsinya tersebut, pemiliknya harus memilih aplikasi yang berguna untuk diinstal di perangkatnya.

Ada baiknya, aplikasi yang diinstall di laptop atau komputer ini disesuaikan dengan kegunaan atau fungsinya. Misalnya, jika digunakan untuk mengerjakan tugas, install aplikasi-aplikasi yang mendukung. Begitu pula jika digunakan untuk bekerja.

Namun, tak ada salahnya juga menginstal beberapa aplikasi entertainment atau multimedia. Jadi, saat Anda bekerja bisa sekaligus memberikan hiburan. Apa saja aplikasinya? Berikut beberapa diantaranya.

Aplikasi di Windows yang wajib diinstal

Browser

Untuk mendukung pekerjaan atau mengerjakan tugas, Anda pasti butuh mengakses berbagai situs atau laman tertentu di Internet. Hal ini tidak akan bisa Anda lakukan tanpa adanya aplikasi browser. Karena itulah aplikasi browser harus ada di laptop.

Mengapa browser menjadi aplikasi yang wajib ada di laptop atau komputer? Dari aplikasi browser inilah Anda bisa membuka atau mengakses berbagai situs yang menyediakan berbagai jenis informasi.

Biasanya, ada beberap aplikasi browser yang merupakan bawaan dari Windows. Jadi meskipun di laptop Windows baru, aplikasi browser tersebut sudah tersedia dan otomatis terinstall. Anda pun bisa langsung menggunakannya.

Aplikasi Office

Aplikasi Office seperti Microsoft Office menjadi aplikasi selanjutnya yang harus ada di laptop atau komputer. Baik digunakan untuk mengerjakan tugas atau bekerja, aplikasi Office adalah aplikasi yang pasti dipakai.

Aplikasi Office ini sendiri ada banyak jenisnya. Ada aplikasi pengolah kata, angka, membuat presentasi, membuat catatan, bahkan membuat form surat hingga curriculum vitae. Karena fungsi dan kegunaannya yang sangat banyak inilah mengapa aplikasi Office ini harus ada.

Adanya aplikasi Office ini juga akan membantu memudahkan Anda dalam menginput data dalam format apapun. Berbagai fungsi dan fitur yang ada di dalamnya akan membuat data yang Anda input jadi tertata lebih rapi dan nantinya juga memudahkan mencari saat dibutuhkan.

Antivirus

Virus merupakan gangguan yang paling ditakuti oleh setiap pengguna teknologi. Perangkat teknologi yang sudah terinfeksi virus menjadi menurun performanya. Sering error, membuat beberapa aplikasi tidak bisa dibuka, bahkan menyebabkan data hilang.

Anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Jika tidak, maka aplikasi antivirus ini adalah aplikasi yang wajib diinstal di perangkat laptop atau komputer Anda. Umumnya, untuk laptop baru beli, saat melakukan instalasi pertama kali, teknisi akan langsung memasang aplikasi ini.

Aplikasi Pemutar Musik

Laptop atau komputer memang memiliki fungsi utama untuk membantu dalam mengerjakan pekerjaan. Namun, selain fungsi tersebut laptop atau komputer juga bisa digunakan sebagai media hiburan. Salah satunya adalah dengan menginstall aplikasi pemutar musik.

Jenis aplikasi pemutar musik yang bisa diinstall pun sangat beragam dengan fitur yang juga bervariasi. Musik yang tersimpan di dalam perangkat penyimpanan akan terdeteksi secara langsung setelah Anda menginstall aplikasi ini di laptop.

Kenapa aplikasi ini harus ada dan diinstall di perangkat laptop atau komputer Anda? Karena, dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa tetap produktif bekerja atau mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Dijamin tidak akan membuat Anda bosan.

Aplikasi Pemutar Video

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi multimedia dengan fungsi sebagai entertainment. Aplikasi pemutar video ini biasa ditemukan di laptop pelajar, mahasiswa bahkan pekerja. Melalui aplikasi ini Anda bisa memutar berbagai jenis video yang sebelumnya sudah disimpan di penyimpanan.

Sama halnya dengan aplikasi pemutar musik, jenis dan tipe aplikasi pemutar video ini juga sangat beragam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta fitur yang diunggulkan. Setiap aplikasi ini pun memiliki kemampuan memutar video dalam format yang berbeda-beda.

Ada aplikasi yang bisa memutar video dalam format video paling tinggi, namun ada juga yang tidak bisa. Maka dari itu, tidak ada salahnya memiliki lebih dari 1 aplikasi pemutar video di perangkat laptop Anda. Untuk anak sekolah, aplikasi pemutar video ini dianggap sebagai hiburan saat jenuh belajar.

Aplikasi Password Manager

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pemilik perangkat teknologi. Agar data yang ada di dalam laptop Anda tidak bisa diakses oleh sembarang orang, aplikasi password manager menjadi aplikasi yang wajib diinstall di laptop Anda.

Keunggulan aplikasi password manager ini adalah Anda bisa menyimpan username dan password untuk berbagai akun penting serta apa saja yang dilindungi dengan password. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyimpan username dan password hingga jumlah yang tidak terbatas.

Aplikasi Chat

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini memungkinkan Ands untuk melakukan komunikasi dengan perangkat apapun, termasuk laptop atau komputer. Nah, aplikasi chat ini termasuk salah satu yang wajib ada di perangkat laptop Anda.

Ada beberapa platform pesan instan yang menyediakan aplikasi chat dalam dua versi yaitu mobile dan pc. Setelah Anda menginstal aplikasi chat di dalam laptop Anda, sinkronisasi dengan akun yang ada di hp Anda. Selanjutnya Anda sudah bisa berkomunikasi dengan chat melalui aplikasi ini.

Ada pula aplikasi yang memungkinkan Anda berkomunikasi melalui panggilan video internasional. Ini adalah aplikasi populer yang sering digunakan terutama oleh pelajar yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Dengan begitu, mereka bisa tetap lancat berkomunikasi dengan keluarganya.

Aplikasi Media Sosial

Perkembangan penggunaan media sosial yang semakin meningkat membuat platform ini tidak lagi hanya berfungsi untuk menjalin interaksi antar sesama penggunanya saja, namun juga bisa untuk bisnis. Kalau selama ini Anda menganggap media sosial hanya bisa diinstal di hp saja, maka Anda salah.

Anda pun kini bisa menginstall aplikasi media sosial di perangkat laptop atau komputer. Meski fitur yang ada di dalam aplikasi versi pc ini tidak sebanyak aplikasi mobile, namun memiliki aplikasi media sosial di laptop tentu akan membuat aktivitas bisnis via media sosial juga jadi lebih efektif.

Aplikasi Penyimpanan Awan

Perkembangan teknologi terjadi setiap saat dengan menghadirkan inovasi baru yang lebih memudahkan serta memberi keamanan lebih. Contohnya adalah aplikasi penyimpanan awan ini. Ini adalah salah satu aplikasi penyimpanan yang juga harus ada di laptop atau komputer Anda.

Aplikasi penyimpanan awan ini adalah aplikasi penyimpan yang keren dan harus ada di gadget Anda. Kenapa demikian? Selain menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan akses. Asal terhubung ke akun penyimpanan awan, Anda bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun secara online.

Keamanan data terjamin karena tidak akan rusak layaknya disimpan di penyimpanan konvensional. Penyimpanan awan juga menjadi aplikasi yang harus ada di laptop setelah install ulang. Adanya aplikasi ini tidak akan merepotkan Anda untuk memindahkan data satu per satu.

Aplikasi Catatan Digital

Satu lagi aplikasi yang harus ada di laptop pelajar atau mahasiswa adalah aplikasi catatan digital. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan menarik yang memungkinkan penggunanya untuk membuat catatan pelajarannya lebih rapi dan menarik.

Jenis aplikasi catatan digital ini sendiri beragam. Fitur di dalamnya pun sangat bervariasi. Sesuai namanya, Anda bisa menggunakan aplikasi ini seperti binder atau catatan biasa namun dalam bentuk digital.

Karena dalam bentuk digital, maka catatan yang Anda buat pun tersimpan dalam bentuk digital. Inilah keunggulan aplikasi ini, karena bisa digunakan untuk belajar kapanpun dan di manapun tanpa harus repot membawa banyak catatan. Dari satu perangkat, Anda bisa membuat berbagai catatan sekaligus.

Aplikasi Video Conference

Beberapa waktu belakangan, aplikasi video conference menjadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa dan karyawan, baik untuk melakukan kegiatan pembelajaran maupun untuk bekerja. Fitur di aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan pertemuan bahkan tanpa bertemu secara langsung.

Aplikasi video conference ini sangat penting ada di laptop para karyawan atau mahasiswa saat ini terutama di tengah kondisi pandemi ini. Hanya dengan menggunakan aplikasi video conference, aktivitas pertemuan di kelas atau di kantor bisa tetap berjalan, walaupun tidak bertatap muka langsung.

Aplikasi Produktivitas

Satu lagi aplikasi yang harus ada di laptop pekerja adalah aplikasi produktivitas. Aplikasi ini fungsi utamanya untuk membantu penggunanya agar lebih produktif di bidang apapun yang sedang digeluti.

Di dalam aplikasi terdapat fitur-fitur yang membantu para pekerja berkaitan dengan pekerjaannya. Jenisnya pun bermacam-macam dengan fitur yang juga tak kalah beragam. Seperti misalnya ada aplikasi yang memungkinkan Anda mengatur prioritas pekerjaan.

Ada pula aplikasi yang memungkinkan Anda mengatur dan melacak waktu untuk mengerjakan satu pekerjaan. Ada pula aplikasi untuk mengelola data pekerjaan agar tersimpan lebih rapi. Semua fitur yang ditawarkan inilah alasan mengapa aplikasi ini penting.

Aplikasi Transfer Data ke Hp Android

Bagi pengguna multi gadget, aplikasi transfer data dari dan ke hp android ini juga penting dan harus ada di laptop. Aplikasi ini akan semakin memudahkan dan mempercepat transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Fitur aplikasi ini pun bervariasi dan menarik, seperti adanya fitur scan barcode untuk menghubungkan antara perangkat laptop dengan hp android. Jadi, proses menghubungkan kedua perangkat pun bisa lebih cepat dan mudah.

Belum lagi jenis data yang bisa ditransfer dari dan ke hp android juga sangat lengkap. Jadi Anda bisa melakukan transfer data dalam format apapun dengan kapasitas berapapun. Semua kemudahan inilah yang menjadi alasan mengapa aplikasi ini harus ada di laptop.

Aplikasi Nonton Film

Kalau sebelumnya ada aplikasi pemutar video yang hanya bisa digunakan untuk memutar video secara offline, beda dengan aplikasi nonton film ini. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan streaming film apapun yang Anda inginkan.

Karena Anda bisa memilih film apa yang ingin Anda download sesuai keinginan, maka selain aplikasi yang harus terinstall di perangkat laptop, Anda juga harus berlangganan paket aplikasi tersebut. Sistem berlangganan ini artinya Anda harus membayar setiap bulan untuk bisa menikmati layanannya.

Aplikasi ini pun tersedia bervariasi berdasarkan jenis filmnya. Ada aplikasi nonton film khusus film Asia, film Hollywood, film-film animasi, bahkan kombinasi antara semuanya. Jadi, Anda bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Agar perangkat laptop atau komputer bisa digunakan secara optimal, Anda sebagai pengguna pun harus mengisinya dengan aplikasi-aplikasi sesuai kebutuhan penggunaannya. Meskipun demikian, Anda tetap harus bijak dalam memilih aplikasi agar tidak justru memperberat performa laptop.

Hal tersebut karena semakin banyak aplikasi yang diinstall di laptop atau komputer, maka kinerja laptop pun akan semakin berat. Ini akan membuat beberapa fungsi berjalan lambat.

Nah, daftar aplikasi di atas adalah aplikasi yang penting dan harus ada di laptop atau komputer Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Jadi, Anda bisa memilih salah satunya berdasarkan penggunaan laptop Anda.