Manfaat Menggunakan Microsoft Word dalam Pendidikan: Bagi Guru dan Pelajar

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tidak pernah berhenti dan semakin maju pesat saat ini. Tidak jauh berbeda dengan dunia pendidikan, semakin berkembang teknologi maka dunia pendidikan juga ikut berkembang dan semakin modern.

Seperti halnya dalam proses pembelajaran bagi pelajar di sekolah, universitas. Perkembangan teknologi ini sangat baik untuk kemajuan bagi pelajar pendidikan di Indonesia.

Salah satu contohnya yaitu dalam penggunaan perangkat keras komputer. Sekarang, sejak Sekolah Dasar sudah diberikan mata pelajaran TIK. Dan hal tersebut dapat memberikan manfaat Microsoft Word bagi pelajar supaya mempermudah dalam pembelajaran. Microsoft office merupakan aplikasi yang akan sangat berguna untuk mengolah data, menghitung data dan lain sebagainya.

aplikasi pengolah kata atau Microsoft Word sampai hari ini sudah menjadi kebutuhan di bidang pendidikan. Karena Microsoft Word dapat mempermudah untuk pembelajaran sehingga memiliki manfaat menggunakan Microsoft Word bagi pendidikan.

Microsoft office yang masih sering digunakan yaitu Word. Manfaat penggunaan Microsoft Word bagi pendidikan yaitu dapat membantu dalam pengajaran dan menyediakan berbagai ilmu agar tidak monoton. Selain itu juga dapat membantu mengadministrasi dokumen agar terlihat lebih rapi dan mudah dicari.

Bagi mahasiswa, Microsoft Word merupakan sebuah pertolongan di tanah yang gersang.

Manfaat Menggunakan Microsoft Word di Dunia Pendidikan Bagi Pelajar

Di jaman yang serba digital ini, siapa si yang tidak mengetahui apa itu Microsoft Word? Microsoft Word ialah aplikasi pengolah kata yang biasa digunakan untuk mempermudah pengarsipan dokumen.

Sejak Ms Word diluncurkan sudah banyak versi yang muncul seperti Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021. Dan akan ada versi terbaru lainnya dengan fitur yang lebih baik.

Saat ini bahkan Microsoft Word menjadi salah satu yang masih berada dipuncak dalam kategori aplikasi Microsoft Word yang digunakan di komputer maupun laptop. Di sekolah, universitas Microsoft dapat memberikan bantuan.

Beberapa contoh manfaat Microsoft Word dalam dunia pendidikan, yaitu:

Membantu Menyelesaikan Tugas dengan Lebih Mudah

Semakin maju teknologi maka semuanya harus serba digital. Contoh dalam pembuatan tugas. Saat ini tidaklah sulit untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Anda sebagai siswa dapat dengan mudah menyelesaikan sebuah tugas dengan bantuan Ms Word.

Membantu Proses Pembuatan Karya Tulisan maupun Karya Ilmiah

Manfaat penggunaan Microsoft Word selanjutnya yaitu Anda dapat membuat karya tulis tanpa menulis tangan. Anda dapat mengerahkan semaksimal mungkin dalam pembuatan karya tulis yang menarik.

Membantu Proses Pengeditan Tugas dengan Lebih Cepat

Manfaat Microsoft Word bagi pelajar lainnya ialah jika dalam proses penulisan tangan, Anda harus menghapus atau mengganti tugas secara ulang. Maka ketika Anda menggunakan Microsoft Word ini, Anda tidak perlu menulis ulang. Cukup mengedit dengan cara mencari fiturnya dan Anda bisa mengedit tulisan Anda semau Anda.

Membantu Proses Menulis Lebih Cepat

Jika sebelum Anda menggunakan Microsoft Word Anda merasa terlalu banyak menyita waktu, maka saat ini Anda tidak perlu takut kehabisan waktu. Agar nulis jadi cepat, Anda hanya perlu menggunakan Microsoft Word.

Membantu Proses Pembuatan Tugas Lebih Cepat

Selain mempermudah, manfaat menggunakan Microsoft Word bagi pendidikan dan yang utama pelajar yaitu mempersingkat waktu pembuatan tugas yang akan Anda kerjakan.

Membantu Membenarkan Kesalahan Ejaan Ketika Menulis dalam Ms Word

Dalam membuat tulisan tentunya Anda pernah beberapa kali typo atau salah ejaan. Nah, penggunaan Microsoft tentunya dapat membantu Anda untuk mengganti ejaan yang salah.

Membantu Proses Hias Tugas Lebih Mudah

Anda diberikan tugas oleh sekolah maupun universitas Anda untuk menghias tugas? Tidak usah khawatir, Microsoft Word akan membantu Anda dalam menghias tugas Anda.

Berikut contoh manfaat Microsoft Word bagi pendidikan yang bisa Anda lihat.

Manfaat Menggunakan Microsoft Word di Dunia Pendidikan Bagi Guru

Saat ini Microsoft Word masih menjadi primadona untuk Guru. Dalam dunia pendidikan saat ini, tugas guru tidak hanya mengajar. Namun harus tetap mengembangkan kemampuannya.

Tidak hanya menjadi primadona bagi guru. Namun Microsoft Word sudah menjadi suatu kebutuhan melainkan banyak manfaat Microsoft Word bagi guru dalam metode pembelajaran.

Contoh manfaat Microsoft Word dalam dunia pendidikan yaitu membantu siswa dalam menulis cepat dan bagi guru untuk mempermudah pengarsipan nilai-nilai dari tugas yang ada.

Untuk lebih jelasnya lagi, Anda dapat melihat beberapa manfaat Microsoft Word bagi guru, yaitu:

Membantu Mempercepat Proses Cek Tugas

Bagi guru, aplikasi Microsoft Word sangat bermanfaat dalam proses pengecekan tugas. Terlebih biasanya yang diberikan tugas akan mengumpulkan secara bersamaan. Sehingga guru bisa secara cepat melakukan pengecekan pada tugas murid.

Membantu Pembuatan Laporan Agar Lebih Cepat Selesai

Tugas bagi guru saat ini tidak hanya mengajar. Ada lainnya yaitu sertifikasi kompetensi yang mengharuskan guru juga melakukan pembuatan laporan. Dengan deadline yang diberikan, aplikasi Microsoft Word ini dapat membantu guru untuk membuat laporan tersebut.

Membantu Dalam Hal Belajar Mengajar

Dalam pembelajaran saat ini sangat penting metode yang digunakan bagi mahasiswa. Terlebih semakin berkembang maka metode yang digunakan harus mengikuti jaman. Yang awalnya hanya menggunakan papan tulis dan kapur, sekarang menggunakan proyektor untuk menjelaskan pelajaran yang akan diajarkan. Hal tersebut bagi guru sangat membantu mempermudah.

Membantu Proses Pembuatan Referensi Hasil Penelitian dan Sitasi Lebih Cepat

Guru pun bisa saja menjadi murid yaitu saat berkuliah menjadi mahasiswa. Bagi mahasiswa, supaya dapat lulus dari universitas maka diharusnya membuat sitasi dan referensi hasil penelitian. Nah, Word ini dapat dengan mudah membantu Anda untuk membuatnya.

aplikasi Microsoft sendiri sudah dikenal hampir semua orang. Tentunya saat ini Microsoft Word akan sangat berguna untuk menyiapkan kegiatan pembelajaran dari awal persiapan sampai dengan tahap evaluasi kemudian membuat pelaporan tanggung jawab.

Jadi sepatutnya untuk para guru di setiap sekolah entah itu kota maupun desa diharuskan untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di Microsoft Word. Hal tersebut supaya nantinya tidak merepotkan dan memudahkan guru dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan dunia digital.

Dengan manfaat menggunakan Microsoft Word bagi pendidikan yang ada, karena dunia digital semakin masuk, maka diharapkan untuk pelajar dan guru dapat selalu mengikuti perkembangan jaman. Pelajari apa saja fitur-fitur yang ada di Microsoft agar nantinya bisa menggunakan dengan mudah tanpa bantuan orang lain. Terima kasih, semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar