Aplikasi Edit Suara Jadi Bagus dan Merdu di Laptop-PC

Di masa sekarang, orang-orang dapat menemukan berbagai piranti lunak untuk mempermudah aktivitas manusia, termasuk aplikasi edit audio. Pada dasarnya, aplikasi audio berkembang dari aplikasi edit video. Biasanya aplikasi digunakan untuk podcast, untuk cover lagu, dan kegiatan lainnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dalam menciptakan video dengan kualitas bagus, orang-orang juga membutuhkan audio yang baik. Sedangkan, salah satu cara untuk memproduksi audio yang baik adalah dengan men-download aplikasi editing audio di notebook, komputer, laptop dan sebagainya.

Pada dasarnya, edit audio berperan untuk mengubah suara jadi merdu dan tidak fals. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas audio di dalam rekaman video YouTube, Facebook, TikTok, Instagram, Twitter, dan internet. Jadi, pengguna dapat memproduksi audio dengan kualitas bagus sesuai kreativitas.

Di lapangan, kamu pun dapat menemukan banyak aplikasi editing video, khususnya untuk aplikasi yang dapat di-download di PC berbasis Windows, baik berupa notebook, komputer, laptop, atau perangkat lainnya. Pada umumnya, aplikasi terdiri atas dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar.

Daftar Aplikasi Edit Audio Suara di Laptop-PC Windows

Sadar atau tidak, aktivitas editing video sebenarnya adalah aktivitas yang kompleks di masa lalu. Pasalnya, hal ini melibatkan berbagai sistem dan peralatan yang tersedia secara lengkap. Tidak hanya itu, editing audio dulunya juga membutuhkan keterampilan khusus dengan biaya yang mahal.

Akan tetapi, hal ini benar-benar berbeda di zaman sekarang, di mana siapa pun dapat melakukan editing video hanya berbekal perangkat berbasis Windows. Dalam hal ini, orang-orang dapat memotong audio, membuat podcast, sampai menambahkan efek pada soundtrack audio.

Pada akhirnya, siapa pun dapat memproduksi audio dengan kualitas bagus secara mudah, cepat, dan murah. Misalnya dengan aplikasi Audacity, Ocenaudio, Sound Forge, dan Adobe Audition. Setiap aplikasi umumnya memiliki berbagai fitur yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Audacity

Di masa sekarang, orang-orang dapat menemukan berbagai piranti lunak untuk mempermudah aktivitas manusia, termasuk aplikasi edit audio. Pada dasarnya, aplikasi audio berkembang dari aplikasi edit video. Biasanya aplikasi digunakan untuk podcast, untuk cover lagu, dan kegiatan lainnya.

Fiturnya:

  • Dapat merekam audio secara langsung, baik melalui mikrofon atau mixer dan mendigitalkan rekaman dari media yang berbeda
  • Dapat mengekspor, editing, dan menggabungkan file audio
  • Berbagai pilihan dan trek dapat dimanipulasi melalui keyboard

Aplikasi edit audio yang paling terkenal adalah Audacity. Pada umumnya, aplikasi direkomendasi banyak orang, baik untuk pemula hingga profesional. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Audacity menawarkan antarmuka yang sederhana dan intuitif, di mana aplikasi cenderung mudah digunakan.

Dengan men-download aplikasi perangkat berbasis Windows, orang-orang dapat menggunakan berbagai efek dan plugin secara bebas. Tidak hanya itu, pengguna juga memperoleh berbagai fitur unggulan, seperti menggabungkan musik, memotong suara, menghilangkan vokal, dan sebagainya.

Download: audacityteam

Ocenaudio

Di masa sekarang, orang-orang dapat menemukan berbagai piranti lunak untuk mempermudah aktivitas manusia, termasuk aplikasi edit audio. Pada dasarnya, aplikasi audio berkembang dari aplikasi edit video. Biasanya aplikasi digunakan untuk podcast, untuk cover lagu, dan kegiatan lainnya.

Fiturnya:

  • Menawarkan pratinjau secara real time
  • Memberi dukungan terhadap lintas platform
  • Mampu mengedit file audio dengan ukuran besar secara efisien

Pada dasarnya, Ocenaudio hadir layaknya Audacity, di mana aplikasi memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif. Tujuannya agar aplikasi tidak hanya digunakan oleh profesional, tetapi tetap mudah digunakan oleh pemula. Ocenaudio juga cocok digunakan untuk editing audio ukuran besar.

Sedangkan, fitur yang ditawarkan meliputi spektogram, efek, dan adanya dukungan  VST plugin. Bahkan, Ocenaudio juga direkomendasikan untuk editing audio-audio kompleks. Sebenarnya, tidak hanya diakses di perangkat berbasis Windows, tetapi aplikasi juga mendukung sistem operasi lainnya.

Download: ocenaudio

Sound Forge

Fiturnya:

  • Operasi mudah dilakukan dengan adanya wizard, preset, dan solusi dalam satu klik
  • Dapat memulihkan audio
  • Menawarkan komunitas untuk meningkatkan kreativitas, seperti blog audio, buletin, dan majalah

Sound Forge telah berpengalaman di bidang editing audio lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, pengguna dapat menemukan fitur-fitur unggulan, di mana membuat Sound Forge menjadi aplikasi yang digemari para produser-produser terkenal. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Magix.

Aplikasi edit audio ini dapat bekerja secara cepat, kuat, dan menawarkan alur pengeditan secara inovatif. Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh audio dengan kualitas sebening kristal, sebab Sound Forge didukung dengan teknologi audio paling mutakhir dan dukungan 64-bit.

https://www.magix.com/us/music/sound-forge/

Adobe Audition

Fiturnya:

  • Dapat memperbaiki dan memulihkan audio dengan langkah sederhana
  • Mampu mengatur ulang audio, khususnya dengan Remix
  • Menawarkan audio dengan  kualitas bagus melalui panel Essential Sound

Salah satu aplikasi editing audio berkualitas adalah Adobe Audition. Dengan menggunakan fitur premium, editor profesional dapat menemukan berbagai fitur-fitur menarik. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab pada dasarnya Adobe Audition bukan aplikasi berbasis Windows gratisan.

Nah, untuk menggunakan fitur-fitur Adobe Audition, maka pengguna harus berlangganan secara berkala. Akan tetapi, seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya, pengguna dapat mencoba versi gratis selama 7 hari. Dengan demikian, orang-orang akan tahu perihal kualitas editing yang ditawarkan.

Download: audition

Demikian berbagai aplikasi yang kerap digunakan untuk editing audio. Sebenarnya, masih terdapat banyak aplikasi editing lainnya, baik berupa aplikasi yang di-download secara gratis atau berbayar. Pada dasarnya, orang-orang hanya perlu menggunakan aplikasi editing audio sesuai kebutuhan.

Misalnya apakah aplikasi digunakan untuk mengubah suara agar jadi merdu dan tidak fals atau digunakan untuk meningkatkan kualitas live streaming. Dengan aplikasi tersebut, orang-orang juga dapat meningkatkan kualitas story dan status Whatsapp, Telegram, dan chat di aplikasi lainnya.

Apalagi, jika kamu adalah influencer yang berkarir di media sosial. Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan kualitas siaran, status, video, dan sebagainya. Dalam praktiknya, hal ini dapat dioptimalkan dengan open mic dan opsi editing dengan aplikasi edit audio di PC berbasis Windows.

Give a Comment