Aplikasi untuk Mengecek Spesifikasi Laptop-PC yang Lengkap

Jika  kesulitan mendapat informasi spesifikasi suatu perangkat, maka gunakan aplikasi untuk mengecek spesifikasi laptop dan komputer. Pasalnya, spesifikasi berperan penting untuk menentukan apakah orang-orang dapat mengunduh software tertentu, seperti game di perangkat komputer, laptop, dan notebook.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab software yang tidak kompatibel akan menyebabkan penurunan performa, bahkan mampu menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan aplikasi untuk memeriksa spesifikasi secara otomatis, yang mana dapat berfungsi secara gratis dan berbayar.

Daftar Aplikasi untuk Mengecek Spesifikasi Laptop dan Komputer Windows

Secara umum, spesifikasi mampu menampilkan karakteristik perangkat, seperti bisa untuk cek VGA, prosesor, RAM, memori seperti Hardisk, CPU, power supply, sound card, NIC/LAN card, WebCam, dan suhu laptop-komputer. Dalam praktiknya, setiap perangkat umumnya memiliki spesifikasi yang beragam.

Dengan demikian, orang-orang membutuhkan aplikasi windows khusus yang dapat diakses secara online dan offline. Misalnya adalah aplikasi Speccy, CPU-Z, Astra 32, dan HWinNFO. Ternyata, selain untuk memeriksa spesifikasi, aplikasi juga berperan untuk cek kondisi laptop dan komputer, lho.

Speccy

Fiturnya:

  • Mampu memberi informasi perangkat keras secara detail tanpa perlu membongkar laptop dan komputer
  • Dapat memecahkan masalah secara efektif, seperti melihat berbagai komponen  secara mudah untuk menemukan sumber masalah
  • Menawarkan penyimpanan snapshot atau hasil pemindaian secara langsung

Ternyata, Speccy merupakan aplikasi untuk mengetahui apa pun yang ada di perangkat, mulai dari spesifikasi sampai ringkasan. Dalam praktiknya, aplikasi mampu memberi informasi perangkat keras secara detail, yakni dalam sebuah antarmuka yang sederhana dan intuitif.

Download: speccy

CPU-Z – System Information Software

Fiturnya:

  • Mampu memberi informasi detail perihal seluk beluk CPU yang ada
  • Menawarkan berbagai versi sesuai kebutuhan pengguna, yang mana setiap versi memiliki keunggulan masing-masing
  • Tergolong aplikasi freeware atau dapat berperan secara gratis

Aplikasi untuk mengecek spesifikasi laptop dan komputer berikutnya adalah CPU-Z. Seperti namanya, aplikasi tergolong freeware yang mampu mengumpulkan informasi perihal CPU. Misalnya tentang nama dan nomor prosesor, jenis memori yang digunakan, frekuensi memori, dan lain-lain.

Sampai sekarang, orang-orang dapat mengunduh aplikasi CPU-Z sesuai kebutuhan. Pasalnya, aplikasi cenderung memiliki berbagai versi, seperti versi klasik, vintage edition, dan versi custom. Perlu diketahui, aplikasi sengaja dikembangkan untuk mendukung perangkat Windows dan Android.

Download cpu-z

Astra 32 – Advanced Sysinfo Tool and Reporting Assistant

Fiturnya:

  • Memberi informasi secara detail, mulai dari fitur CPU, motherboard, cache, dan sebagainya
  • Mampu membuat laporan file yang dijalankan dalam mode batch atau bersamaan
  • Versi terbaru dilengkapi dengan deteksi tambahan, yakni dari prosesor Intel Atom atau Cedarview

Tahukah kamu Astra 32 mampu memberi informasi perangkat keras secara terperinci, bahkan untuk berbagai informasi yang umumnya tidak terdokumentasi? Selain perihal perangkat keras, aplikasi juga berperan untuk menganalisis mode kerja perangkat, lho. Tujuannya untuk memperkecil risiko di masa depan.

Pasalnya, mayoritas orang-orang tidak ingin perangkat mengalami kerusakan, apa lagi karena memasang software yang tidak kompatibel dan perangkat yang umumnya bekerja terlalu ekstrim. Pada dasarnya, Astra 32 juga memiliki ukuran yang kecil sehingga kamu dapat mengoptimalkan kinerja perangkat.

Download: astra32

HWinNFO – Diagnosis Software

Fiturnya:

  • Dapat memantau dan menginventaris spesifikasi perangkat secara real time untuk memperkecil risiko kerusakan
  • Mampu memonitor sistem komputer dengan fungsi di bidang radiasi, seperti komputer NASA
  • Dapat mengunduh aplikasi tanpa biaya apa pun, tetapi tetap menawarkan fitur-fitur secara optimal

Sebenarnya, HWinNFO memiliki berbagai fitur yang mendukung perangkat Windows dan DOS. Dengan teknologi terkini, aplikasi juga mampu menganalisis, memantau, sampai memberi laporan perihal perangkat keras secara komprehensif. Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi tanpa biaya apa pun.

Download: hwinfo

Demikian aplikasi untuk mengecek spesifikasi suatu perangkat secara online dan offline. Selain itu, aplikasi juga berperan untuk mengecek performa komputer-laptop melalui langkah sederhana. Tujuannya agar orang-orang dapat mendapat informasi perihal karakteristik perangkat tanpa perlu melakukan pembongkaran.

Pada akhirnya, aplikasi berperan penting untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya, khususnya untuk memeriksa spesifikasi suatu perangkat. Oleh karena itu, segera download aplikasi untuk mengecek spesifikasi laptop dan komputer.

Give a Comment