Aplikasi Untuk Scan Mesin Fotocopy di PC

Di masa lalu, orang-orang menggandakan dokumen dengan mesin fotocopy. Akan tetapi, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, orang-orang justru men-download aplikasi untuk fotocopy di komputer. Tujuannya membuat mesin komputer berperan layaknya mesin fotocopy itu sendiri.

Pada prinsipnya, aplikasi yang berperan untuk fotocopy di komputer, laptop, notebook, atau perangkat desktop PC lainnya menggunakan scanner untuk input gambar dan printer untuk mencetak dokumen. Hal ini menjadi efektif ketika sebuah printer juga memiliki scanner untuk merekam data.

Daftar Aplikasi untuk Fotocopy di Laptop Komputer

Sampai sekarang, sistem operasi terbesar yang banyak digunakan di dunia adalah Windows, baik Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Oleh karena itu, berbagai developer berbondong-bondong mengembangan aplikasi kompatible di perangkat PC berbasis Windows, termasuk aplikasi fotocopy.

Dalam praktiknya, aplikasi fotocopy mampu berfungsi untuk scanner fotocopy dan untuk printer fotocopy sekaligus. Selain itu, orang-orang juga dapat men-download aplikasi secara gratis atau berbayar, di mana versi berbayar atau premium umumnya menawarkan berbagai fitur-fitur unggulan.

iCopy

Fiturnya:

  1. Memungkinkan untuk mengontrol berbagai pengaturan, seperti resolusi, skala, kecerahan, dan lain-lain
  2. Menawarkan fitur pengumpan dokumen untuk menyalin banyak halaman dengan otomatis
  3. Dapat digunakan secara gratis di perangkat berbasis Windows secara menyeluruh

Jika ingin memaksimalkan mesin pemindai dan pencetak, maka gunakan aplikasi iCopy. Pada dasarnya, iCopy merupakan aplikasi berbasis Windows yang digunakan secara gratis. Kemudian, hanya dengan satu klik, orang-orang dapat menggandakan dokumen secara cetak atau menyimpan file tersebut.

Download: https://icopy.sourceforge.io

iCarbon

Fiturnya:

  • Memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memengaruhi performa perangkat, terutama untuk komputer dengan spesifikasi yang rendah
  • Memiliki antarmuka sederhana sehingga dapat digunakan siapa pun, khususnya tanpa memiliki keterampilan tertentu
  • Dapat digunakan secara gratis, sebab termasuk dalam aplikasi pilihan di sistem operasi Windows

Aplikasi untuk fotocopy berikutnya adalah iCarbon. Sampai sekarang, developer Softonic berkomitmen untuk mendesain aplikasi hanya untuk PC berbasis Windows. Dalam prosesnya, iCarbon menjadi perangkat lunak dengan kategori utilitas, di mana disebut sebagai pencetakan subkategori.

Jadi, tidak heran sejak tahun 2007, iCarbon masuk dalam deretan program aplikasi di sistem operasi Windows dengan versi Inggris. Selain itu, aplikasi juga menggunakan sedikit penyimpanan sehingga tidak memengaruhi kinerja perangkat, khususnya untuk PC dengan spesifikasi di bawah rata-rata.

Download: https://icarbon.en.softonic.com

Xerox

Fiturnya:

  • Menawarkan konversi teks ke ucapan dalam bentuk file MP3, yakni dengan Nuance Vocalizer Expressive
  • Mengubah dokumen berbasis kertas ke PDF, khususnya untuk formulir yang dapat diisi secara otomatis di komputer
  • Mampu mengubah dokumen sampai gambar ke bentuk PDF secara profesional untuk kepentingan bisnis

Ternyata, Xerox didesain menjembatani adanya kesenjangan antara kertas, Microsoft Office, PDF, dan MFP. Alhasil, hanya dengan  menekan satu tombol, orang-orang dapat memindai dokumen dengan komputer secara efektif, sekaligus mendistribusikan dokumen secara mudah, cepat, dan aman.

Di sisi lain, Xerox juga dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan, seperti mampu menghubungkan MFP dengan perangkat Android memakai Paperport, mengirim dokumen dengan satu langkah, dan menawarkan konversi dokumen otomatis, baik ke PDF, Ms. Word, atau Excel secara profesional.

Download: https://www.office.xerox.com/en-gh/software-solutions/xerox-scan-to-pc-desktop

PaperScan

Fiturnya:

  • Mendukung lebih dari 100 format input untuk menggandakan dokumen
  • Memiliki tiga versi yang berbeda, yakni versi gratis, versi rumah, atau versi premium sesuai kebutuhan
  • Sampai sekarang, aplikasi didukung lebih dari 30 bahasa yang berbeda

Secara sederhana, PaperScan dapat didefinisikan sebagai aplikasi pemindaian WIA dan TWAIN untuk membuat akuisisi dokumen secara mudah. Dalam praktiknya, orang-orang dapat menggunakan PaperScan sesuai kebutuhan, baik dalam versi gratis, versi rumah, atau versi premium secara berbayar.

Download: https://paperscan.orpalis.com

Demikian aplikasi fotocopy di komputer, laptop, notebook, atau perangkat PC berbasis Windows. Pada umumnya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak kalah dengan berbagai merk fotocopy yang digunakan secara manual, yakni tanpa melibatkan scanner dan printer untuk proses input dan output secara terpisah.

Akan tetapi, beberapa aplikasi fotocopy juga berfungsi secara optimal tanpa menggunakan printer, melainkan melibatkan mesin fotocopy secara langsung. Dampaknya, aplikasi untuk fotocopy di komputer mampu memudahkan pekerjaan orang-orang, khususnya untuk menggandakan dokumen.

Give a Comment