Aplikasi Penghapus Vokal dan Musik di Laptop-PC Windows 

Tahukah kamu aplikasi penghapus vokal dan musik krusial untuk karaoke? Pasalnya, karaoke merupakan gaya menyanyi dengan memakai lagu rekaman, tetapi tidak melibatkan vokal penyanyi asli (minus one). Vokal ini ditambahkan orang-orang dengan suara asli ketika mulai menyanyi.

Karaoke pada dasarnya populer seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yakni dimulai pada tahun 1970-an di Jepang. Kini, dengan aplikasi hapus vokal lagu dan hapus musik, aktivitas karaoke kian mudah dilakukan, bahkan kamu tidak harus pergi ke studio untuk mulai menyanyi.

Secara umum, karaoke hanya berpedoman pada lirik di layar video atau menghapal musik dasar. Nah, jika mesin pertama karaoke bernama 8 Juke, maka di masa sekarang, kamu dapat karaoke dengan menggunakan  komputer, notebook, dan laptop, khususnya dengan sistem operasi Windows.

Hal ini merupakan inovasi untuk mempermudah orang-orang. Apalagi, kamu pun dapat men-download aplikasi populer untuk menghapus suara vokal pada video; menghilangkan instrumen seperti drum, gitar, bass, dan alat musik lainnya; hingga hapus background musik di video.

Selain digunakan untuk karaoke, ternyata aplikasi hapus vokal lagu dan hapus musik juga krusial untuk aktivitas lainnya. Oleh karena itu, pilih aplikasi yang menawarkan cara menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih, tetapi tetap menawarkan sistem yang mahal dan rumit.

Daftar Aplikasi Penghapus Vokal dan Musik di Sebuah Lagu dan Video

Sadar atau tidak, sebuah lagu diproduksi di studio dengan menggunakan vokal penyanyi asli dan musik. Vokal ini secara umum disebut minus one atau lagu minus satu trek. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab lagu tersebut memang kehilangan satu trek, yakni bagian trek vokal.

Kemudian, muncul inovasi untuk menghapus trek tersebut, khususnya menggunakan lagu versi multitrack. Akan tetapi, kamu juga dapat menggunakan aplikasi di sistem operasi Windows untuk menurunkan vokal secara signifikan di file lagu stereo, baik untuk karaoke atau musik instrumental.

Prinsipnya, aplikasi menekan atau menghilangkan frekuensi vokal, menghilangkan instrumen,  sampai hapus lagu dan video yang tidak diinginkan. Lantas, aplikasi apa yang menawarkan hapus vokal dan musik secara mudah di komputer, notebook, dan laptop dengan sistem operasi Windows?

Adobe Audition

Fiturnya:

  • Memiliki alur kerja modern dan sederhana dengan Adobe Premiere Pro
  • Terdapat Essential Sound untuk menciptakan audio berkualitas
  • Mampu mengatur lagu sesuai durasi menggunakan fitur Remix

Aplikasi penghapus vokal dan musik yang pertama adalah Adobe Audition. Pada dasarnya, aplikasi mampu membuat, mencampur, atau mendesain efek suara secara digital. Sampai sekarang, Adobe Audition tergolong aplikasi komprehensif untuk menghasilkan suara yang murni.

Tidak hanya menghapus vokal atau musik, tetapi aplikasi juga mampu melakukan pembersihan, pemulihan, hingga menciptakan pengeditan secara presisi, baik untuk desain efek suara, podcasting, atau video. Dengan menggunakan Adobe Audition, kamu dapat mempelajari tutorial dengan mudah.

Downlod: adobe audition

WavePad Audio Editing

Fiturnya:

  • Terdapat alat editing suara yang paling lengkap, seperti salin, potong, tempel, dan lain-lain
  • Memberi efek audio untuk meningkatkan kualitas produksi
  • Memungkinkan menerapkan efek hingga editing ribuan file dalam satu waktu dengan fitur Batch

Jika kamu membutuhkan aplikasi hapus lagu dan video paling friendly, maka jawabannya adalah WavePad Audio Editing. Pasalnya, aplikasi tergolong salah satu perangkat lunak di sistem operasi Windows dengan fitur-fitur yang lengkap, seperti fitur alat pengeditan, efek, batch, dan lain-lain.

WavePad Audio Editing secara umum tergolong aplikasi untuk editing ekstensi WAV dan MP3, tetapi, kamu juga dapat mengubah ekstensi-ekstensi lagu lainnya. Selain itu, orang-orang juga dapat men-download aplikasi secara gratis di komputer, notebook, dan laptop.

Download: Wavepad

FL Studio

Fiturnya:

  1. Memiliki loop eksklusif di Slicex dan mendukung format Rex.
  2. Terdapat lebih dari 1.000 preset secara khusus
  3. Menawarkan pembaharuan secara gratis

Aplikasi penghapus vokal dan musik yang cocok untuk musisi profesional dan amatir adalah FL studio. Selama lebih dari 20 tahun, developer berusaha menciptakan aplikasi paling komprehensif, khususnya untuk menghapus lagu dan hapus musik di berbagai PC, seperti komputer, notebook, dan laptop.

Dengan demikian, banyak produser dan DJ top dunia menggunakan FL Studio untuk memproduksi karya-karya dengan kualitas optimal. Apalagi, aplikasi menawarkan pembaharuan secara gratis seumur hidup.

Download: Fl Studio.

Audacity

Fiturnya:

  • Mampu merekam audio secara langsung dengan mikrofon, mixer, atau mendigitalkan lagu
  • Menawarkan kualitas suara dengan 16-bit, 24-bit, sampai 32-bit
  • Terdapat mode tampilan spektogram guna mempermudah memilih frekuensi dan visualisasi

Tahukah kamu Audacity merupakan aplikasi suara multi platform dengan banyak penghargaan? Artinya, Audacity telah dipercaya banyak orang dengan rekam jejak profesional di bidang vokal dan musik. Tidak hanya di Windows, tetapi aplikasi juga open source di sistem operasi lainnya.

Selain itu, seperti aplikasi hapus vokal dan musik lainnya, Audacity juga menawarkan cara menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih. Oleh karena itu, Audacity kerap digunakan para sound engineer profesional. Kamu pun juga dapat menghilangkan vokal di beberapa lagu sekaligus.

Download: Audacity

Demikian berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus vokal dan musik di komputer, notebook, dan laptop dengan sistem operasi Windows. Pada umumnya, aplikasi dapat dipakai untuk editing file lagu dalam berbagai ekstensi, seperti MP3, WAV, OGG, dan lain-lain.

Setiap aplikasi juga memiliki cara sendiri untuk hapus vokal lagu, hapus musik, menghilangkan instrumen, hapus background musik di video, atau hapus lagu dan video sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, kamu harus memahami sistem aplikasi penghapus vokal dan musik dengan baik.

Give a Comment