Penyebab dan Cara mengatasi Microsoft Office Not Responding

Microsoft Office adalah program perangkat lunak yang tersedia dalam paket serta dikembangkan oleh Microsoft. Program tersebut dipergunakan untuk mengolah data baik tulisan, angka serta grafik. Program dari Ms Office paling sering digunakan yaitu Word, Excel, dan Power Point.

Ms Office termasuk program office populer dan mendominasi hingga sekarang karena kemudahannya dalam pembuatan serta pengeditan dokumen. Bahkan sekarang telah tersedia paket Office 365 dengan dukungan beragam paket, fitur, dan manfaatnya.

Maka tidak mengherankan jika berbagai program Ms Office sudah mulai diajarkan di berbagai jenjang pendidikan karena memang akan sangat sering digunakan dan ditemukan dalam kehidupan kalian sehari-hari.

Walaupun memiliki banyak manfaat namun terdapat beberapa pengguna yang terkadang menghadapi masalah saat membuka program salah satunya yaitu “not responding” sehingga tidak bisa melihat Microsoft office. Untuk lebih jelasnya maka simak informasi seputar penyebab dan cara mengatasinya.

Berbagai Penyebab Microsoft Office Tidak Bisa Dibuka

Kondisi dimana Ms Office mengalami kondisi not responding baik itu program Word, Excel, maupun PowerPoint akan terjadi disebabkan oleh beberapa hal. Penyebabnya seperti banyak program dibuka bersamaan, AutoCorrect tidak berfungsi, dan lainnya. Untuk itu simak informasi berikut ini.

Perangkat tidak sesuai spesifikasi

Ms Office sudah mengeluarkan banyak seri yang disesuaikan dengan Windows yang dipergunakan.  Sebagai contoh Windows 10 tidak bisa mendukung pengoperasian office 2007 dan office 2010. Maka sesuaikan penggunaan dari Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021.

Maka melihat apakah office yang kalian gunakan memang bisa beroperasi di perangkat atau tidak bisa memakai Microsoft office. Maka sesuaikanlah office dengan Windows-nya.

Kondisi perangkat kepanasan

Terlalu lama menggunakan perangkat seperti laptop nyatanya memiliki banyak dampak namun sayangnya masih disepelekan. Dampaknya bisa berpengaruh pada performa pada laptop secara keseluruhan termasuk saat mengoperasikan Ms Office yang menjadi terkendala dan tidak maksimal.

Kondisi ini disebabkan karena laptop yang digunakan tidak dilakukan perawatan secara berkala. Kemudian perawatan yang tidak baik menyebabkannya sering panas bahkan dapat mati total.

Penyimpanan internal penuh

Saat kalian menyimpan file maupun menginstall aplikasi ternyata mengakibatkan ruang penyimpanan menjadi penuh. Maka kalian tidak akan bisa menyimpan file ataupun data lagi karena habisnya ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu saja saat ruang penyimpanan sudah hampir penuh akan berdampak pada kinerjanya dan berakibat dengan tidak bisa memakai Microsoft office.

Microsoft Office Galat

Penyebab lainnya yaitu Ms Office galat jadi sebanyak apapun kalian berusaha membukanya maka akan mengalami gagal terus menerus. Bahkan salah satu tandanya saat membukanya akan keluar tulisan “not responding”.

Kesalahan ini umumnya terjadi karena pihak Ms Office yang sedang mengalami gangguan ketika akan dioperasikan.

Belum diupdate

Demi kenyamanan para penggunanya tentu saja Ms Office selalu melakukan perbaikan dengan mengeluarkan versi terbarunya. Bisa jadi versi yang kalian gunakan terlalu lama sehingga menyebabkan kinerjanya sangat lambat dan ketika dioperasikan sering tidak merespons.

Bahkan lebih parahnya tidak bisa menggunakan Microsoft office karena aplikasi tadi benar-benar tidak mau berjalan. Hal ini karena ada beberapa fitur mau bekerja setelah program diperbarui.

Masalah Cache & Cookie

Permasalahan ada cache dan cookie tidak hanya memberikan dampak ketika kalian menggunakan web browser saja namun juga Microsoft Office. Intinya permasalahan keduanya sama-sama menimbulkan sampah yang dibiarkan akan membuat tidak bisa memakai Microsoft office.

Maka lihat kembali apakah selama ini kalian sudah rajin menghapusnya atau belum. Jika belum segera hapus dan rasakan perbedaannya karena program dapat berjalan dengan lebih lancar.

Add-ins error

Add-ins merupakan suatu program tambahan yang bisa diinstall untuk memperluas kemampuan dari Ms Office Word caranya dengan memberikan penambahan pada perintah kustom serta fitur khusus.

Jika kalian menambahkan perintah tersebut dan ternyata Add-ins error maka berpengaruh pada tidak bisa menggunakan Microsoft office khususnya program yang menggunakan add-ins yang tidak merespons ketika dioperasikan.

Menggunakan aplikasi bajakan

Untuk mendapatkan Ms Office versi aslinya terkadang memerlukan uang yang tidak sedikit dan banyak yang menggunakan versi bajakannya. Penggunaan versi bajakan selain merugikan pihak Microsoft nyatanya juga merugikan diri kalian sendiri.

Aplikasi bajakan tentu saja tidak seoptimal versi asli. Jadi selama digunakan bukan tidak mungkin akan menimbulkan berbagai macam masalah bahkan tidak bisa digunakan.

Terkena serangan virus

Ketika laptop atau perangkat yang digunakan sering mengunduh file dari situs yang berbahaya maupun sering memakai flashdisk banyak orang bukan tidak mungkin perangkat akan rentan terkena serangan virus.

Virus tersebut akan menyebabkan kinerja perangkat menurun drastis bahkan saat membuka program dari Ms Office akan mengalami kendala.

Cara Mudah Mengatasi Microsoft Office Tidak Bisa Dibuka

Tentu saja setelah mengetahui informasi perihal berbagai penyebab Microsoft Office bermasalah sehingga tidak berjalan dengan baik maka hal lain yang diperlukan yaitu solusinya. Untuk informasi lebih jelasnya berikut adalah solusinya.

Pastikan perangkat memiliki spesifikasi yang diperlukan

Untuk kalian yang merasa jika Windows yang dipergunakan terlalu lama maka segera update ke versi terbarunya. Namun versi terbaru tidak sesuai untuk seluruh perangkat dan hanya perangkat terbaru yang bisa mengoperasikannya.

Maka carilah perangkat yang memiliki spesifikasi sesuai dengan apa yang kalian butuhkan. Jika memiliki dana lebih tidak ada salahnya mengupgrade perangkat ke versi terbaru.

Mulai ulang perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Ketika permasalahan not responding dialami setelah melakukan update Ms Office atau Windows maka besar kemungkinan jika komponen program atau service yang tidak berjalan baik. Maka kalian perlu untuk melakukan restart perangkat setelah melakukan update sistem maupun program terinstall.

Kendati versi Microsoft Windows terbaru tidak membutuhkan restart akan tetapi beberapa program bawaan maupun program ketiga masih memerlukannya agar sistem berjalan optimal.

Jalankan Ms Office pada Run as Administration

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Saat Windows yang digunakan terbaru namun program yang digunakan lama maka kalian perlu melakukan run as administration. Model administrasi tersebut perlu dijalankan agar program dalam hal ini Ms Office bisa berjalan maksimal dengan mengeksekusi banyak perintah yang ada.

Update aplikasi Ms Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Ms Office selalu memberikan pemberitahuan maka kalian perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk melakukan pembaruan secara otomatis.  Pembaruan cukup mudah dilakukan, Windows 10 hanya perlu masuk ke pengaturan dan masuk ke menu pengaturan & pembaruan saja.

Scan virus dengan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Kinerja Ms Office yang lama merupakan salah satu indikasi jika terdapat banyak virus pada perangkat. Tidak perlu repot mengunduh pemindai virus di luar sana yang belum terjamin keamanannya karena Windows menyediakan layanan scan virus bawaan yang dapat dimanfaatkan.

Terdapat tiga pilihan pemindahan yaitu cepat, penuh, dan custom. Untuk custom kalian bisa memilih   program atau lokasi tertentu yang ingin dipindai.

Paksa Berhenti Ms Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Kondisi dimana program Microsoft Office tidak merespon untuk waktu yang lama bisa disebabkan karena banyak hal seperti berkurangnya resource, konflik aplikasi maupun hardware, terdapat bug, dan lainnya.

Jika kondisi seperti itu maka berhenti paksa program seperti mengklik pintasan Alt + F4 pada keyboard. Nantinya program akan berhenti setelah itu tunggu beberapa saat baru diaktifkan kembali.

Beri izin fitur di Microsoft Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Beberapa fitur di Ms Office tidak bisa berjalan karena tidak memiliki izin beroperasi pada perangkat kalian. Maka periksa kembali apakah ada izin fitur yang belum kalian setuju semuanya, jika belum semuanya maka segera berikan izin.

Tujuan dari pemberian izin tadi yaitu ketika program digunakan permasalahan Microsoft Office tidak merespon dapat teratasi karena tidak terkendala masalah perizinan fitur tersebut.

Install aplikasi pendukung untuk aplikasi Windows

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika Windows memiliki sistem keterbukaan yang artinya memberikan peluang untuk pengembang dalam menciptakan aplikasi yang berguna untuk mendukung kinerja dari Windows.

Beberapa aplikasi pendukung yang bisa kalian install seperti net framework, DirectX, dan Microsoft Visual Credits. Pastinya berbagai program pendukung tadi aman digunakan dan bisa meningkatkan kinerja dari Windows.

Update Driver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Update driver memiliki kegunaan untuk menyesuaikan pada perubahan yang terjadi di aplikasi mana pun terutama pada sistem operasi Windows. Nantinya saat pembaruan dilakukan kalian memperoleh pembayaran berupa bug fix, patch, fitur, dan driver terjamin tetap kompatibel.

Maka tidak mengherankan setelah dilakukan update driver maka berbagai program yang ada di Ms Office bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Beri izin Ms Office di firewall

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Memberikan perlindungan menggunakan aplikasi antivirus nyatanya belum cukup. Pastikan juga kalian mempunyai aplikasi firewall untuk perlindungan virus dari jaringan.  Untuk kalian pengguna program rumahan ataupun yang lain dengan skala kecil tidak membutuhkan perlindungan yang kompleks.

Windows mempunyai personal firewall bawaan yang dapat dimanfaatkan yaitu Windows Defender. Cukup aktifkan saja maka perangkat akan terlindungi dengan lebih maksimal.

Hapus add-ins Microsoft Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Add-ins memberikan fitur opsional ataupun perintah untuk Microsoft Office. Tentunya dari sekian banyak add-ins kalian hanya bisa menginstall salah satunya saja. Jika sudah menginstalnya namun merasa program sering bermasalah maka sebaiknya hapus saja.

Walaupun begitu penghapusan add-ins bisa berdampak pada program tidak bisa menjalankan perintah tertentu yang sebelumnya tersedia dikarenakan hilangnya add-ins.

Hapus data aplikasi di Microsoft Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Penggunaan berbagai macam program Ms Office tentu akan menghasilkan banyak data aplikasi dan ini sering tidak disadari oleh para pengguna. Jika program sudah mulai sulit merespon maka lakukan penghapusan data.

Penghapusan tadi bisa melalui control panel maupun menggunakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk melakukan penghapusan data tersebut.

Hapus data di penyimpanan perangkat

Penyimpanan perangkat yang lega tentu membuat kalian bisa lebih banyak dalam mendownload media ataupun aplikasi serta membuat program yang ada berjalan dengan lebih lancar.

Maka bagi kalian yang merasa sering menggunakan program dan mengunduh banyak aplikasi segera lakukan penghapusan data.

Pakai perintah sfc /scannow pada command prompt

System file checker (sfc) yang ada di Command Prompt guna memeriksa file sistem yang mengalami masalah. Jadi ketika terdapat sistem corrupt yang mengakibatkan Ms Office “not responding” dan tidak bisa melihat Microsoft office maka bisa segera diperbaiki.

Anda bisa melakukannya dengan mengikuti berikut ini:

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022
  1. Buka CMD dengan cara tekan di keyboard tombol windows +R kemudian ketik perintah CMD.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022
  1. Dan ketik perintah sfc /scannow.

Aktifkan fitur repair Microsoft Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Saat ms word dan Excel tidak bisa berfungsi baik maka menghidupkan ulang serta melakukan perbaikan pada masalah akan menjadi solusinya. Maka dari itu kalian bisa mengaktifkan fitur repair yang tersedia.

Setelah diaktifkan dan dilakukan perbaikan, maka jangan lupa setelah selesai matikan dan nyalakan kembali computer.

Menggunakan Aplikasi Untuk Restore Aplikasi Windows

Terkadang terdapat suatu kondisi dimana dokumen ataupun file Microsoft Excel ataupun Word tidak bisa dibuka. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan file jadi corrupt seperti infeksi virus, ketidakcocokan antara format versi microsoft office yang digunakan.

Aplikasi Windows terkadang terhapus sehingga tidak bisa lagi digunakan dengan baik. Maka kalian perlu melakukan perbaikan pada Windows serta file instalasi maupun data terkait. Pemulihan dapat dilakukan dengan bantuan pihak ketiga maupun system restore dari Windows,

Anda bisa menggunakan Data recovery Software.

Menggunakan Aplikasi Untuk Perbaiki file word yang rusak

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Anda juga bisa menggunakan aplikasi repair file word yang rusak ketika microsoft office sedang mengalami not responding.

Anda bisa mendownload di halaman aplikasi repair file word.

Jika memangm asih tidak bisa alangkah baiknya menggunakan pihak ketiga seperti Google Docs.

Install ulang aplikasi versi asli

Terkadang entah karena alasan apapun kalian menggunakan aplikasi bajakan dan tanpa disadari bukannya untung malah sebaliknya. Maka untuk kalian yang menggunakan aplikasi bajakan sebaiknya hapus dan lakukan install ulang untuk aplikasi versi aslinya.

Walaupun harus membayar lebih mahal namun akan sesuai dengan apa yang akan kalian dapatkan nantinya. Sehingga permasalahan Microsoft Office tidak bisa dibuka lebih jarang terjadi.

Belilah Lisensi Ms Office

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding 2022

Saat mengoperasikan Ms Office dan mengalami gangguan ataupun tidak merespon maka bisa jadi kalian tidak mempunyai lisensi yang diperlukan guna mengaktifkan layanan yang dibutuhkan.

Salah satu solusinya yaitu kalian bisa melakukan penambahan pada lisensi dengan menghubungi pihak Microsoft untuk membelinya.

Anda bisa mendapatkan original resmi di halaman office 365 dan office terbaru.

Melapor ke CS

Melapor ke customer service salah satunya dengan mengunjungi website support Microsoft melalui chat. Tidak hanya itu saja kalian bisa menghubungi layanan dari Microsoft Store dan juga melalui social media.

Jadi untuk melapor ke CS ada banyak caranya, namun jika ingin lebih jelas kalian hubungi saja layanan Microsoft Store. Nantinya kalian dapat berkomunikasi secara langsung dengan jawaban yang lebih jelas.

Itulah informasi yang bisa kalian ketahui perihal penyebab kenapa Microsoft Office tidak merespon serta cara mengatasi Microsoft Office tidak bisa dibuka. Tentu saja untuk mengetahui apa penyebabnya kalian harus melakukan pengecekan satu per satu.

Jangan asal dalam menetapkan kesalahan karena akan berdampak pada kesalahan penanggulangannya.  Sebaiknya ketika menggunakan berbagai program dari Microsoft Office gunakanlah yang asli.

Dampaknya ketika nanti terjadi kondisi Microsoft Office gangguan kalian akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan dibandingkan jika kalian membeli versi bajakannya. Memang jika membeli bajakan akan untuk di awal namun pada akhirnya akan sangat menyusahkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar