Aplikasi Format Memori Eksternal: Flashdisk, Hardisk Eksternal

Aplikasi untuk mengatasi flashdisk write protected menjadi salah satu kebutuhan wajib untuk melakukan aktivitas pengelolaan file. Sebagaimana kita tahu, hasil format memori secara manual seringkali tidak bisa optimal.

Kebutuhan format memori eksternal diperlukan ketika file penyimpanan mengalami kerusakan atau gangguan. Dengan demikian, pengguna perlu memindahkan, merubah ukuran file, atau menyalin file di tempat lain.

Memilih aplikasi untuk format memori juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, di internet banyak beredar situs penyedia aplikasi format file yang justru berniat merusak file.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan aplikasi yang benar-benar kredibel dan terpercaya. Pada artikel kali ini, kita akan membahasnya

Daftar Aplikasi untuk Format Memori Eksternal, Profesional dan Terpercaya

Melakukan format flashdisk secara paksa merupakan salah satu penyebab kerusakan berat bagi file. Seyogyanya, proses tersebut harus dilakukan dengan melibatkan device dan aplikasi yang mendukung.

Berdasarkan pengalaman dan testimoni, ada 4 aplikasi format file dengan kualitas terjamin di Indonesia. Memiliki fitur-fitur andalan, berikut empat aplikasi format flashdisk:

Disk Genius

Fiturnya:

  • Mengembalikan (restore) atau mem-back-up file hilang atau tersembunyi;
  • Memulihkan kerusakan pada file;
  • Mengatur penyatuan atau pemisahan file.

 Disk Genius merupakan salah satu aplikasi format penyimpanan file yang paling multifungsi. Selain memiliki tiga kemampuan di atas, pengguna juga bisa mendeteksi kerusakan pada hardisk secara otomatis melalui aplikasi ini.

Disk Genius juga kompatibel untuk Windows 10. Adapun untuk mengakses aplikasi resminya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di link bawah ini.

Download: https://www.diskgenius.com/

Rufus

Aplikasi Format Memori Eksternal: Flashdisk, Hardisk Eksternal 2022

Fiturnya:

  • Memiliki kecepatan sistem melebihi rata-rata;
  • Kemudahan melakukan format pada perangkat USB seperti kartu memori atau flashdisk;
  • Pilihan bahasa sangat beragam, mulai dari Indonesia hingga Suomi.

Jika kebetulan kamu menggunakan Windows 7, maka aplikasi agar flashdisk bisa di format yang recommended adalah Rufus.

Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, Rufus sudah hadir dengan Bahasa Indonesia sebagai pengantar. Kelebihan lainnya, aplikasi ini memiliki ukuran kecil sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan.

Kamu bisa mendownload aplikasi ini melalui website resmi Rufus.ie. setelah terinstall, pengguna bisa langsung mengoperasikan program Rufus.

Download: https://rufus.ie/id/

Resize-C

Fiturnya:

  • Melakukan pengaturan ukuran pada file tanpa menyerap banyak jaringan data;
  • Memiliki sistem keamanan yang sangat baik;
  • Aplikasi bebas dari virus.

Keunggulan aplikasi ini terdapat pada fitur resize dan keamanannya. Pengguna bisa menikmati kemudahan memindah, menyalin, maupun convert file tanpa khawatir.

Aplikasi ini terdiri dari dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu Freeware for Windows PC dan Download Trial for Windows Server. Keduanya dapat kamu unduh melalui website resmi Resize-C.Com.

Download: https://www.resize-c.com/

EaseUS Partition Master

Fiturnya:

  • Pengunduhan aplikasi gratis;
  • Kemudahan merubah ukuran, memindah, atau merubah label file;
  • Kemudahan melakukan pengecekan atau mengeksplorasi file yang terpisah-pisah.

EaseUS menyediakan dua fitur aplikasi untuk pengguna, yaitu fitur gratis dan premium. Perbedaan keduanya terletak pada keberadaan tampilan iklan pada halaman aplikasi.

Namun begitu, kamu tetap bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui halaman resmi. Adapun biaya berlangganan fitur premium di Ease adalah sebesar $44.95

Download: https://www.easeus.com/partition-manager/epm-free.html

Saat ini, hampir seluruh dokumen penting sudah bisa kita dapatkan dalam bentuk file. Oleh karena itu, keamanan file-file tersebut harus menjadi prioritas.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah menjaga file-file tersebut dengan hardisk yang berkualitas. Jika terjadi masalah, manfaatkan aplikasi untuk mengatasi flashdisk write protected  di atas.

Bagikan:

Tinggalkan komentar