Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word

Sebagai salah satu program komputer yang banyak dipakai, Aplikasi Microsoft Word sudah pasti mempunyai banyak kegunaan. Meski demikian, ternyata tidak semua orang tahu apa fungsi Microsoft Word itu. Lantas, fungsi apa sajakah yang dimaksud?

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word

Microsoft Word sejatinya memiliki berbagai kegunaan yang penting bagi banyak orang, baik pelajar, mahasiswa, hingga orang-orang kantoran. Berikut beberapa di antaranya.

Aplikasi untuk Mengolah Kata

Bicara mengenai kegunaan manfaat Microsoft Word, yang terlintas dalam benak kita tentu adalah suatu Aplikasi yang dipakai untuk mengolah kata. Dengan adanya Microsoft Word, kita dapat menuliskan beragam informasi dengan memasukkan kata-kata melalui masukan keyboard.

Ada berbagai versi dari program Aplikasi ini, baik dari Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021. Semuanya bisa digunakan untuk mengolah kata-kata menjadi sebuah tulisan dengan genre apa saja, baik naratif, dokumentatif, maupun jenis tulisan lainnya.

Aplikasi untuk Membuat Dokumen

Adapun fungsi Microsoft Word lainnya yang sudah pasti kita ketahui adalah untuk membuat berbagai dokumen penting yang akan digunakan dalam berbagai kesempatan. Kita mungkin membutuhkan suatu file laporan untuk pekerjaan, maka untuk memudahkan kita menuliskan laporan tersebut, kita akan menggunakan program pengolah kata yakni Ms Word.

Aplikasi untuk Mengedit Dokumen

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Word 2022

Anda mempunyai dokumen yang harus diedit sedemikian rupa? Tools Aplikasi dari Microsoft office yang satu ini bisa menjadi andalan. Bagaimana tidak, Microsoft Word sejatinya bisa dimanfaatkan untuk membuat, mengedit, hingga menyelesaikan berbagai dokumen penting.

Anda hanya perlu membuka file dokumen yang akan diedit, tuliskan kembali kata-kata yang sesuai, kemudian simpan sebelum di-print atau dikirimkan kembali ke pihak yang terkait. Terbilang sangat mudah, bukan?

Aplikasi untuk Menghias Dokumen

Microsoft Word juga mempunyai fungsi yang cukup besar dalam dunia pendidikan, bisnis, kehidupan masyarakat, bahkan dalam lingkup pekerjaan apapun. Buat Anda yang ingin menuliskan dokumen dengan hiasan menarik seperti poster atau leaflet, Microsoft Word bisa menjadi salah satu solusi.

Bagaimana tidak, Ms Word menyediakan beberapa template seperti watermark hingga border yang dapat membuat dokumen menjadi lebih berwarna dan tidak terkesan monoton. Meski terbilang sederhana, namun hiasan tersebut tetap menarik untuk digunakan.

Dapat Digunakan untuk Menggabungkan Dokumen

Adapun kegunaan manfaat Microsoft Word yang lain yakni untuk menggabungkan dua atau lebih dokumen menjadi satu. Fungsi ini mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, namun nyatanya sangat mungkin dilakukan.

Caranya pun sederhana, di mana Anda hanya perlu mengklik menu Insert, kemudian pilih tab Object dan klik Text from File. Pilih dokumen yang akan digabungkan, dan secara otomatis, dua dokumen tersebut akan menjadi satu file yang sama.

Membantu Melakukan Konversi Dokumen

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Word 2022

Microsoft Word memang memiliki fungsi yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bidang bisnis, pendidikan, hingga sosial. Termasuk di dalamnya sebagai pengubah format dokumen dari cetak ke digital atau dari format Word ke format dokumen lainnya.

Salah satu contohnya, Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk mengubah format .doc menjadi .pdf. Bagi Anda yang tengah melamar pekerjaan, fitur ini tentu saja sangat berguna sehingga Anda bisa mengirimkan dokumen yang diminta oleh perusahaan yang bersangkutan.

Demikian beberapa fungsi Microsoft Word yang sudah pasti harus Anda ketahui. Banyaknya fungsi dan kegunaan dari Aplikasi tersebut tentu menjadi salah satu penyebab mengapa Microsoft Word begitu banyak digunakan sampai saat ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar