Aplikasi Pengunci Folder dan File di Laptop-Komputer

Masalah privasi adalah hal yang penting, termasuk yang berhubungan dengan berkas pada gadget yang kita gunakan. Agar file tidak bisa dibuka orang lain, Anda bisa melakukan penguncian folder atau file tersebut.

Mungkin untuk mengunci file adalah hal yang biasa. Akan tetapi jika mengunci folder sepertinya menjadi hal yang tak biasa. Padahal hal tersebut mudah saja untuk dilakukan.

Biasanya orang-orang yang melakukan penguncian folder di laptop, komputer, notebook yang dimilikinya bertujuan untuk menjaga file-file rahasia dalam folder tersebut.

Misalnya saja jika di dalam folder tersebut digunakan untuk file badan perusahaan, dan organisasi maka folder tersebut harus dijaga kerahasiaannya dari pihak lain.

Aplikasi untuk Mengunci Folder dan File yang Ada di Laptop/Komputer

Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk mengunci folder dan file yang bisa dipasang pada laptop maupun komputer. Namun pada artikel ini hanya akan dibahas 4 aplikasi terbaik saja. Penasaran apa saja aplikasi yang bisa digunakan agar file ada password? Berikut ini penjelasannya.

Secret Disk

Fiturnya:

  • Ada tempat penyimpanan terpisah untuk folder atau file yang akan Anda lindungi.
  • Disk rahasia yang sudah dibuat hanya bisa dibuka menggunakan password.
  • File dalam disk tidak akan muncul atau terlihat jika disk terkunci.

Aplikasi pembuat kunci password pada file dan folder yang bisa Anda gunakan di laptop ataupun komputer yaitu Secret Disk. Aplikasi ini bisa diakses menggunakan Windows Xp, Vista, dan Windows 7.

Software yang satu ini sangat simpel dan fiturnya pun banyak. Anda yang menggunakan software ini dijamin akan nyaman dan tidak akan merasakan kesulitan baik saat mengunduh maupun menggunakannya.

Download:: https://secret-disk.en.softonic.com/

HiddenDIR

Fiturnya:

  • Menyembunyikan folder dengan mudah
  • Menampilkan folder yang sudah disembunyikan
  • Mengunci folder

Aplikasi untuk mengunci file dan folder yang satu ini memberikan perlindungan terhadap folder ataupun file yang ingin Anda sembunyikan. Software yang satu ini bisa Anda unduh dengan mudah dan juga gratis. Ukurannya pun sangat kecil, sehingga tidak akan membuat perangkat Anda menjadi berat.

Download: rcpsoft.net/hiddendir/

Glisoft File Lock Pro

Fiturnya:

  • Bisa untuk mengunci folder dari hard drive internal, flash drive, driver USB eksternal, thumb drive, kartu memori, dan beberapa jenis drive lainnya yang terkoneksi di laptop atau komputer Anda.
  • Memasang sandi pada folder atau file tertentu sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Aplikasi yang satu ini cukup spektakuler. Pasal selain bisa diakses menggunakan laptop atau komputer, membuat password pada file dan folder menggunakan aplikasi ini juga bisa diakses pada android.

Aplikasi ini juga sangat mudah dipahami dan digunakan karena menyediakan berbagai pilihan bahasa yang akan memudahkan siapa saja menggunakannya. Cara untuk mengunduhnya juga sangat mudah. Anda bisa mengunduh aplikasi ini kapan saja dan dimana saja.

Download: https://www.gilisoft.com/product-file-lock-pro.htm

Protected Folder Oleh Iobit

Fiturnya:

  • Mampu menjaga file tetap aman dari virus.
  • Mampu melindungi folder atau file dari kebocoran data.
  • Bisa digunakan untuk memasang sandi pada file atau folder penting.

Aplikasi gratis ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bisa untuk pribadi ataupun kebutuhan lainnya. Aplikasi ini sudah bisa dipasang pada Windows 10. Jadi Anda pengguna Windows 10 dapat menikmati fitur yang ada pada software yang satu ini.

Download: https://www.iobit.com/en/password-protected-folder.php

Untuk beberapa kepentingan sepeti untuk UMKM, UKM dan organisasi, aplikasi-aplikasi di atas akan sangat membantu. Anda juga bisa mengamankan data untuk olshop Anda dengan menggunakan aplikasi pengaman folder dan file tersebut.

Give a Comment