Aplikasi Untuk Membuat Lagu dan Musik di Laptop-PC Windows

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, aktivitas produksi lagu dan musik dapat dilakukan secara mudah, yakni dengan men-download aplikasi pembuat lagu dan musik di perangkat laptop, notebook, dan komputer. Dengan demikian, orang-orang dapat berkarya sesuai kreativitas.

Padahal jauh di masa lalu, hanya produser profesional yang dapat menciptakan musik di studio. Akan tetapi, hal ini sangat berbeda di masa sekarang, sebab siapapun dapat buat lagu sendiri dengan pembuat musik sendiri tanpa berbatas waktu dan tempat, tentunya dengan menggunakan aplikasi.

Dalam praktiknya, aplikasi untuk membuat lagu dan musik terbilang sederhana dan inovatif, tetapi tetap memiliki peran yang fungsional, seperti dalam memproduksi musik klasik, remix, jazz, gospel, blues, RnB, funk, rock, metal, EDM (Musik Dansa Elektro), hiphop, pop, dangdut, instrumen, dan DJ.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab aplikasi dirilis dengan fitur-fitur unggulan yang dapat dipelajari siapapun tanpa latar belakang secara khusus. Oleh karena itu, aplikasi lagu dan musik kerap digunakan pemula dan produser profesional untuk memproduksi karya fenomenal dengan mudah dan murah.

Jadi, jika kamu memiliki cita-cita menjadi produser musik secara mandiri, pada dasarnya modal yang dibutuhkan hanya berupa PC dan aplikasi untuk membuat lagu dan musik. Sedangkan, sistem operasi yang kerap digunakan orang-orang untuk perangkat PC adalah sistem operasi Windows.

Daftar Aplikasi Pembuat lagu dan musik di Laptop-Komputer Windows 2021

Sebenarnya, orang-orang dapat menemukan ratusan aplikasi produksi lagu dan musik secara online. Namun, beberapa aplikasi mungkin berisiko untuk merusak laptop, notebook, dan komputer. Bahkan, beberapa juga tidak menawarkan fitur-fitur unggulan untuk mendukung aktivitas bermusik.

Artinya, orang-orang butuh rekomendasi profesional untuk men-download aplikasi buat lagu sendiri dan pembuat musik sendiri untuk menciptakan karya-karya spektakuler. Pasalnya, dengan aplikasi yang tepat, kamu tidak perlu menyewa studio musik atau membeli berbagai macam instrumen.

Lantas, apa saja aplikasi produksi lagu dan musik yang cocok digunakan di PC dengan sistem operasi Windows? Dalam hal ini, terdapat beberapa rekomendasi terapik, yakni Acoustica Mixcraft 9, LMMS, Image-Line FL Studio, dan Magix Music Maker.

Acoustica Mixcraft 9

Fiturnya:

  • Dapat merekam dan mengedit trek audio dengan jumlah tak terbatas
  • Menampilkan lebih dari 75.00 loop, efek suara, perkusi, dan lain-lain
  • Menawarkan tampilan antarmuka intuitif

Pembuat lagu dan musik yang pertama adalah aplikasi Acoustica Mixcraft 9. Selama bertahun-tahun, Acoustica digadang-gadang sebagai produksi lagu dan musik terbaik di pasaran. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab aplikasi memiliki fitur-fitur unggulan, seperti MIDI Routing dan audio control.

Tidak hanya itu, aplikasi juga memungkinkan adanya sinyal audio yang berperan dalam mengelola efek parameter, instrumen lagu, meningkatkan alur kerja, dan lain-lain. Dengan demikian, orang-orang dapat merekam dan mengedit trek instrumen dalam jumlah yang tidak terbatas.

Download https://acoustica.com/

LMMS

Fiturnya:

  • Terdapat Editor Piano Roll untuk memperindah akord, nada, dan pola
  • Terdapat impor berkas MIDI dan proyek Hydrogen
  • Memiliki tampilan antarmuka sederhana untuk mencipta, mixer, dan mengurut lagu

Salah satu alternatif aplikasi komersial yang sangat direkomendasikan adalah LMMS. Aplikasi dapat di-download secara gratis dan bersifat cross platform. Hanya dengan sistem operasi Windows di laptop, notebook, dan komputer, orang-orang dapat membuat melodi, aransemen lagu, dan mixing.

Selain itu, juga terdapat tampilan antarmuka sederhana, di mana orang-orang dapat menggunakan keyboard MIDI secara modern dan friendly. Aktivitas buat lagu sendiri dari pembuat musik sendiri semakin mudah saat terdapat macam-macam efek dan instrumen.

https://lmms.io/

Image-Line FL Studio

Fiturnya:

  • Mendapat pembaruan aplikasi secara gratis untuk seumur hidup
  • Menawarkan synth, plugin, dan efek tambahan secara lengkap
  • Terdapat lebih dari 1.000 preset yang dapat dipilih

Jika kamu penggemar musik EDM (Musik Dansa Elektro), maka aplikasi produksi lagu dan musik yang cocok adalah Image-Line FL Studio. Aplikasi juga dilengkapi efek-efek elektronik yang terdengar menarik. Tujuannya agar dapat memproduksi lagu dan musik secara berwarna.

Pembuat lagu dan musik ini tergolong aplikasi yang mudah digunakan untuk pemula. Di dalamnya, terdapat lebih dari 30 perangkat lunak synthesizer dan lebih dari 40 efek plugin. Aplikasi juga mendukung terhadap VST 32 dan 64 bit serta FL dan DX asli format plugin.

Download: Image-line studio

Magix Music Maker

Fiturnya:

  • Mampu menggabungkan suara dan loop hanya dengan satu klik
  • Dapat merekam melodi atau vokal dengan keyboard MIDI, mikrofon, atau pengontrol drum pad
  • Dapat menyesuaikan audio dengan efek-efek pilihan

Setiap orang dapat mewujudkan impian menjadi produser musik terkenal, yakni dengan aplikasi Magix Music Maker di sistem operasi Windows. Pada dasarnya, orang-orang hanya perlu memilih audio, nada, atau vokal untuk digabungkan menjadi sebuah trek musik. Efek-efek tertentu juga dapat ditambahkan secara terstruktur.

Dalam praktiknya, orang-orang dapat buat lagu sendiri dari pembuat musik sendiri dengan kualitas secara optimal. Caranya juga sangat sederhana, yakni hanya dengan memilih soundpool dan template lagu, menambahkan instrumen lagu, dan kamu telah menjadi produser musik di abad 21.

Download https://www.magix.com/us/music/music-maker/

Demikian aplikasi yang dapat digunakan untuk produksi lagu dan musik di laptop, notebook, dan komputer dengan sistem operasi Windows. Mayoritas aplikasi umumnya dapat di-download secara gratis, tetapi jika ingin mendapat fitur-fitur eksklusif disarankan untuk membeli lisensi sesuai aturan.

Pada akhirnya, membuat lagu dan memproduksi musik dengan gaya pribadi tidak hanya sekadar mimpi, melainkan dapat diwujudkan setiap orang. Oleh karena itu, aplikasi pembuat lagu dan musik dengan sistem operasi Windows menjadi angin segar untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Give a Comment