Penyebab dan Cara Mengatasi File .asd Tidak Bisa Dibuka

Tekkun

Kita semua pernah mengalami masalah dengan File dokumen komputer yang tiba-tiba tidak bisa dibuka. Bahkan, ketika Anda mencoba membuka File .asd, Anda mungkin menemukan bahwa program apa pun tidak akan membuka File ini.

File .asd adalah salinan cadangan dari dokumen Word yang sedang dibuka dan biasanya digunakan untuk memulihkan File Word yang belum disimpan karena pemadaman listrik, crash, atau kegagalan sistem.

Penyebab File .asd Tidak Bisa Dibuka, diantaranya:

  • Gangguan pada server Microsoft Word
  • Spesifikasi perangkat tidak sesuai
  • Overheating pada perangkat
  • Mendownload aplikasi Microsoft Word dari sumber yang tidak terpercaya
  • Menggunakan versi bajakan Microsoft Word
  • Sistem operasi perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi Microsoft Word
  • Kegagalan pada sistem perangkat
  • Stabilitas koneksi internet terganggu
  • Galat pada aplikasi Microsoft Word
  • Data aplikasi Microsoft Word penuh atau rusak
  • Aplikasi Microsoft Word belum diperbarui
  • Masalah cache dan cookie mungkin mempengaruhi
  • Memori internal perangkat penuh
  • Perangkat terindikasi terserang virus
  • Koneksi internet mungkin menggunakan jaringan WiFi atau jaringan publik yang memblokir domain Microsoft Word.

Jadi bagaimana cara membuka File .asd?

Cara Membuka File .asd yang tidak bisa dibuka

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi File asd di Microsoft Word tidak bisa dibuka, diantaranya:

Gunakan Fitur Opsi Recover Unsaved Documents

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Saat ini Microsoft Word telah menyediakan fitur untuk recovery File jika File tersebut rusak atau sulit untuk dibuka.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukann dengan cara klik File -> open -> recent lalu klik bagian recover unsaved documents

Gunakan fitur File Cache di File Explorer Windows

Di dalam versi Windows terbaru sekarang sudah menyediakan cache untuk File yang rusak tidak bisa dibuka karena kesalahan sistem.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membuka File .asd yang tidak bisa dibuka.

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023
  1. Untuk melakukannya maka anda perlu membuka File explorer dengan cara tombol windows + E.
  2. Kemudian anda perlu ketik .asd di pencarian windows.
  3. Klik kanan pada File .asd yang anda cari kemudian pilih open with ->Choose another app -> pilih Microsoft Word.

Pastikan Terlebih Dahulu Microsoft Word Mendukung Perangkat Anda

Ketika Anda menemui gangguan dengan File .asd yang tidak bisa diakses, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah perangkat Anda mendukung atau tidak.

Apabila perangkat Anda telah didukung oleh Microsoft Word, maka langkah selanjutnya dapat diambil untuk mencoba membuka File .asd. Jadi, jika Anda menemukan bahwa File .asd Anda bermasalah hari ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Microsoft Word mendukung perangkat Anda.

Pastikan Anda Telah Menggunakan Microsoft Word yang Resmi

Selain itu, ketika mencoba membuka File .asd, pastikan bahwa Anda telah menggunakan versi resmi dari Microsoft Word.

Hal ini penting karena beberapa pengembangan dan versi lain dari Microsoft Word mungkin tidak mendukung File .asd dan gagal terus saat mencoba membuka File ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa versi yang digunakan adalah salinan resmi yang disediakan oleh Microsoft.

Jalankan Microsoft Word di Run As Administration

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Setelah memastikan bahwa versi yang digunakan adalah salinan resmi, cobalah untuk menjalankannya dengan hak administrasi tertinggi.

Dengan cara ini, ia akan memiliki akses penuh ke sistem dan folder dalam sistem komputer Anda. Ini penting untuk melihat apakah File .asd benar-benar dapat dibuka atau tidak. Namun demikian, jika masih gagal untuk membuka File ini setelah menjalankannya dengan hak administrasi tertinggi, cobalah langkah selanjutnya berikutnya.

Paksa Berhenti Microsoft Word-nya Kemudian Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika masih gagal untuk membuka File .asd meskipun sudah menjalankannya dengan hak administrasi tertinggi, cobalah untuk memaksanya berhenti kemudian buka kembali secara manual.

Ini dilakukan dengan cara membersihkan semua tumpangan dan proses yang sedang berlangsung di belakang layar saat program dieksekusi. Ketika tumpangan telah dihapus dan semua proses telah berhenti, cobalah untuk membuka kembali aplikasi Microsoft Word dan gunakannya untuk membuka File .asd anda.

Restart Perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika cara-cara di atas masih belum memberikan hasil apapun atau jika program tetap gagal terus saat mencoba membuka File .asd, maka solusinya adalah restart perangkat anda secara keseluruhan dan cobal

Scan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Gangguan yang terjadi pada File Microsoft Word .asd hari ini bisa disebabkan oleh virus. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan scan antivirus.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi antivirus yang tepat dan menjalankannya di komputer Anda. Aplikasi ini akan memindai File dan folder di komputer Anda untuk mendeteksi virus dan malware yang mungkin telah mempengaruhi File .asd Microsoft Word Anda. Setelah proses scan selesai, cobalah buka File .asd lagi untuk melihat apakah masalah sudah terselesaikan atau belum.

Install Aplikasi Repair untuk Microsoft Word

Kadang-kadang, gangguan pada File .asd Microsoft Word juga bisa disebabkan oleh rusaknya sistem File program Microsoft Word itu sendiri.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda dapat mencoba menginstal aplikasi repair untuk Microsoft Word. Aplikasi ini akan memperbaiki semua sistem File program Microsoft Word yang rusak sehingga Anda dapat dengan mudah membuka File .asd tanpa adanya gangguan. Selain itu, pastikan juga untuk mengupdate aplikasi repair ke versi terbaru agar bisa berfungsi dengan baik.

Ijinkan Microsoft Word

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

File .asd tidak bisa diakses atau digunakan karena tidak adanya izin dari Windows untuk membuka dan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan izin kepada Windows agar bisa membuka dan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Ini bisa dilakukan dengan masuk ke Control Panel dan cari menu “Program” di bagian “Program and Features”. Kemudian temukan nama aplikasi Microsoft Word di daftar program lalu klik tombol “Izinkan” di sebelahnya agar Windows dapat membuka dan menggunakannya.

Perbarui Microsoft Word

Selain harus memastikan bahwa Windows memberikan izin penuh kepada aplikasi Microsoft Word, Anda juga harus memastikan bahwa program ini telah diperbarui ke versi terbaru agar tidak bermasalah lagi saat digunakan.

Untuk melakukannya, silakan pergi ke situs web resmi Microsoft Office dan unduh versi terbaru dari aplikasi Microsoft Word. Jika Anda sudah mendownloadnya, instal versi terbaru dan pastikan semua fitur baru sudah berhasil diinstal dengan benar sehingga Anda dapat dengan mudah membuka File .asd tanpa adanya gangguan lagi.

Install Net Framework, DirectX, dan Visual Credentials Untuk Kinerja Aplikasi Microsoft Word

Selain itu, salah satu hal penting yang harus dilakukan saat ingin mencegah gagalnya File .asd pada Microsoft Word adalah dengan melakukan install net framework, DirectX, dan Visual Credentials untuk kinerja optimal aplikasi Microsoft Word.

Dengan begitu maka semua fitur penting yang dibutuhkan oleh program ini akan tersedia dan pastinya tidak ada lagi masalahan saat ingin membuka dokumen asd milik Microsoft Word.

Selain itu juga harus dipastikan bahwa semua update telah terinstall secara benar agar tidak adanya masalahan ketika ingin digunakannya program Microsoft Word tersebut.

Update Driver Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Mengupdate driver adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ketika Anda tidak bisa membuka File .asd. Dengan mengupdate driver, Anda dapat memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak Anda berfungsi dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan atau bermasalah hari ini, pastikan untuk melakukan update driver terlebih dahulu sebelum mencoba cara lain untuk memecahkan masalah.

Nonaktifkan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Penggunaan antivirus yang terlalu ketat dapat menyebabkan gagal terus saat membuka File .asd. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengatasi masalah ini, pertama-tama nonaktifkan antivirus yang Anda gunakan sehingga File .asd dapat diakses tanpa hambatan.

Namun, pastikan untuk kembali mengaktifkan antivirus setelah File .asd berhasil dibuka agar sistem keamanan Anda tetap terjaga.

Izinkan Aplikasi Microsoft Word di Pengaturan Firewall

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Kadang-kadang, firewall aktif dapat menghambat pembukaan File .asd karena tidak bisa digunakan oleh aplikasi tertentu. Jadi jika Anda mengalami masalah ketika mencoba membuka File .asd, cobalah untuk memberikan ijin kepada Microsoft Word di pengaturan firewall agar aplikasi itu dapat bekerja dengan baik.

Ini akan memungkinkan Microsoft Word untuk bekerja secara efektif dan mencegah pengguna lain dari gangguan yang tidak diinginkan.

Nonaktifkan Power Setting Saver Baterai

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Power setting saver baterai seringkali dipicu ketika laptop atau komputer sedang digunakan. Hal ini dapat menyebabkan program tertentu tidak berfungsi dengan benar atau tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memastikan bahwa semua program yang Anda gunakan bekerja dengan benar dan tidak bermasalah, maka nonaktifkan power setting saver baterai terlebih dahulu agar program ini tetap berjalan lancar dan tidak terganggu oleh pengaturan daya yang tersimpan di laptop atau komputer Anda.

Nonaktifkan Hyper-V

Hyper-V adalah fitur virtualisasi yang disediakan oleh Windows untuk membuat lingkungan virtual mesin guest di atas mesin host fisik.

Kadang-kadang fitur ini aktif secara default dan dapat menghambat pembukaan File .asd karena beberapa alasannya sendiri. Untuk itulah, jika Anda ingin mengatasi masalah ini dengan mudah, maka cobalah untuk nonaktifkan Hyper-V agar proses pembukaan File .asd berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Ganti Pengaturan Grafis Paling Minimum

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Ketika Anda mengalami gangguan dan tidak bisa membuka File .asd, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pengaturan grafis di laptop atau PC Anda. Hal ini dikarenakan beberapa perangkat lunak yang bermasalah hari ini dapat gagal terus menerus jika Anda menggunakan pengaturan grafis yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengatur pengaturan grafis di laptop-PC anda pada level paling minimum. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi masalah kesulitan saat membuka File .asd yang tidak bisa diakses atau digunakan.

Ganti Opsi Rendering pada Microsoft Word

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Ada opsi lain yang dapat Anda coba untuk memecahkan masalah ketika File .asd tidak bisa dibuka. Salah satu caranya adalah dengan mengubah opsi rendering pada Microsoft Word. Opsi rendering akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dokumen Word dengan berbagai jenis monitor yang berbeda.

Caranya adalah dengan membuka Microsoft Word dan kemudian masuk ke menu File>Options>Advanced dan ganti opsi “Show document content” ke “Use the default settings”. Dengan begitu, tampilan dokumen akan sama di semua jenis monitor dan akan lebih mudah untuk melihat File .asd yang bermasalah hari ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Fitur Compatibility merupakan fitur penting yang banyak digunakan untuk memecahkan masalah ketika File .asd tidak bisa dibuka atau digunakan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan program secara kompatibel dengan versi lama sistem operasi Windows atau program lainnya.

Caranya adalah dengan membuka folder tempat File .asd disimpan, kemudian klik kanan di File tersebut dan pilih Properties>Compatibility tab dan pastikan semua opsi compatibility telah dimasukkan agar File .asd dapat berjalan dengan benar tanpa masalah ketika tidak bisa digunakan atau diakses.

Hapus data pada Memori Internal Anda

Jika Anda tetap tidak bisa membuka File .asd meskipun sudah melakukan beberapa cara di atas, maka hapus data-data yang tersimpan di memori internal laptop-PC anda sebagai solusinya.

Hal ini akan sangat berguna untuk membersihkan ruang penyimpanan internal dan mencegah data-data rusak akibat serangan virus atau malware, sehingga Anda dapat melihat File .asd yang sebelumnya bermasalah hari ini tanpa masalah lagi.

Hapus Cache Di Laptop-PC

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

Cache merupakan bagian penting dari sistem laptop-PC anda yang berisi informasi tentang aplikasi dan layanan apa saja yang sedang digunakannya saat ini. Namun jika cache tersebut terlalu besar maka akan memberikan dampak buruk bagi kerja laptop-PC anda seperti misalkan ketika ingin melihat File .asd namun tidak bisa digunakannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan cache laptop-PC anda secara rutin agar performanya tetap optimal dan supaya Anda tidak lagi mengalami masalah ketika ingin melihat File .asd namun tidak bisa digunakannya lagi.

Gunakan Perintah Sfc /scannow

Mengatasi File .asd yang tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan menggunakan perintah SFC (System File Checker). Perintah ini digunakan untuk memindai dan memperbaiki kesalahan pada File sistem Windows. Ketika Anda menjalankan perintah SFC, ia akan melakukan verifikasi pada semua File sistem Windows untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan benar.

Jika ada File yang rusak atau hilang, maka SFC akan mencoba untuk memperbaikinya dengan mengganti File tersebut dengan versi baru dari folder Windows Image. Oleh karena itu, penggunaan perintah ini adalah cara efektif untuk mengatasi masalah gangguan yang dihadapi saat berusaha membuka File .asd.

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023
  1. Buka CMD dengan cara tekan di keyboard tombol windows +R kemudian ketik perintah CMD.
Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023
  1. Dan ketik perintah sfc /scannow.

Atur Permission administrator pada Microsoft Word

Ketika Anda ingin membuka File .asd dan gagal, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengatur permission administrator pada Microsoft Word. Untuk melakukannya, pertama buka Control Panel dan pilih Program and Features. Setelah itu, cari Microsoft Office dan klik Change.

Pilih Repair dan setelah itu ikuti langkah-langkah yang diminta oleh wizard. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk me-reset permission administrator agar dapat mengakses File .asd tanpa hambatan.

Pastikan windows service berjalan

Jika Anda masih gagal dalam upaya untuk membuka File .asd, maka pastikan bahwa semua layanan Windows telah berjalan dengan benar. Hal ini penting karena jika layanan tidak berjalan dengan benar, maka Anda tidak akan bisa mengakses beberapa fitur dalam sistem operasi Windows.

Untuk memeriksa layanan Windows yang berjalan, buka Task Manager dan lihat apakah ada layanan yang belum dijalankan atau sebaliknya. Jika ada layanan yang belum dijalankan, cobalah untuk mengubahnya sehingga Anda bisa melanjutkan proses pembukaan File .asd tanpa hambatan.

Ganti value FilterAdministrator Token

Ganti nilai FilterAdministrator Token juga merupakan cara efektif untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka File .asd. Ini harus dilakukan jika filter administrator telah dimodifikasi secara manual atau jika filter administrator telah rusak akibat virus atau malware tertentu.

Caranya sangat mudah; hanya buka registry editor dan lihat nilai FilterAdministrator Token defaultnya. Kemudian ganti nilainya dengan nilai default sehingga Anda bisa melanjutkan proses pembukaan File .asd tanpa hambatan apapun.

Install ulang Microsoft Word

Install ulang Microsoft Word juga merupakan solusi efektif bagi pengguna yang masih gagal dalam upaya untuk membuka File .asd meskipun sudah melakukan tindakan-tindakan di atas seperti gunaan perintah SFC /scannow, atur permission administrator, pastikan windows service berjalan dan ganti value FilterAdministrator Token.

Dengan melakukannya, semua program yang terinstall pada Microsoft Word akan kembali ke setting default sehingga pengguna tidak akan lagi mendapati masalah ketika berusaha membuka File .asd nantinya.

Gunakan Sistem Restore bawaan Windows

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Asd Tidak Bisa Dibuka 2023

File .asd yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh gangguan yang terjadi hari ini. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sistem restore bawaan Windows.

Sistem restore merupakan fitur yang tersedia di Windows yang berfungsi untuk memulihkan komputer Anda ke keadaan sebelumnya saat masalah itu tidak terjadi. Hal ini berguna ketika komputer Anda gagal terus atau layanan tertentu tidak bisa diakses atau digunakan, sehingga Anda dapat mengembalikan perangkat lunak ke versi lama dan memperbaiki masalahnya.

Upgrade Perangkat anda

Ketika File .asd tidak bisa dibuka, mungkin juga disebabkan karena perangkat anda sudah usang dan tidak mendukung aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan upgrade pada perangkat anda agar lebih cocok dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, pastikan Anda memiliki pengetahuan teknis tentang bagaimana caranya melakukannya agar proses upgrade berjalan lancar dan tanpa masalah.

Lapor ke layanan CS Microsoft Word

Jika masih belum berhasil mengatasi File .asd yang tidak bisa dibuka, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melapor ke layanan Customer Service (CS) Microsoft Word.

Layanan CS Microsoft Word akan memberikan solusi terbaik untuk masalah File .asd yang tidak bisa dibuka dan mereka juga akan memberikan petunjuk tentang bagaimana caranya memperbaiki masalah ini secepat mungkin tanpa menimbulkan kerugian bagi Anda. Jadi jangan ragu untuk menghubungi layanan CS Microsoft Word jika masalah ini belum terselesaikan dengan cara-cara di atas.