Aplikasi Rangkaian Elektronik dalam Kehidupan Sehari-Hari di PC

Rangkaian elektronik listrik merupakan suatu dasar pada dunia elektronik yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir dari setiap hal pada kegiatan masyarakat bersinggungan dengan elektronik.

Mulai dari peralatan rumah tangga elektronik, peralatan instrumentasi, bahkan gadget yang hampir semua orang punya. Kini banyak sekali desain atau rancangan rangkaian elektronik untuk kebutuhan manusia.

Proses merangkai rangkaian elektronik tersebut tidak sulit. Sebab sudah banyak tersedia di internet sebagai referensi. Membuat wiring diagram listrik bisa Anda lakukan dengan mudah dan gratis.

Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi software berikut ini untuk membuat diagram listrik. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Daftar Aplikasi untuk Merancang Desain Diagram Listrik dengan Mudah

Pengguna akan menemukan banyak fitur pada software aplikasi rancangan listrik berikut. Penggunaan software berikut yakni sebagai pembuatan desain sirkuit listrik atau simulasi elektronik.

Penawaran ruang kerja pada aplikasi ini cukup ideal, sebab pengguna bisa berinovasi dengan berbagai format. Penggunaannya cocok bagi yang ingin mencoba melakukan simulasi teknik industri.

Fritzing

Fiturnya:

  • Menawarkan fitur zoom, pan dan drag like.
  • Mampu menyimpan hasil rangkaian dalam bentuk proyek, yang kemudian bisa diekspor ke bentuk gambar, grafik, atau pdf.
  • Dapat mengimpor kembali gambar untuk melakukan editing pada desain.

Merupakan salah satu software untuk mendesain rangkaian listrik tanpa bayar dan lebih efisien. Software ini sangat kompatibel di laptop, komputer, dan notebook. Jadi cocok untuk simulasi skema rangkaian elektronik.

Selain itu, hasil proyek bisa untuk pengguna simpan dan buka saat membutuhkannya. Hasil dari proyeknya bisa berwujud gambar, grafik, atau berformat pdf. Ingin mencobanya, bisa kunjungi situs berikut.

Download:: https://fritzing.org/

Kicad

Fiturnya:

  • Mampu menerima berbagai komponen listrik pada satu tempat dan bisa untuk memasukkannya dalam diagram Anda.
  • Mampu mengekspor file hasil proyek dalam bentuk DXF atau bentuk gambar.

Fungsi utama Kicad adalah sebagai aplikasi untuk menggambar diagram listrik atau mendesain suatu rangkaian elektronik. Ada banyak fitur pendukung yang bisa bantu mempermudah kinerja, terlebih untuk melakukan simulator.

Lakukan pengunduhan pada situs berikut dan install aplikasinya. Buka aplikasi dan lanjutkan dengan membuat diagram elektrik yang pengguna inginkan. Jika ingin melakukan desain bisa pilih Schematic untuk membuka lembar kerja.

Download: https://www.kicad.org/download/

ELECTRONIC.WORKBENCH

Fiturnya:

  • Memiliki fitur kecepatan yang mumpuni untuk membantu kinerja lebih efektif.
  • Melakukan penyimpanan dengan enkripsi AES-256 yang memungkinkan data tersimpan dengan aman.
  • Tidak ada batasan pengunduhan, semua pengguna bisa mengunduh sebanyak yang mereka perlukan.

Aplikasi ini cocok untuk anak elektro yang hendak melakukan praktikum atau percobaan membuat inovasi baru. Layanan yang ada tersedia tanpa perlu bayar, bahkan dapat mengaksesnya secara tak terbatas.

Download: http://www.solidfiles.com/v/7yXmLGp3n5AVe

Multisim

Fiturnya:

  • Mampu memvisualisasikan dan menganalisis sirkuit elektronik secara instan.
  • Dapat meningkatkan seluruh retensi teori pada semua kurikulum teknik. Sehingga cocok bagi para pendidik.

Multisim merupakan software untuk simulasi atau pembuat sirkuit pada standar industri analog, digital, maupun elektronika. Penggunaan multisim sebagai sarana untuk mengurangi prototipe PCB.

Selain itu bisa menghemat biaya penambahan. Cocok untuk pelajar yang hendak melakukan berbagai inovasi rangkaian elektro. Pengguna bisa unduh aplikasinya lewat situs berikut.

Download: download.multisim.html

Demikianlah beberapa daftar software atau aplikasi untuk membuat desain rangkaian elektro dengan mudah, tanpa bayar. Selain bermanfaat bagi dunia pendidikan, bisa juga untuk perusahaan atau untuk UMKM, UKM, dan organisasi.

Give a Comment