Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word Dalam Pendidikan: Bagi Guru dan Pelajar

Penggunaan aplikasi pengolah dokumen seperti microsoft office sangat diperlukan dalam pendidikan bagi guru, bagi pelajar serta bagi mahasiswa. Hal ini bisa memudahkan mereka dalam menciptakan suatu proses pembelajaran yang menarik dan sistematis.

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Word Di Dunia Pendidikan Bagi Pelajar

Microsoft word merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah berbagai dokumen. Fungsi microsoft word bagi pendidikan membuat proses pembelajaran menjadi tak monoton di sekolah, universitas.

Kegunaan microsoft word dalam dunia pendidikan juga membuat dokumen menjadi lebih menarik dan rapi serta meminimalisir kesalahan pada penulisan. Selain itu juga bisa mengurangi penggunaan kertas berlebihan yang bisa merusak lingkungan.

Pembuatan Laporan

aplikasi ini bisa digunakan dalam pembuatan suatu dokumen, termasuk untuk membuat laporan. Dalam dunia pendidikan dokumen seperti laporan adalah hal umum bagi pelajar ataupun bagi guru mereka.

Bagi mahasiswa pembuatan dokumen laporan telah menjadi makanan sehari-hari. Selain laporan, dokumen yang kerap dibuat juga bisa berupa tugas-tugas, karya tulis, proposal, observasi, dan lain-lain. Penggunaan aplikasi ms word tentu dapat memudahkannya.

Pembuatan Tugas

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Word Dalam Pendidikan: Bagi Guru Dan Pelajar 2022

Mengerjakan tugas bukanlah hal yang sulit bagi pelajar, bagi mahasiswa ataupun bagi guru di zaman yang serba modern sekarang ini. Untuk membuat tugas banyak kalangan bisa menggunakan Microsoft Word.

Bila dahulu siswa atau murid harus menggunakan tulisan tangan dalam menyelesaikan tugas, maka saat ini mereka diminta untuk menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan Microsoft Word. Hal ini menjadi salah satu Fungsi microsoft word bagi pendidikan.

Pembuatan Makalah

Kegunaan microsoft word dalam dunia pendidikan lainnya adalah untuk membuat makalah. Bukan menjadi hal yang mustahil jika para pelajar mempunyai minat untuk membuat makalah setelah mereka mengerti beragam fitur yang tersedia pada Word.

Dengan cara diketik mereka dapat memaksimalkan dirinya dalam membuat makalah yang menarik. Bahkan untuk mereka yang belum lama mempelajari ms word tentu akan semakin tertarik untuk bisa menguasai aplikasi tersebut.

Pembuatan Mata Pelajaran

Dalam mempersiapkan materi dari suatu mata pelajaran menggunakan Word bagi guru dapat dilakukan dengan mudah. Proses menyelesaikannya pun lebih cepat dengan hasil yang menarik dibandingkan dengan menulisnya menggunakan tangan.

Membantu Membaca Materi Pelajaran

Selain membaca materi pelajaran dari buku, para siswa juga bisa membaca pelajaran dari dokumen yang disimpan dengan Word yang memiliki fitur pendukung untuk pembacaan dan penulisan guna mengubah tampilan dokumen ketika Anda membaca dan mengedit.

Perangkuman Mata Pelajaran

Fungsi dan kegunaan microsoft word bagi pelajar berikutnya adalah untuk merangkum pelajaran. Dibandingkan dengan menggunakan cara tulis tangan, mengetik rangkuman pelajaran dengan word tentu akan lebih cepat.

Membantu Pengerjaan Soal Pelajaran

Selain mempersiapkan materi dari suatu pelajaran, guru juga mempersiapkan soal-soal dengan menggunakan Word. Sebagai guru Anda bisa mempersiapkan dokumen soal dengan mengetiknya secara langsung pada aplikasi satu ini.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word di Dunia Pendidikan Bagi Pelajar

Beberapa Fungsi dan Kegunaan Ms Word di dunia pendidikan bagi pelajar adalah sebagai berikut:

Untuk Pembuatan Laporan

Laporan merupakan karya tulis yang dibuat sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas. Laporan ini memiliki beragam fungsi misalnya sebagai bahan pertimbangan. Oleh sebab itu laporan harus objektif, valid dan sistematis.

Fungsi dan kegunaan microsoft word bagi pelajar dalam membuat laporan tak hanya membuatnya menjadi rapi. Para pelajar pun akan dimudahkan dengan beragam fitur pada proses pembuatan laporan.

Untuk Pembuatan Soal Pelajaran

Sebelumnya telah dibahas bahwa guru bisa menggunakan microsoft word untuk membuat dokumen soal. Fungsi dan kegunaan microsoft word bagi guru membuatnya lebih mudah dalam mempersiapkan kertas ujian serta soal-soal ujian.

Untuk Pembuatan Sitasi dan Referensi Hasil Penelitian

Dalam membuat penelitian bagi pelajar, bagi mahasiswa dan bagi guru perlu mencantumkan sitasi dan referensi hasil penelitian. Sitasi merupakan referensi yang berasal dari artikel jurnal, buku, naskah arsip, situs web, koran, laporan dan sebagainya.

Penggunaan microsoft word dalam pembuatan hasil penelitian akan memudahkan Anda, khususnya dalam sitasi atau pengutipan yang menjadi bagian penting pada penulisan karya ilmiah di sekolah, universitas.

Untuk Mengecek Makalah, Laporan Pelajar dan Tugas

Tugas, makalah dan laporan yang dibuat oleh para murid bisa dicek oleh para guru dengan menggunakan aplikasi Word, khususnya yang dikumpulkan berupa soft file. Soft file yang umumnya dikirim dengan email bisa dicek apakah termasuk plagiat atau tidak.

Selain mengecek orisinalitas atau keaslian tugas, makalah dan laporan pelajar, fungsi dan kegunaan microsoft word bagi guru juga bisa mengecek struktur, jenis dan format yang digunakan apakah sudah sesuai dengan ketentuan dalam penulisan yang ditetapkan.

Untuk Mempercepat Pembagian Pelajaran

Penggunaan microsoft word juga bisa mempercepat pembagian pelajaran. Dengan menyimpannya ke dalam beberapa file, pelajaran bisa dibagi sesuai dengan tahap dan rencana pembelajaran.

Untuk Pembuatan Kegiatan Pelajar dan Agenda

Agenda dan kegiatan pelajar juga bisa dibuat dengan menggunakan microsoft word. Beragam fitur yang tersedia di dalamnya bisa digunakan untuk membuat format agenda dan kegiatan pelajar agar semakin menarik.

Fungsi dan kegunaan microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021 di dunia pendidikan terutama untuk pelajar sebenarnya cukup banyak, dimana salah satunya bisa memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Penggunaan microsoft office untuk para pelajar saat ini telah diperkenalkan sejak dini, bahkan sejak bangku sekolah dasar agar mereka telah mengenal fungsi microsoft word bagi pendidikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar