Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word dalam Perkantoran, Perusahaan dan Bisnis

Bagi Anda yang mempunyai pekerjaan dalam bentuk dokumen dalam sebuah komputer atau laptop, pasti Anda tidak asing lagi dengan menggunakan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Microsoft Office yang dapat membantu mengolah kata atau dokumen.

Keberadaannya semakin populer karena banyak fitur menarik yang diberikan seperti pemeriksaan ejaan, tata bahasa, format teks dan font, memiliki dukungan HTML, gambar, hingga bentuk letak halaman. Tidak heran jika kegunaan Microsoft Word bagi perkantoran menjadi aspek yang paling menonjol.

Oleh sebab itu, informasi kali ini akan membahas seputar fungsi Microsoft Word dalam perusahaan. Dengan begitu, Anda akan lebih paham jika keberadaan Microsoft Word sangat dibutuhkan bagi perusahaan, terutama mereka bergerak dalam bidang bisnis.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word di Dunia Pekerjaan, Perkantoran, Perusahaan dan Bisnis

Sebenarnya fungsi Microsoft Word bagi bisnis tidak hanya digunakan sebagai pembuatan dokumen saja atau mengolah kata saja. Kita masih bisa menggunakan fungsinya sebagai penghitung jumlah kata hingga mengoreksi kata yang tidak tepat.

Kegunaan Microsoft Word bagi perkantoran memang sudah umum sekali kita ketahui, namun selain dunia perkantoran ternyata perusahaan dan bisnis juga memerlukan penggunaan Microsoft Word. Oleh karena itu, inilah fungsi Microsoft Word bagi bisnis, perkantoran bahkan perusahaan antara lain:

Untuk Surat Menyurat, Seperti Surat Pindah Divisi atau Surat Pemberhentian

Tentunya setiap surat yang akan kita buat pasti membutuhkan keberadaan Ms Word. Aplikasi Microsoft Word ini sangat membantu dalam membuat bentuk surat menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Setelah selesai dibuat pun, masih bisa dilakukan koreksi ulang kembali.

Untuk Membuat Laporan Perusahaan dan Laporan Kerja

Bagi perusahaan untuk membuat laporan kerja dalam bentuk tulisan digital tentunya membutuhkan aplikasi ini. Microsoft Word sudah memberikan dukungan dengan banyak fitur yang bisa kita manfaatkan. Laporan kerja jauh semakin rapi dan tersusun dengan template yang sudah disediakan.

Untuk Membuat Dokumen Bisnis

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Word Dalam Perkantoran, Perusahaan Dan Bisnis 2022

Bagi bisnis tentunya menggunakan Ms Word ini sebagai pembuat dokumen bisnis. Dokumen yang umumnya mereka akan buat adalah memo, kontrak, invoice, dan statemen.

Untuk Membuat Dokumen Perencanaan Budget dan Proposal

Bos pasti selalu memberikan perintah kerja terkait pembuatan proposal dan perencanaan budget. Tenang saja, Microsoft Word sudah mampu menangani masalah tersebut.

Untuk Membuat Dokumen Formalitas seperti Resume

Bagi pekerja pasti diminat membuat resume sebagai bentuk dokumen pribadi. Ms.word mampu menjadi media dalam pembuatannya dengan template yang bervariasi dan masih bisa Anda lakukan edit ulang.

Untuk Membuat Formulir

Fungsi Microsoft Word dalam perusahaan selanjutnya bisa digunakan dalam pembuatan formulir. Semakin bervariasi fungsi dari aplikasi ini, sehingga bisa membantu mengerjakan pembuatan dokumen seperti formulir.

Untuk Membuat Material Promosi

Bagi karyawan pasti pernah mendapatkan perintah membuat material promosi oleh bos. Kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021.

Jauh lebih baik menggunakan Ms.Word dalam pembuatannya. Dengan alasan jika mendapat revisi dari atasan, maka akan lebih mudah melakukan perbaikannya.

Untuk Membuat Kartu Formal

Bagi karyawan yang ingin membuat kartu tanda pengenal, bisa dilakukan dengan Ms.word. Pembuatan kartu formal atau tanda pengenal ini bertujuan saling mengenal rekan kerja, rekan bisnis.

Bagi bisnis, pasti sudah terpikirkan memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis dalam menciptakan kartu undangan.

Kerja yang berkaitan dengan dokumen di kantor memang sudah populer menggunakan Microsoft Word yang diluncurkan oleh Microsoft Office. Poin fungsi dan kegunaan yang sudah disebutkan di atas pasti sedang dirasakan oleh Anda saat ini.

Masih banyak kegunaan Microsoft Word bagi perkantoran, semua kembali lagi bagi karyawan yang menggunakan aplikasi ini dalam hal tugas seperti apa. Banyak fitur yang ditawarkan di aplikasi yang bisa menunjang pembuatan dokumen semakin mudah dan bervariasi.

Adanya Microsoft Word bagi pekerja juga memudahkan membuat template dokumen yang seragam. Dokumen akan terlihat lebih rapi dan sama dari bentuk format dan teksnya, bahkan bisa lebih meminimalisir waktu pengerjaan jika sudah ada template yang sama dan hanya perlu edit sedikit saja.

Bagikan:

Tinggalkan komentar