Aplikasi Kompres Video Agar Ukuran-nya Lebih Kecil

Ternyata, meski berbagai media storage seperti flashdisk dan hardisk semakin murah, tetapi orang-orang tetap membutuhkan aplikasi untuk kompres video. Pada umumnya, proses kompresi membentuk ekstensi .ZIP dan .RAR guna mendapat ukuran video yang lebih kecil dari sebelumnya.

Hal ini berbanding lurus dengan semakin pesatnya proses pertukaran data secara digital, yakni melalui jaringan internet. Selain itu, juga terdapat kebutuhan portable yang mendorong kompres video menjadi krusial di masa kini. Oleh karena itu, kamu harus memilih aplikasi kompresi yang tepat.

Sedangkan, video dapat didefinisikan sebagai teknologi terkait pengiriman sinyal elektronik dari gambar-gambar bergerak. Di lapangan, kamu dapat menemukan berbagai jenis-jenis video berdasarkan tujuan produksi, seperti video cerita, video dokumenter, video berita, dan video lainnya.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai format video terus berkembang. Tujuannya untuk menghasilkan video dengan kualitas optimal. Pada umumnya, aplikasi kompresi sebaiknya mendukung format AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, MOV, dan format lainnya.

Aplikasi untuk Kompres Video di Laptop-PC Windows

Tahukah kamu Microsoft  merilis sistem operasi dengan jumlah terbanyak di dunia? Berdasarkan paparan Yusuf Mehdi, seorang Corporate VP dari Microsoft pada tahun 2019, terdapat 900 juta pengguna Windows 10 untuk komputer, notebook, dan laptop. Hal ini belum termasuk tipe lainnya.

Sampai sekarang, setidaknya terdapat beberapa tipe sistem operasi Windows, mulai dari Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows XP. Dalam praktiknya, Windows menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan sistem operasi lainnya, seperti menawarkan aplikasi bersifat open source.

Kemudian, kamu pun dapat menemukan berbagai aplikasi kompres video di Google Play. Pada umumnya, aplikasi kompresi mampu mengecilkan ukuran video secara signifikan, tetapi tidak mengurangi kualitas visual video. Akan tetapi, setiap aplikasi memiliki tingkat kompresi bervariasi.

Wondershare UniConvertor

Fiturnya:

  • Memiliki pengaturan kompresi yang dapat disesuaikan
  • Mendukung lebih dari 1.000 format video
  • Terdapat fitur batch untuk mengkompres beberapa video sekaligus

Aplikasi untuk kompres video yang pertama adalah Wondershare UniConvertor. Pada dasarnya, kompresor ini merupakan konverter video satu atap guna mengelola file media dan memori. Dalam praktiknya, orang-orang dapat menggunakan aplikasi kompresor versi gratis atau premium.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan berbagai fitur-fitur editing lanjutan. Tujuannya agar kamu dapat menghasilkan video secara profesional hanya dalam hitungan menit. Sedangkan, fitur-fitur yang dimaksud meliputi potong video, pangkas video, tambahkan subtitle, dan masih banyak lagi.

Download: videoconverter.wondershare

VideoSolo – Video Converter Ultimate

Fiturnya:

  • Dapat menambahkan metadata pada hasil kompresor, seperti judul, tahun, trek, dan lain-lain
  • Menawarkan pengaturan format output secara sederhana
  • Tersedia secara gratis di sistem operasi Windows

Jika kamu mencari kompresor video sederhana, tetapi memiliki berbagai kelebihan, maka VideoSolo merupakan jawabannya. Nah, khusus untuk berbagai perangkat dengan sistem operasi Windows, seperti komputer, notebook, dan laptop, Video Solo mendukung pembaharuan secara besar-besaran.

Sebenarnya, Video Solo termasuk aplikasi konverter yang didukung dengan perangkat editing video. Di dalamnya juga terdapat alat kompres video tanpa mengurangi kualitas, di mana orang-orang dapat mengatur format video, resolusi, hingga ukuran file video hasil kompresi sesuai kebutuhan pengguna.

Download: videosolo.com/

Video Proc

Fiturnya:

  • Menawarkan akselerasi perangkat keras dengan level 3 untuk mempercepat sistem hingga 47 kali
  • Terdapat fitur editing untuk meningkatkan kualitas kompresi video, seperti potong, gabungkan, pisahkan, dan lain-lain
  • Dapat mengubah output kompresi ke berbagai format video

Seperti Wondershare UniConvertor, aplikasi Video Proc juga tergolong aplikasi editing satu atap, di mana kamu dapat melakukan kompresi dan editing berbagai file media selain video. Dengan teknologi akselerasi level 3, developer melengkapi aplikasi dengan kecepatan sistem yang dipercepat.

Aplikasi untuk kompres video umumnya mampu  mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas. Bahkan, terdapat fitur tambahan untuk meningkat kualitas video yang dikelola. Pada akhirnya, tidak peduli profesional atau bukan, kompresor tetap dapat digunakan secara mudah.

Download: videoproc.com/

HandBrake

Fiturnya:

  • Dapat memproses file video dengan format paling umum dan mendukung format lainnya
  • Memiliki fitur batch untuk mengkompres beberapa video di waktu yang sama
  • Menawarkan prasetel bawaan, di mana pengguna dapat memiliki profil sesuai kebutuhan

Layaknya aplikasi kompresor di sistem operasi Windows pada umumnya, HandBrake tergolong aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang bersifat open source. Aplikasi juga dapat digunakan secara gratis dan mendukung format AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, MOV, dan format lainnya.

Akan tetapi, pengguna tidak akan menemukan fitur mengecilkan ukuran video secara langsung, melainkan pengguna diberi kesempatan untuk mengatur bitrate dan kecepatan frame untuk kompres video tanpa mengurangi kualitas. Aplikasi juga mendukung opsi resolusi dan rasio video.

Download: handbrake.fr

Demikian berbagai aplikasi yang kerap digunakan untuk kompresi video. Sebenarnya, beberapa kompresor juga dilengkapi berbagai fitur-fitur tambahan, seperti timeline editor, cut, split, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat opsi mengubah format video sesuai kebutuhan.

Dengan men-download aplikasi di perangkat, orang-orang dapat mengkompres video dari Instagram, TikTok, Twitter, dan media sosial lainnya dengan kualitas bagus dan cepat. Tujuannya agar kamu dapat mengirim video secara mudah agar tidak membebani perangkat Windows dan jaringan internet.

Pada akhirnya, kompres video tanpa mengurangi kualitas menjadi krusial, baik untuk youtuber, video editor, mahasiswa, dan berbagai profesi lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mengecilkan ukuran video dengan aplikasi untuk kompres video yang tepat, yakni dengan perangkat berbasis Windows.

Give a Comment