Aplikasi untuk Struk Kuitansi Nota Pembayaran di Laptop-Komputer

Di era kecanggihan teknologi ini, jual beli online kian marak dilakukan. Apalagi sejak pandemi melanda, masyarakat lebih memilih untuk melakukan pembelian barang secara online daripada offline atau konvensional.

Terdapat banyak hal yang membedakan jual beli secara online dan biasa. Mulai dari jenis produk yang dijual, strategi pemasaran, transaksi pembayaran, dan lainnya. Karena pembayaran dilakukan secara online atau via transfer, maka bukti transaksi juga dibuat secara digital.

Daftar Aplikasi untuk Struk Kuitansi Nota Pembayaran di Laptop-Komputer

Guna mempermudah melakukan transaksi penjualan online, para pedagang biasanya memanfaatkan aplikasi nota penjualan otomatis untuk pelanggannya. Melalui aplikasi windows tersebut, penjual tidak perlu ribet merekap pembelian dari banyak pelanggan.

Terdapat banyak aplikasi kasir untuk toko online yang bisa Anda manfaatkan. Di dalamnya terdapat banyak fitur, mulai dari pencatatan pembelian dan penjualan, persediaan barang, pengelolaan biaya, hingga cetak struk kasir otomatis untuk pelanggan. Berikut beberapa aplikasi tersebut.

Jurnal

Fiturnya:

  • Laporan Bisnis dan Keuangan
  • Pembuatan invoice (faktur)
  • Pembuatan inventory (stok barang)

Aplikasi pertama yaitu jurnal. Ini merupakan aplikasi program akuntansi untuk komputer, laptop, notebook yang bisa dipergunakan untuk berbagai skala dan jenis usaha. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang dapat memenuhi kebutuhan pencatatan akuntansi sederhana.

Dengan menggunakan software Jurnal akan meminimalisir kesalahan pada proses pencatatan penjualan, baik untuk perusahaan maupun toko online Anda. Di sini juga bisa membuat invoice otomatis, sehingga ketika ada pemesanan barang, Anda tak perlu merinci detailnya sendiri.

Anda bisa menikmati software ini secara online dengan membeli paketnya. Tersedia beberapa pilihan paket. Mulai dari Starter, Pro, Enterprise, hingga Enterprise+. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Download: https://www.jurnal.id/id/

Accurate

Fiturnya:

  • Faktur elektronik
  • Penganggaran
  • Pencatatan pajak

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk UMKM atau jenis usaha lain terkait jual beli. Pasalnya dengan Accurate, Anda tak perlu lagi membuat struk pembelian maupun penjualan secara manual. Accurate telah memiliki e-Faktur yang akan bekerja membuat invoice otomatis.

Aplikasi faktur penjualan otomatis ini sangat user friendly sehingga Anda tak perlu kebingungan dalam mengoperasikannya. Melalui Accurate Anda bisa melakukan berbagai kegiatan pembukuan, seperti membuat buku besar, modul proyek, faktur penerimaan, dan masih banyak lagi.

Tentu aplikasi ini tak bisa Anda nikmati secara gratis. Terdapat beberapa pilihan paket yang disediakan. Makin banyak fitur kian besar pula harganya.

Download: https://accurateindonesia.com

Zahir

Fiturnya:

  • Pembelian dan penjualan barang
  • Pengelolaan persediaan secara lengkap
  • Pencatatan dengan nomor serial

Aplikasi untuk cetak kuitansi berikutnya yaitu Zahir. Aplikasi ini cocok digunakan untuk para dropship dan reseller. Karena selain bisa membuat kuitansi pembayaran, Zahir juga dapat mencatat persediaan barang secara lengkap sampai pada nomor serinya.

Menu-menu pada aplikasi Zahir juga mudah dioperasikan. Cara untuk membuat invoice digital cukup mudah. Yaitu dimulai dari memilih kotak invoice penjualan, kemudian Anda akan dibawa untuk mengisi formulir sesuai kebutuhan. Setelah itu, invoice bisa langsung dicetak.

Zahir sengaja dikembangkan untuk berbagai keperluan pembukuan. Baik untuk freelance, dagang dan distribusi, restoran, manufaktur, dan usaha lainnya. Untuk mengetahui fitur di dalamnya, Anda bisa melakukan uji coba tanpa bayar.

Download: https://zahiraccounting.com/id/

Myob

Fiturnya:

  • Akuntansi
  • Perbankan
  • Penjualan

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan aplikasi akuntansi untuk desktop PC yang satu ini. Myob banyak digunakan perusahaan untuk membantu pencatatan akuntansi. Pasalnya fitur di dalamnya bisa dibilang cukup lengkap. Selain itu, file pada Myob juga bisa diedit dengan mudah.

Aplikasi Myob support untuk melakukan convert ke Excel. Anda bisa membuat struk pembayaran untuk disimpan di excel. Sehingga Anda bisa memberikan bukti pembayaran tersebut kepada pelanggan tanpa takut file akan rusak.

Myob bisa dijalankan pada sistem operasi Windows dan OS. Sayangnya aplikasi keluaran Australia ini belum tersedia untuk bahasa Indonesia. Sehingga penggunanya harus paham pencatatan pembukuan bahasa Inggris.

Download: https://www.myob.com/au

Demikian beberapa aplikasi untuk membuat kuitansi pada PC atau laptop yang bisa Anda download. Anda bisa memilih aplikasi sesuai dengan jenis usaha atau kebutuhan Anda. Karena terdapat beberapa perbedaan fitur antara satu aplikasi dengan yang lainnya.

Give a Comment