Aplikasi Untuk Membuat Server VoIP

Apa itu server VoIP? Server VoIP sendiri merupakan teknologi yang digunakan dan diharapkan bisa melakukan komunikasi suara dengan menggunakan IP atau internet protocol dan bisa bekerja pada jaringan paket. Teknologi inilah yang akan bekerja dalam mengubah suara tertentu ke bentuk digital.

Tentunya ini semua akan membutuhkan aplikasi pembuat server VoIP. Aplikasi ini seharusnya bisa digunakan dengan aman, tercepat dan stabil. Adanya aplikasi ini, tidak serta merta muncul begitu saja. Tentu saja akan ada keuntungan menggunakan server VoIP yaitu biaya akan jauh lebih rendah untuk sambungan langsung dengan jarak yang jauh.

Daftar Aplikasi untuk Membuat Server VoIP

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya aplikasi untuk membuat server VoIP. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan, yaitu :

Elastix

Aplikasi Untuk Membuat Server Voip 2022

Fitur aplikasi ini, yaitu:

  • Sudah bisa terintegrasi dengan WebRTC Video Conferencing
  • Sudah terdapat Call Center
  • Bisa akses ke smartphone clients baik itu iOS ataupun Android.

Elastix merupakan aplikasi berbasis PBX yang dibuat oleh 3CX. Aplikasi Elastix adalah aplikasi gratis telah terintegrasi dengan web RTC. Elastix ini menggunakan sistem UC yang telah didukung dengan telepon IP, gateway, dan SIP trunks.

Download: https://sourceforge.net/projects/elastix/

Asterisk

Fiturnya:

  • Adanya training jika diperlukan
  • Sudah tersedia aplikasi yang gratis untuk diunduh
  • Adanya produk VoIP gateaway.

Aplikasi gratis selanjutnya adalah Asterisk. Aplikasi ini sangat terbuka untuk membangun aplikasi komunikasi yang terbaik. Tidak perlu ragu, fitur yang bisa anda dapatkan berbagai macam termasuk training dan produk VoIP gateway.

Download: https://www.asterisk.org/

Couldtalk

Fiturnya:

  • Instalasi yang mudah dan mudah digunakan
  • Adanya basic bagaimana cara menggunakannya

Aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah Couldtalk. Aplikasi ini lebih murah dari urusan harga dan lebih fleksibel. Hal  yang nantinya bisa anda dapatkan antara lain adalah aplikasi ini sangat mudah untuk pemula.

Untuk anda yang penasaran ingin mencobanya, maka anda bisa langsung kunjungi https://www.cloudtalk.io/voip/

Solarwinds

https://www.youtube.com/watch?v=JwKxokAQBqY

Fiturnya:

  • Email untuk mendapatkan Trial dan bisa melakukan kontak dengan tim
  • Adanya monitoring software yang dilakukan oleh tim

Selanjutnya ada aplikasi Solarwinds yang masih murah untuk biaya aplikasinya, namun tetap dijamin tercepat dan stabil saat digunakan. Fitur yang bisa anda dapatkan yaitu email trial untuk pembelajaran dan pemantauan software dari tim expert. Cocok banget untuk pemula yang masih baru dalam dunia server VoIP.

Download: https://www.solarwinds.com/voip-network-quality-manager

Masih banyak aplikasi lainnya yang bisa anda download untuk anda coba lakukan membuat server VoIP. Jika anda masih pemula, memang sebaiknya gunakan aplikasi yang gratis dan sering lakukan trial atau uji coba untuk mengasah tingkat kemampuan anda.

Namun untuk anda yang sudah jago di bidang tersebut, maka anda bisa langsung saja menggunakan aplikasi yang paling bisa memberikan fitur terbaiknya. Selanjutnya anda bisa memulai untuk membuat server VoIP.

Adanya pembangunan server VoIP memang bisa dikatakan sangat membantu terlebih di tempat terkecil seperti di desa. Dengan begitu, mereka masih bisa melakukan komunikasi suara walaupun dalam jarak yang jauh. Oleh karena itu, perlu dibuatkan sebuah server yang terbaik agar semua orang bisa menggunakannya.

Sebelum melakukan unduh dan pasang aplikasinya, sebaiknya anda perhatikan OS yang anda miliki pada perangkat anda, sudah bisa compatible dengan aplikasi tersebut atau belum. Jangan sampai anda sudah memasangnya namun terjadi kendala karena tidak sesuai.

Bagikan:

Tinggalkan komentar