Penyebab dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka

Ada banyak sekali kegunaan dari aplikasi e-faktur khususnya untuk kepentingan para wajib pajak di negara Kita. Berikut ini beberapa ulasan penting terkait kendala tak bisa dibukanya aplikasi e-faktur.

Aplikasi e-faktur adalah merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu para wajib pajak untuk membuat faktur pajak yang dibutuhkannya dengan mudah dan cepat. Namun kadang kala para wajib pajak mengalami kendala untuk membuka aplikasi E-faktur yang tidak bisa dibuka karena suatu penyebab atau terjadi eror.

Kenali Penyebab Aplikasi E-faktur Tidak Bisa Diakses

Aplikasi E-faktur adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu memudahkan dalam urusan pajak. Setidaknya dalam e-faktur ada beberapa layanan yang diberikan pada para wajib pajak.

Pertama untuk membuat dan mengelola dokumen faktur pajak masukan, faktur keluaran, dokumen import sampai melakukan kegiatan retur secara online.

Kedua, melalui aplikasi e-faktur wajib pajak juga bisa melakukan pelaporan SPT masa PPN yang kemudian secara langsung akan mendapatkan bukti potong sekaligus nomor tanda terima yang resmi dari kantor pajak.

Ketiga, semua faktur keluaran yang diproses dalam aplikasi e-faktur akan secara langsung terkirim ke tujuan transaksi pajak dilakukan.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab dari Aplikasi E-faktur jadi tidak bisa dilihat? Berikut ulasannya Kami bagikan untuk Anda.

Setiap pengusaha kena pajak atau yang sering disingkat dengan PKP memiliki kewajiban untuk membuat sebuah faktur pajak serta melakukan pelaporan SPT dengan menggunakan layanan web e-faktur.

Nah dalam penggunaan web atau aplikasi e-faktur sendiri kendala yang terjadi cukup banyak, dimana salah satunya salah kendala karena eror yang terjadi pada e-faktur. Ada beberapa hal yang termasuk eror e-faktur diantaranya adalah aplikasi yang rusak, server kantor pajak yang eror, atau karena terjadi kesalahan pengisian kode atau form faktur pajak.

Perangkat tidak support

Penyebab yang pertama dari tak bisa dibukanya aplikasi e-faktur adalah karena perangkat digital yang digunakan untuk membuka aplikasi e-faktur tidak support atau tidak mendukung versi aplikasi yang dipakai. Biasanya ini akan terjadi ketika aplikasi e-faktur mengalami pembaruan sehingga terjadi perubahan versi yang tentunya harus diikuti dengan penyesuaian perangkat yang dipakai.

Server down

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Penyebab berikutnya adalah jika terjadi gangguan pada sistem yang dipakai oleh web atau aplikasi e-faktur. Biasanya kendala ini banyak disebut sebagai kendala yang dikarenakan server yang sedang down. Penyebabnya ada banyak di antaranya adalah karena banyak pengguna yang sedang mengakses web e-faktur sehingga server tak kuat untuk memberikan layanan pada semua pengguna secara bersamaan.

Cek e-faktur down atau tidak.

Jaringan Internet tidak stabil

Aplikasi E-faktur gangguan hari ini karena jaringan internet yang kualitasnya tidak stabil. Padahal Kita semua tahu, untuk bisa mengakses layanan e-faktur sendiri membutuhkan layanan akses internet yang stabil dan kuat sehingga semua prosedur bisa diselesaikan dengan baik dan benar.

Penyebab sinyal internet ini salah satunya adalah ketika sinyal internet yang tersambung ke perangkat gadget yang Anda gunakan untuk mengakses layanan aplikasi memiliki kekuatan sinyal yang cukup lemah. Dalam layanan e-faktur ini disebut sebagai eror ETAX-40001, yang mana ketika sambungan internet yang dimiliki tidak berkualitas bagus yang kemudian berdampak pada tidak lancarnya koneksi yang terjadi antara aplikasi e-faktur dengan server pajak.

Aplikasi E-Faktur Galat

Dalam aplikasi e-faktur terdapat sebuah database yang berisi data hasil faktur yang sudah jadi. Data tersebut harus bisa dijaga dengan baik agar supaya kondisinya tetap utuh serta tidak mengalami kerusakan. Nah jika terjadi aplikasi E-faktur tidak bisa masuk, penyebab lainnya adalah bisa jadi data e-faktur ada yang mengalami kerusakan.

Umumnya akan ada notifikasi berupa informasi database corrupt atau mengalami masalah.

Aplikasi E-Faktur belum diupdate

Kendala membuka aplikasi E-faktur tidak bisa diakses juga bisa terjadi karena pengusaha kena pajak belum melakukan update atau pembaruan pada aplikasi e-faktur yang digunakan. Dalam artian, aplikasi yang terinstal di gadget pengusaha kena pajak merupakan aplikasi versi lama.

Data aplikasi E-Faktur Error

Penyebab yang ke enam dari tak bisa dibukanya aplikasi e-faktur adalah karena data pada aplikasi e-faktur mengalami error atau ketidakcocokan. Biasanya ini akan terjadi ketika wajib pajak menggunakan lebih dari satu aplikasi atau web untuk mengelola pajak yang diwajibkan atasnya.

Database E-Faktur error

Aplikasi E-faktur jadi tidak bisa dilihat juga bisa dikarenakan database e-faktur mengalami eror atau kerusakan. Hal ini sangat mungkin bisa terjadi jika aplikasi e-faktur yang digunakan ternyata masih versi lama sedangkan saat ini sudah diberlakukan penggunaan aplikasi e-faktur versi yang terbaru.

Anvitirus Salah Membaca Aplikasi E-Faktur Adalah Virus

Kendala lainnya dari tak bisa dibukanya aplikasi e-faktur adalah karena program anti virus yang terinstal di gadget melakukan kekeliruan dalam membaca atau mendeteksi keberadaan aplikasi e-faktur sebagai salah satu program yang berbahaya. Sehingga yang akan dilakukan oleh anti virus adalah melakukan pemblokiran yang akhirnya akan membuat aplikasi tersebut terblokir secara otomatis.

Diblokir firewall bawaan perangkat yang digunakan

Jika tiba-tiba Anda mengalami kegagalan dalam upload faktur melalui aplikasi e-faktur padahal akses internet untuk browsing masih bisa digunakan dengan lancar maka itu pertanda bahwa E-faktur lagi gangguan dan sudah diblokir oleh firewall atau anti virus yang ada di gadget atau komputer yang digunakan.

Biasanya pemblokiran dilakukan oleh program anti virus yang terpasang di perangkat gadget Kita, namun karena mendapatkan pembaruan yang kemudian mengenali aplikasi e-faktur sebagai suatu program yang berbahaya untuk perangkat Anda.

Sertifikat Elektronik sudah kedaluwarsa.

Penyebab yang terakhir dari kendala ketika Aplikasi E-faktur jadi tidak bisa dilihat adalah karena memiliki sertifikat elektronik yang sudah kadaluwarsa atau sudah habis masa berlakunya.

Cara Atasi Aplikasi E-Faktur yang Tidak Bisa Dibuka

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi E-faktur bermasalah hari ini.

Usahakan untuk memperbarui sertifikat elektronik

Untuk mengatasinya maka pengguna aplikasi harus memiliki sertifikat elektronik yang terbaru sehingga perangkat digital yang digunakannya cukup memadai untuk mengakses aplikasi e-faktur tersebut. Beberapa pengusaha wajib pajak bahkan harus melakukan update aplikasi e-faktur atau dengan memperbaharui sertifikat elektronik terlebih dahulu sehingga bisa membuka aplikasi e-faktur yang tak bisa terbuka.

Setting ulang aplikasi e-faktur dengan paksa berhenti sementara

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika kendala yang terjadi adalah karena server atau sistem dari e-faktur yang mengalami eror maka solusinya adalah dengan melakukan perubahan pada pengaturan aplikasi. Anda bisa memaksa aplikasi e-faktur untuk berhenti yang kemudian Anda buka kembali aplikasinya untuk menjalankannya kembali.

Beberapa pengguna mencoba untuk mengatasi kendala E-faktur gagal terus dengan membersihkan cache atau sampah aplikasi yang menumpuk, menggunakan layanan browser dengan mode samaran hingga mencoba kembali akses web atau aplikasi hingga berhasil.

Lakukan Restart pada perangkat gadget yang digunakan

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Adapun untuk cara mengatasi kendala terjadinya eror pada aplikasi e-faktur karena jaringan internet salah satunya adalah dengan melakukan restart perangkat yang digunakan. Biasanya jika perangkat gadget dimatikan terlebih dahulu kemudian dinyalakan kembali secara tidak langsung akan menyetting ulang jaringan internet sehingga kualitasnya bisa lebih stabil kembali.

Cara yang lainnya adalah dengan memeriksa kembali apakah jaringan internet yang berjalan di perangkat Anda berfungsi dengan baik atau tidak. Atau bisa juga dengan cara mengecek apakah ada virus yang masuk ke dalam aplikasi e-faktur dengan cara melakukan scan secara berkala.

Non Aktifkan Antivirus Sementara

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Beberapa software antivirus justru bisa menganggap aplikasi e-faktur sebagai satu ancaman program yang berbahaya untuk perangkat gadget sehingga terjadi aktivitas block dari anti virus secara otomatis. Untuk itu, solusi yang paling cepat untuk mengatasinya adalah dengan menon-aktifkan sementara anti virus yang terpasang di gadget Anda sehingga aplikasi bisa dibuka dan digunakan sebagaimana mestinya.

Lakukan pembaruan pada Aplikasi E-Faktur

Cara untuk mengatasi kendala tak bisa dibukanya aplikasi e-faktur karena aplikasi yang digunakan masih versi lama adalah dengan cara melakukan update atau pembaruan versi aplikasi. Bahwa sistem e-faktur yang ada di dalam aplikasi versi terbaru mempunyai beberapa fitur yang berjalan secara otomatis.

Dimana para wajib pajak harus melakukan unduh dan install patch versi yang terbaru pada perangkat digital yang digunakannya sehingga mendukung akses aplikasi yang sudah memiliki fitur prepopulated dalam e-faktur pajak.

Download Versi E-Faktur terbaru di sini.

Centang Opsi Ijinkan Fitur Dalam Aplikasi E-Faktur

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi untuk mengatasi kendala aplikasi e-faktur yang tak bisa dibuka adalah dengan melakukan centang pada opsi Ijinkan Fitur yang terdapat di aplikasi e-faktur yang digunakan. Hal itu akan membuat data yang ada di aplikasi e-faktur bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Ubah provider internet yang digunakan

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika Anda termasuk pengusaha kena pajak yang mendapatkan kendala untuk membuka aplikasi e-faktur karena sinyal atau tidak ada koneksi internet maka cara mengatasinya adalah mengganti jaringan internet yang lebih kuat dan stabil. Untuk hal tersebut Anda perlu menyesuaikannya dengan wilayah tempat tinggal Anda, mana provider internet yang bisa menyediakan akses internet dengan kualitas sinyal yang bagus, kuat dan stabil.

Lakukan penghapusan pada data yang tersimpan di aplikasi e-faktur

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Nah jika Anda mengalami kendala dari membuka aplikasi e-faktur karena faktor eror pada data yang ada di dalam aplikasi maka bisa jadi data yang tersimpan di dalamnya mengalami kerusakan, tidak bisa digunakan atau ada bagian yang hilang. Untuk mengatasinya Anda harus menghapus data aplikasi e-faktur dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi e-faktur yang baru. Pastikan aplikasi yang diunduh kompatibel dengan sistem operasi perangkat digital yang digunakan sehingga aplikasi bisa berfungsi dengan benar.

Ringankan kinerja browser dengan menghapus cache dan cookie

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Selain solusi yang disebutkan di atas, wajib pajak juga bisa melakukan upaya untuk mengatasi kendala pada aplikasi e-faktur dengan menghapus cookie dan cache yang ada di data aplikasi secara berkala. Secara tidak langsung keberadaan cookie dan cache sangat berpengaruh pada kelancaran penggunaan aplikasi e-faktur.

Pakai VPN atau DNS Resolver untuk Gunakan Jaringan Internet Luar Negeri

Penyebab Dan Cara Mengatasi E-Faktur Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi dengan cara menggunakan DNS Resolver atau VPN luar negeri bisa sangat efektif jika masalah pada kendala untuk membuka aplikasi e-faktur terjadi karena faktor jaringan internet. Ketika Anda menggunakan VPN luar negeri, maka proses penelusuran data akan dilakukan dengan cepat karena tidak dapat tersambung jaringan internet dalam negeri melainkan dari luar negeri.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Unduh dan Install Ulang Aplikasi E-Faktur

Untuk solusi berupa langkah untuk unduh dan install ulang aplikasi e-faktur bisa dilakukan jika kendala yang Anda alami dikarenakan aplikasi tak bisa digunakan karena berbeda versi atau masih berupa versi lama. Bisa juga karena dalam aplikasi terdapat virus atau data yang mengalami kerusakan. Sehingga cara untuk mengatasinya adalah dengan mengunduh dan menginstal ulang aplikasi e-faktur sesuai dengan versi yang berlaku.

Pakai Layanan Pihak Ketiga yang Resmi

Berikutnya adalah dengan menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan layanan e-faktur yang sesuai dengan kebutuhan. Hingga saat ini hanya ada beberapa pihak ketiga yang secara resmi ditunjuk oleh Dirjen Pajak untuk mengurus semua prosedur pembuatan faktur pajak secara online.

Laporkan Kendala Ke Layanan CS

Solusi yang terakhir adalah dengan melakukan pelaporan pada layanan customer service e-faktur pajak yang ada di wilayah tempat tinggal Anda. Dengan begitu semua kendala Anda dalam melakukan pembayaran pajak atau pembuatan e-faktur bisa diselesaikan dengan baik.

Laporan bisa melalui: https://twitter.com/kring_pajak

Sekian ulasan tentang kendala yang dialami oleh para wajib pajak terkait akses aplikasi e-faktur. Semoga ulasan Kami bisa membantu untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi dengan baik dan benar. Selamat mencoba .

Tinggalkan komentar