Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Microsoft merupakan sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan dalam pengolahan data ataupun menggabungkan suatu data yang bentuknya dokumen atau teks. Seperti yang diketahui di setiap perangkat yang sebagian besar dimiliki masyarakat pasti akan menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Aplikasi yang satu ini memang sudah merajai bentuk pengolahan data yang ada di setiap perangkat.

Seiring berjalannya waktu meskipun saat ini teknologi sudah banyak yang berkembang dan banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menghasilkan Aplikasi yang bisa menguntungkan banyak orang dan menyaingi perusahaan Microsoft ini namun tetap saja Aplikasi yang satu ini tetap banyak dipilih masyarakat.

Kelebihan Menggunakan Microsoft Word

Banyaknya peminat pada perangkat lunak yang satu ini tidak memungkinkan Microsoft memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, simak informasinya di bawah ini.

Bisa digunakan untuk berbagai format dokumen atau teks

Keunggulan menggunakan Microsoft Word yang pertama adalah bisa digunakan untuk berbagai format dokumen yang berbentuk teks atau tulisan. Seperti yang diketahui dengan adanya perangkat lunak yang satu in bisa memungkinkan Anda untuk melakukan penulisan laporan atau bentuk dokumen lainnya dengan cara yang cepat dan efisien jika dibandingkan dengan cara manual. Bentuk dokumen yang Anda hasilkan juga nantinya akan sangat rapi.

Saling terkait dengan tipe Microsoft lainnya

Keunggulan selanjutnya adalah jika menggunakan Microsoft Word, dokumen yang Anda simpan juga akan selalu terkait dengan Microsoft jenis lainnya. Misalnya Anda akan menyalin dokumen yang ada di Microsoft Word ke ms Excel maka kedua Microsoft ini akan saling terhubung dan juga terdapat beberapa fitur sama yang bisa Anda gunakan di berbagai Microsoft jenis apapun itu tidak hanya pada ms Word.

Bisa dikolaborasi bersama tim

Selanjutnya kelebihan yang dimiliki adalah jenis perangkat lunak ini juga bisa dikolaborasi bersama dengan tim. Misalnya dalam pengerjaan suatu proyek, Anda bisa saling menggabungkan suatu dokumen di perangkat yang satu ini. Anda tidak perlu lagi menggunakan jenis perangkat lain hanya dengan menggunakan Microsoft Word Anda bisa menggabungkan beberapa dokumen dalam tim menjadi satu.

Anda bisa melihatnya di artikel: kolaborasi tim pada microsoft word.

Menyediakan template

Berbagai template mulai dari untuk pembuatan kalender, selebaran, resume, brosur atau template lainnya bisa Anda pilih hanya di Microsoft Word. Tanpa perlu menggunakan perangkat lunak lainnya namun hanya di Aplikasi ini Anda bisa menuliskan berbagai bentuk dokumen dengan format yang berbeda-beda dan warna yang menarik.

Anda bisa melihat halaman template-template menarik microsoft word.

Menampilkan informasi visual

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2022

Microsoft Word juga bisa menampilkan berbagai informasi visual yang sangat luar biasa memanjakan mata Anda. Tidak hanya dalam bentuk tulisan saja namun informasi yang bisa Anda tampilkan dengan Microsoft office yang satu ini yaitu dalam bentuk gambar atau berbagai warna visual menarik lainnya yang bisa Anda pilih di berbagai layanan fitur yang telah disediakan.

Penulisan dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi yang canggih

Penulisan sebuah teks secara manual di ms Word mungkin sudah sering Anda lakukan. Tahukah Anda ternyata untuk melakukan penulisan teks bisa menggunakan teknologi terbaru yang sangat canggih loh, Anda bisa menggunakan AI atau Artificial Intelligence yang memungkinkan mengubah suara menjadi sebuah tulisan. Jadi tanpa perlu repot mengetik, hanya dengan menggunakan perintah suara saja Microsoft Word akan melakukan penulisan tersebut.

Mendukung adanya add-ins

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2022

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan fitur add ins di aplikasi yang satu ini. Jadi adanya add ins ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan tulisan Anda dengan internet atau situs lainnya yang bisa ditambahkan untuk fitur add ins.

Bisa mengubah format dokumen menjadi PDF

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2022

Kelebihan selanjutnya dokumen yang telah Anda tulis juga dapat diubah formatnya ke bentuk PDF loh. Bentuk PDF merupakan salah satu format dokumen yang dinilai lebih aman jika akan dilakukan untuk proses cetak atau pembacaan di perangkat lain. Hal tersebut karena dengan bentuk format ini dokumen yang telah Anda tulis tidak akan berubah bentuk penulisannya walaupun dilihat di perangkat lainnya.

ebuah simbol atau rumus dalam matematika. Nah simbol dan penulisan rumus ini akan selalu bisa ditampilkan walaupun Anda akan menampilkannya di produk Microsoft yang lainnya.

Bentuk dokumen yang telah dihasilkan dapat ditampilkan di perangkat lain

Salah satu contoh kelebihan Microsoft Word adalah Anda bisa membuka dokumen yang Anda tulis di perangkat lainnya. Jadi penulisan dokumen dengan perangkat lunak yang satu ini tidak membatasi Anda untuk bisa dilihat di perangkat Anda saja namun di perangkat lain dengan Aplikasi yang sama juga bisa Anda lihat dengan tampilan yang sama persis.

Adanya fitur pengaman dokumen

Microsoft Word juga mengedepankan keamanan bagi para penggunanya. Kelebihan Word salah satunya adalah menyediakan fitur pengaman dokumen. Jadi jika Anda menulis sebuah dokumen penting yang menunjukkan keaslian terhadap tulisan Anda sendiri, Anda bisa melindungi tulisan Anda dengan penguncian pada dokumen sehingga ketika ada orang lain yang mencoba untuk membuka atau menyalin dokumen Anda dibutuhkan password yang harus ditulis untuk membukanya.

Bisa dicetak dengan berbagai format kertas yang tersedia pada mesin cetak

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2022

Tidak hanya pengolahan data dalam bentuk penulisan teks dokumen saja, namun hasil tulisan atau dokumen yang sudah Anda tulis juga dapat dicetak loh. Salah satu kelebihan Word adalah melakukan pencetakan dengan berbagai format kertas yang telah tersedia pada mesin pencetak. Bentuk kertas mulai dari A3, A4 hingga B3 dan B5 bisa Anda pilih untuk dicetak dan berbagai ukuran kertas lainnya.

Termasuk aplikasi yang selalu up to date

Kelebihan Word selanjutnya adalah aplikasi yang satu ini selalu up to date dalam memperbaiki bug yang berhubungan dengan kinerja sistem tersebut. Microsoft Word juga selalu up date dalam penambahan fitur yang ada yang bisa membantu dalam proses pengolahan data.

Kekurangan Menggunakan Microsoft Word

Beberapa kelebihan diatas juga diimbangi dengan beberapa kekurangan yang diantaranya adalah:

Adanya aplikasi berbayar

Salah satu kekurangan Word adalah aplikasi ini tersedia yang berbayar. Aplikasi yang satu ini memang menyediakan fitur yang gratis namun beberapa fitur premium hanya bisa Anda nikmati jika melakukan pembayaran pada aplikasi yang satu ini sehingga dapat dikatakan bahwa Anda tidak bisa menikmati fitur yang ada secara lengkap karena untuk bisa menggunakan fitur tertentu Anda harus menggunakan aplikasi yang berbayar.

Terdapat menu dan fitur yang cukup kompleks

Bagi beberapa orang, penulisan Microsoft Word mungkin memang cukup simpel yaitu hanya dengan diketik saja Anda bisa menghasilkan sebuah dokumen. Nyatanya untuk bisa mengoperasikan Microsoft Word ternyata membutuhkan keahlian khusus yang harus dipelajari loh. Hal tersebut karena jika diperhatikan sebenarnya Microsoft Word memiliki menu dan fitur yang cukup kompleks.

Dokumen dari format versi lama biasanya tidak didukung

Kekurangan Word selanjutnya adalah dokumen yang telah Anda tulis tidak didukung oleh Microsoft Word yang versi lama. Jadi jika Anda akan membuka dokumen Anda di perangkat lain dengan Microsoft versi lama maka biasanya dokumen Anda akan berantakan jika dibuka. Berbagai format dan penataan yang sudah Anda atur sedemikian rupa akan tetap berantakan jika dibuka di Microsoft versi lama.

Terkadang memiliki kinerja yang cukup berat

Contoh kekurangan Microsoft Word salah satunya adalah memiliki kinerja yang cukup berat walaupun hanya pengolahan data dalam bentuk dokumen saja. Jadi terkadang untuk beberapa perangkat, aplikasi yang satu ini akan cukup berat jika dijalankan.

Tidak mendukung OS versi lama

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa dokumen yang telah dihasilkan tidak didukung oleh Microsoft Word versi lama begitu juga dengan sistem operasinya. Jika perangkat Anda menggunakan OS Windows versi lama maka dokumen yang Anda tulis tidak bisa ditampilkan dengan baik.

Kapasitas penyimpanannya juga besar

Selanjutnya kekurangan Word itu sendiri adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Ketika Anda melakukan penulisan Word dengan adanya rumus atau simbol yang cukup banyak di depannya akan membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar.

Biasanya untuk pembeliannya disatukan dengan produk Microsoft lainnya

Ketika Anda akan melakukan pembelian pada perangkat lunak ini, kekurangan yang dimiliki yaitu biasanya Anda tidak bisa melakukan pembelian untuk satu jenis Microsoft saja namun Anda harus membeli paket bundel yang sudah disediakan oleh developer. Jadi Anda tidak bisa memilih beberapa produk karena Anda akan langsung membelinya produk ini dalam satu paket lengkap walaupun nantinya terdapat beberapa yang tidak digunakan.

Harus dipasang pada perangkat dengan spek yang bagus

Contoh kekurangan Microsoft Word selanjutnya adalah perangkat lunak yang satu ini biasanya bisa dipasang hanya di perangkat tertentu yang memiliki spesifikasi yang bagus saja. Hal tersebut karena jika dipasang di beberapa perangkat yang kurang bagus bisa memberatkan kerja sistem perangkat tersebut.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Microsoft Word, kurang lebih kelebihan dan kekurangan ini dimiliki oleh semua Microsoft Word baik itu Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021 atau versi terbaru lainnya. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Microsoft Word ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin dalam hal pengolahan data.

Bagikan:

Tinggalkan komentar