Aplikasi untuk Membuat Gambar dan File Bitmap

Bagi Anda yang bergelut di dunia desain grafis tentu sering membuat gambar bitmap. Bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari titik-titik dan pencampuran warna. Percampuran titik dan warna tersebut kemudian menghasilkan gambar utuh yang realistis.

Gambar bitmap sering dibuat desainer grafis untuk berbagai keperluan. Pasalnya gambar ini memiliki kualitas yang baik karena bisa menunjukkan kehalusan dari gradasi dan warna. Sehingga gambar jenis ini banyak digunakan untuk membuat gradasi sulit di lukisan atau foto.

Daftar Aplikasi untuk Membuat Bitmap di Laptop-Komputer Windows

Di masa sekarang ini desainer grafis merupakan keahlian yang banyak dicari. Oleh karenanya banyak orang belajar desain. Untuk mempermudah pekerjaan mendesain atau membuat bitmap, para desainer memanfaatkan aplikasi khusus di komputer, laptop, notebook.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk mendesain dan membuat foto bitmap. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa membuat desain Anda tampak keren. Berikut beberapa aplikasi tersebut.

Krita

Fiturnya:

  • Brush Cantik
  • Vektor dan Teks
  • Drawing Assistants

Beberapa orang mungkin masih asing dengan aplikasi yang satu ini. Berbeda dengan Photoshop yang berguna sebagai editing foto, Krita sengaja diciptakan untuk menggambar dan membuat ilustrasi, termasuk gambar bitmap.

Krita memiliki banyak fitur dan tools yang berfungsi untuk mempercantik gambar bitmap Anda. Tampilan antarmuka cukup intuitif, sehingga memberikan kenyamanan dan mempermudah penggunaan.  

Cukup download aplikasi ini dan Anda bisa memanfaatkan semua tools untuk edit foto bitmap. Aplikasi ini dapat bekerja di sistem Windows 8.1 ke atas, Linux, dan OSX 10.12. Karena merupakan aplikasi untuk desain, penyimpanan yang harus disediakan juga relatif besar, minimal RAM 4 GB.

Download: https://krita.org/en/

Gimp

Fiturnya:

  • Editing foto berkualitas
  • Mengubah format gambar
  • Algoritma pemrograman

Aplikasi untuk membuat gambar bitmap selanjutnya yaitu Gimp. Ini merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti membuat logo dan grafik, memotong dan mengubah resolusi foto, membuat gambar bitmap, mengkonversi berkas dan editing lainnya.

Meskipun menyediakan banyak fitur, ternyata aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis. Jadi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan editing foto berkualitas tanpa mengeluarkan biaya.

Anda bisa menginstal aplikasi ini pada desktop PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, Linux, macOS, dan lainnya. Tool-tool pada aplikasi ini juga cukup mudah dioperasikan sehingga tak akan mempersulit Anda yang masih pemula dalam desain grafis.

Download: https://www.gimp.org

CorelDRAW

Fiturnya:

  • Corel Photo
  • Vector and Bitmap Pattern Fills
  • Kolaborasi

Ini merupakan aplikasi untuk menyimpan desain ke bitmap yang telah banyak dipergunakan oleh kalangan desainer grafis. Pasalnya Coreldraw telah banyak diajarkan di sekolah desain dan memiliki berbagai fitur untuk membuat atau menyunting gambar.

Coreldraw menyediakan fitur tersendiri untuk convert file foto jpg ke bitmap. Sehingga Anda bisa dengan mudah menyunting foto atau gambar menjadi bentuk bitmap. Terdapat banyak pilihan tools yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengkreasikan desain Anda.

Sebagai aplikasi desain grafis profesional untuk menikmati Coreldraw Anda harus membayar. Aplikasi ini hanya dikembangkan untuk sistem operasi Windows. Coreldraw selalu update dan hampir setiap tahun merilis versi baru.

Download: https://www.coreldraw.com/en/product/coreldraw

Paint.NET

Fiturnya:

  • Banyak efek
  • Banyak tools

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi bitmap dalam kehidupan sehari-hari, Paint.NET bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Pasalnya aplikasi yang satu ini cukup simpel dan mudah dioperasikan. Sehingga juga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang masih pemula.

Bagusnya lagi, untuk menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu bayar. Dengan demikian Anda bisa bebas berkreasi menggunakan tool-tool yang cukup banyak. Anda bisa memotong, memberi efek, mengatur warna, menyunting gambar bitmap, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini biasanya tersedia di Windows. Paint.Net bisa diinstal di berbagai jenis laptop karena ukurannya relatif kecil. Namun, Paint.Net belum memiliki fitur editing tahap lanjutan sehingga gambar yang dihasilkan cenderung biasa.

Download: https://www.getpaint.net

Demikian beberapa aplikasi untuk membuat gambar bitmap di laptop atau PC. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keahlian. Karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik pada fitur maupun sistem operasinya.

Give a Comment