Aplikasi Kompres File Excel Gratis di Windows Laptop-PC

Tahukah kamu seiring perkembangan teknologi, harga hardisk dan flashdisk makin terjangkau? Akan tetapi, kamu tetap butuh teknologi mengecilkan dokumen, seperti aplikasi kompres file Excel secara gratis. Tujuannya untuk mengurangi ukuran hingga mengubah file membentuk ekstensi RAR dan ZIP.

Berdasarkan definisi melalui ilmu komputer, kompresi atau pemampatan data adalah proses untuk encoding informasi dengan bit minimal dari unencoded representasi, yakni menggunakan skema pengkodean khusus. Intinya, file yang dikompres akan dimampatkan sehingga berukuran lebih kecil.

Pada umumnya, kompresi dokumen tetap menjadi aktivitas yang vital. Apalagi, terdapat proses pertukaran data yang padat di internet, kebutuhan portable, pekerjaan online, dan lain-lain. Apalagi, Excel merupakan dokumen yang tergolong dalam General Purpose Electronic Spreadsheet.

Artinya, aplikasi Excel berperan untuk menghitung, mengorganisir, hingga menganalisa data tertentu di banyak aktivitas, khususnya dalam berbagai aktivitas keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi efektif, sebab  dapat menggunakan lebih dari 100 menu dan 1.000 fitur untuk mengolah data.

Tidak hanya itu, Excel juga krusial di bidang akuntansi, membuat grafik, operasi tabel, dan kalkulasi matematis. Jadi, kompres file Excel menjadi kecil mampu mempermudah orang-orang jika ingin mengirim file melalui surel atau justru mengunggah file tersebut di website dengan ukuran terbatas.

Daftar Aplikasi Kompres File Excel di Windows

Sadar atau tidak, ada banyak aplikasi kompres dokumen yang tersedia di internet. Apalagi, jika kamu menggunakan laptop, notebook, dan komputer. Tidak hanya berupa aplikasi berbayar, tetapi juga terdapat aplikasi gratis yang dapat digunakan secara mudah, khususnya untuk kompres gambar Excel.

Namun, aplikasi kompresi Excel juga didesain dengan karakteristik yang berbeda, seperti hanya dapat digunakan secara efektif di sistem operasi tertentu. Secara internasional, mayoritas PC menggunakan sistem operasi Windows, mulai dari Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows XP.

Dengan demikian, berdasarkan statistik, Windows merupakan sistem operasi nomor satu di dunia sampai saat ini, termasuk di Indonesia. Pada 2015, Net Application merilis Windows digunakan 90,42 persen komputer di dunia. Lantas, apa saja aplikasi kompresi Excel di sistem operasi Windows?

PowerShrink

Fiturnya:

  • Mengompres file Excel hingga 90 persen
  • Kompresi file drag and drop untuk menghemat waktu
  • Adanya pencarian Wizard

Kompres file Excel di Windows dapat menggunakan aplikasi PowerShrink. Sampai sekarang, aplikasi juga diunduh lebih dari 1 juta kali. Hal ini membuat PowerShrink menjadi salah satu aplikasi kompresi paling populer di dunia. Kamu pun dapat mengompres file Excel dengan ekstensi XLSX dan XLS.

PowerShrink juga berkomitmen mempertahankan tata letak, fungsionalitas, dan format file Excel original. Dengan antarmuka yang nyaman, aktivitas kompres gambar Excel juga menjadi sederhana. Tidak hanya itu, PowerShrink memberi kesempatan untuk mengatur kualitas kompresi sesuai kebutuhan.

Download: https://www.powershrink.com/download.html

Balesio

Fiturnya:

  • Mengompres file Excel sampai 98 persen
  • Menggunakan teknologi NFO (Native Format Optimization Technology)
  • Tidak menggunakan algoritma ZIP klasik yang kerap diblokir, melainkan algoritma yang lebih modern

Kompres file Excel aplikasi Balesio merupakan penyedia teknologi kompresi terkemuka. Dalam praktiknya, Balesio menggunakan teknik kompresi file khusus untuk mengoptimalkan dokumen Excel. Oleh karena itu, aplikasi mampu mengompres hingga 98 persen dan membentuk ZIP yang lebih modern.

Sedangkan, salah satu fitur unggulan aplikasi ini adalah penggunaan teknologi NFO. Tidak hanya meningkatkan kualitas kompresi, tetapi NFO juga mampu untuk mempercepat proses kompresi dengan menggunakan data secara minimal, termasuk tetap mempertahankan format file Excel.

Download: http://www.balesio.com/fileminimizer/eng/download.php

NXPowerlite Desktop

Fiturnya:

  • Dapat mengompres hingga 10.000 file sekaligus
  • Menawarkan opsi custom untuk meningkatkan kualitas
  • Secara otomatis, output dapat terkirim untuk surel

Seperti namanya, NXPowerlite Desktop dapat digunakan di PC secara gratis dengan operasi Windows. Bahkan, kamu dapat mengompres secara langsung di Windows Eksplorer, yakni melalui pilihan menu. Di sisi lain, aplikasi NXPowerlite Desktop juga mengurangi ukuran file Excel secara cepat.

Selain itu, NXPowerlite Desktop sangat memerhatikan kenyamanan pengguna, khususnya agar dapat diinstal secara mudah di beberapa desktop dengan sistem operasi Windows. Kemudian, kamu dapat mengonfigurasikan fitur-fitur tertentu, pengaturan default, sampai konfigurasi lokasi.

Download: https://www.neuxpower.com/nxpowerlite-desktop/

FileMinizer Office

Fiturnya:

  • Mampu mengurangi ukuran file Excel hingga 98 persen
  • Mempertahan format asli file Excel
  • Menawarkan opsi Optimize, Pack and Go, serta Search File

Kompres file Excel terakhir disarankan menggunakan aplikasi FileMinizer Office. Pasalnya, aplikasi menggunakan teknologi cerdas untuk memampatkan data dan mempertahankan format asli. Tidak hanya itu, aplikasi juga menawarkan tiga opsi yang berbeda untuk meningkatkan layanan.

Opsi Optimize digunakan untuk mengurangi ukuran file secara optimal. Opsi Pack and Go juga dapat melakukan hal yang sama, tetapi memungkinkan orang-orang untuk mengirimnya melalui surel. Sedangkan, opsi Search File terkait aktivitas untuk mencari file di FileMinizer Office.

Download: https://fileminimizer-office.en.softonic.com

Demikian aplikasi kompresi dokumen Excel di sistem operasi Windows. Dengan fitur unggulan, aplikasi-aplikasi tersebut didaulat sebagai aplikasi terbaik hingga saat ini. Apalagi, orang-orang dapat mengakses secara gratis, baik melalui laptop, notebook, dan komputer dengan operasi Windows.

Artinya, jika terdapat file Excel ukuran 100MB+, orang-orang dapat mengompres dokumen sebagai solusi untuk menghemat ruang penyimpanan secara besar-besaran, termasuk mempermudah pengiriman via internet. Perlu diketahui, sistem kompresi ditemukan Claude E. Shannon tahun 1948.

Kemudian, teknologi kompresi terus berkembang hingga saat ini. Dalam praktiknya, sistem operasi Windows tidak hanya cocok untuk teknologi kompres file Excel, tetapi juga direkomendasikan untuk convert video ke MP3, membuat lagu dan musik, serta untuk mengecilkan ukuran foto.

Give a Comment