Aplikasi Untuk Merekam Layar Video yang Ringan di Windows

Tahukah kamu aplikasi perekam layar video tergolong produk piranti lunak dengan pangsa pasar yang besar? Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi edit video dengan fitur perekam layar video atau screen video recording, khususnya di perangkat PC.

Secara umum, aplikasi perekam layar dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak yang digunakan orang-orang untuk berbagi pengalaman, di mana berkaitan dengan komputer, notebook, dan laptop. Misalnya perekam video untuk youtuber, vlog, cover lagu dengan latar musik dan tulisan.

Apalagi, PC berbasis Windows cenderung bersifat open source. Oleh karena itu, PC dapat menginstal berbagai media sosial dan aplikasi krusial lainnya secara mudah. Pada akhirnya, hal ini memungkinkan pengguna untuk merekam panggilan telepon dan panggilan Whatsapp secara diam-diam.

Biasanya hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pengguna, termasuk untuk chat Whatsapp, Telegram, dan chat di aplikasi lainnya. Di sisi lain, kamu juga dapat merekam podcast tertentu untuk diabadikan ke media sosial atau disimpan untuk kepentingan pribadi.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Video di Laptop-Komputer Windows

Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, orang-orang membutuhkan aplikasi perekam layar untuk berbagai aktivitas. Misalnya perekam video untuk hafalan, menyanyi, dan presentasi di PC dengan efek memukau, untuk merekam video call, google meet, zoom meeting, dan sebagainya.

Kemudian, aplikasi juga dapat digunakan untuk membuat berbagai konten kreatif, seperti untuk merekam game action, action-adventure, adventure, role-playing, simulation, strategy, sports, puzzle, dan idle games. Selain menawarkan hiburan, hal ini juga dapat mendatangkan rupiah.

Lantas, apa saja aplikasi perekam layar yang direkomendasikan untuk PC berbasis Windows? Sampai sekarang, setidaknya terdapat empat aplikasi populer, yakni Bandicam, OBS Studio, Camtasia, dan Ice Cream Screen Recorder. Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki kelebihan masing-masing.

Bandicam

Fiturnya:

  • Dapat merekam apa saja yang ada di layar komputer dengan format MP4 dan AVI
  • Mampu merekam berbagai jenis game 2D atau 3D hingga 480 FPS
  • Dapat merekam video dengan alat tambahan, seperti kamera web, HP, IPTV, dan sebagainya

Aplikasi perekam layar video yang pertama adalah Bandicam. Sampai sekarang, Bandicam populer karena mampu menghasilkan output dengan kualitas optimal. Kemudian, output tersebut dapat disimpan sebagai file berbentuk MP4 atau AVI. Aplikasi tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Sedangkan, fitur yang paling menonjol adalah fitur untuk memilih dan merekam area tertentu, menambahkan overlay webcam, dan menggambar pada video ketika recording. Tidak hanya sampai di sini, tetapi juga terdapat fitur tambahan lainnya, termasuk menambahkan efek mouse ke rekaman.

Download: bandicam.com

OBS Studio

Fiturnya:

  • Dapat digunakan secara gratis dan bersifat open source, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Windows
  • Dapat mencampurkan video atau audio secara realtime, baik berupa file yang berasal dari kartu memori, webcam, browser, dan lain-lain
  • Dapat dipakai untuk merekam dengan jumlah tanpa batas disertai dengan transisi khusus

Jika ingin menggunakan aplikasi perekam layar yang dapat digunakan secara gratis, maka sebaiknya memakai OBS Studio. Selain gratis, aplikasi juga tergolong sebagai piranti lunak yang bersifat open source, khususnya untuk komputer, notebook, dan laptop dengan sistem operasi Windows.

Tidak hanya itu, tetapi OBS Studio juga mendukung adanya berbagai filter, template, dan caption untuk output video. Sedangkan, format video yang ditawarkan adalah MP4 dan FLV. Dengan demikian, pengguna dapat menciptakan video perekam layar dengan kualitas bagus disertai audio jernih.

Download: obsproject.com

Camtasia

Fiturnya:

  • Menawarkan berbagai tutorial merekam layar secara lengkap
  • Memiliki perpustakaan yang besar dan bebas royalti untuk template, preset, efek, dan sebagainya
  • Memiliki antarmuka sederhana dan intuitif

Kini, orang-orang dapat menggunakan Camtasia untuk merekam video call, google meet, zoom meeting, dan lain-lain. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Camtasia memiliki fitur-fitur unggulan untuk menghasilkan video dengan kualitas bagus. Misalnya adalah green screen dan penambahan subtitle.

Aplikasi perekam layar video Camtasia juga tergolong perekam video untuk youtuber, vlog, cover lagu dengan latar musik dan tulisan. Pasalnya, aplikasi dilengkapi dengan berbagai template variatif dan preset yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan. Camtasia juga mudah digunakan.

Downlaod: techsmith.com/video-editor

Ice Cream Screen Recorder

Fiturnya:

  • Dapat merekam layar secara penuh atau hanya area layar tertentu
  • Menawarkan sistem rekaman mikrofon
  • Dapat menambahkan keterangan, seperti bentuk rekaman layar, teks, panah, dan lain-lain

Pada dasarnya, Ice Cream Screen Recorder tersedia dalam dua versi yang berbeda, yakni versi gratis dan versi berbayar, di mana  untuk mengakses fitur-fitur lanjutan. Akan tetapi, pengguna tetap dapat memperoleh fitur-fitur unggulan dengan versi gratis, seperti fitur anotasi dan dukungan shortkey.

Ice Cream Screen Recorder juga cocok digunakan untuk pemula, sebab memiliki antarmuka friendly dan intuitif. Namun, versi gratis memiliki batas waktu untuk merekam layar, yakni hanya berdurasi 10 menit. Jika kamu menginginkan durasi yang lebih panjang, disarankan men-download versi berbayar.

Download: icecreamapps.com

Demikian berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam video di PC berbasis Windows, baik komputer, notebook, dan laptop. Pada dasarnya, aplikasi perekam layar dapat digunakan untuk banyak aktivitas, seperti untuk merekam video dan live YouTube, Facebook, Twitter, dan internet.

Selain itu, aplikasi tergolong perekam video untuk hafalan, menyanyi, dan presentasi di PC dengan efek memukau. Tidak hanya itu, aplikasi juga digunakan untuk merekam game action, action-adventure, adventure, role-playing, simulation, strategy, sports, puzzle, dan idle games.

Oleh karena itu, disarankan men-download aplikasi perekam video di PC berbasis Windows. Pasalnya, di masa sekarang, aplikasi perekam layar video berperan krusial untuk berbagai aktivitas, khususnya perihal kegiatan PC, seperti untuk merekam video call, google meet, zoom meeting, dan sebagainya.

Give a Comment