Penyebab dan Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed

Kita mengetahui bahwa aplikasi Microsoft Office sekarang ini sudah menjadi bagian penting dalam beragam aktivitas harian masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan dan untuk pekerjaan.

Salah satu program yang ada pada Office ini adalah Ms Word dimana program ini sangat diperlukan untuk membuat atau mengedit dokumen secara digital. Dalam beberapa aplikasinya, Microsoft memang menyediakan berbagai fitur yang menarik.

Terlepas dari beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Microsoft, namun tak berarti aplikasi Office ini tak mempunyai kendala error sama sekali. Hal itu karena tak sedikit pengguna yang kerap menjumpai masalah dalam penggunaannya.

Penyebab Microsoft Word Product Activation Failed

Salah satu permasalahan yang kerap dialami adalah munculnya keterangan product activation failed di title bar. Sebenarnya dalam penggunaan aplikasi efeknya tak terlalu berpengaruh, namun jika dibiarkan akan terus muncul dan sangat mengganggu.

Beberapa fitur pada Ms Word juga tak dapat digunakan, seperti microsoft word tidak bisa di menyimpan format pdf yang akan menyulitkan Anda. Fitur save as pdf adalah salah satu fitur yang kerap digunakan, file word tidak bisa jadi pdf tentu membuat Anda pusing.

Penyebab munculnya keterangan product activation failed ini dikarenakan aplikasi Office belum diaktivasi. Maka dari itu muncul sebuah peringatan agar Anda segera mengaktivasi aplikasi. Ada juga sebab lain, berikut beberapa penyebabnya.

Jam Windows Salah atau Belum Disesuaikan

Mungkin saja waktu atau jam pada laptop atau komputer Windows Anda tak sesuai, hingga membuat aktivasi aplikasi Office termasuk Word mengalami kegagalan. Hal ini kerap terjadi khususnya pada komputer publik yang jarang disetting waktunya.

Jaringan Internet tidak stabil

Beberapa program aktivasi microsoft word memerlukan internet agar terhubung dengan server microsoft word.

Jika jaringan internet anda tidak stabil dapat mengaktifkan kesalahan sistem dalam membaca lisensi anda, dengan begitu maka aktivasi microsoft word menjadi gagal.

Microsoft Word Galat

Jika anda mengalami aktivasi microsoft word gagal ada kemungkinan microsoft word sedang mengalami galat.

Galat-nya program aplikasi microsoft word bisa terjadi secara tiba-tiba.

Microsoft Word Masih Belum Diaktivasi Lisensi Resmi

Selain harus membeli aplikasi Office, Microsoft juga menyediakan versi uji coba aplikasi gratis selama 30 hari. Pada tenggat waktu tersebut, kemungkinan ada pesan unlicensed product yang muncul ketika Anda menggunakannya.

Hal ini memang tak dapat dipungkiri, sebab Anda hanya menggunakan versi trial dari Microsoft. Anda juga tak menggunakan beragam fitur yang tersedia seperti microsoft word tidak bisa di menyimpan format pdf yang mungkin sangat dibutuhkan.

Memakai Aplikasi Microsoft Word Illegal atau Bajakan

Microsoft Word digunakan untuk mengolah dan menyimpan dokumen. Akan tetapi, karena biaya langganan cukup tinggi, beberapa orang memilih memakai program Word bajakan dengan crack.

Menggunakan program Office bajakan tak hanya berbahaya bagi data-data Anda, namun juga berisiko merusak laptop atau komputer Anda. Tak hanya itu, hal ini juga dapat berujung dengan masalah hukum sebab pembajakan merupakan pelanggaran hak cipta.

Menggunakan Aplikasi Toolkit Microsoft

Selain menggunakan crack, beberapa orang juga menggunakan aplikasi toolkit Microsoft, semacam keygen untuk mendapatkan lisensi palsu. Tentu hal ini merupakan tindakan untuk melakukan aktivasi secara ilegal sehingga tak disarankan untuk Anda lakukan.

Mungkin cara satu ini membuat Anda tertarik karena Word tidak bisa save as pdf dimana Anda sebenarnya sangat membutuhkan program Word yang sudah diaktivasi dengan fitur untuk menyimpan dokumen pdf tersebut.

Menggunakan Lisensi Gratisan yang Diunduh di Internet

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa untuk bisa menggunakan aplikasi Office pengguna harus mempunyai lisensi resmi. Hal ini berarti bila Anda tak mempunyainya atau masa penggunaannya sudah habis maka pesan unlicensed product akan muncul.

Harga lisensi yang cukup tinggi tergantung dari jenis lisensi dan penggunaannya membuat sebagian orang beralih menggunakan lisensi gratisan di internet. Mereka menggunakan Office bajakan dengan lisensi palsu karena tak sanggup untuk membeli lisensinya.

Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed

Berikut ini beberapa cara mengatasi Ms Word product activation failed

Sesuaikan Waktu dan Tanggal Windows dengan Benar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed 2022

Solusi pertama adalah menyesuaikan tanggal dan waktu pada perangkat Windows Anda. pastikan aplikasi Microsoft Office sudah diclose lalu buka “Setting”, pilih “Time & Language”.

Pilih “Date & Time” pada tab bagian kiri, lalu cari “Set time zone automatically”, untuk mengaktfikan geser ke kanan. Untuk lebih efektif, Anda bisa merestart perangkat sebelum kembali membuka aplikasi Office.

Install Kembali Microsoft Word dengan Aplikasi yang Original

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed 2022

Anda juga bisa menginstall ulang program Word dengan menyiapkan file mentah Office. Anda bisa menggunakan DVD Office (pembelian langsung), atau dengan download di internet.

Setelah aktivasi Office, Anda bisa menggunakan beragam fitur yang tersedia termasuk fitur yang mungkin belum bisa digunakan sebelumnya seperti microsoft word tidak bisa di menyimpan format pdf atau word tidak bisa save as pdf.

Anda bisa download untuk office 365 dan office terbaru original resmi.

Pakai Tools OSPPRearm

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed 2022

Untuk memperpanjang masa trial Office, Anda juga bisa menggunakan tools bawaan Windows yaitu OSPPRearm yang letaknya ada di C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office atau C:\Program Files\Microsoft Office\Office.

Pilih OSPPRearm, double click dan tunggu sampai selesai. Restart komputer kemudian Anda bisa membuka kembali aplikasi Office-nya.

Gunakan Lisensi Microsoft yang Ori

Anda pun harus memastikan untuk menggunakan lisensi microsoft asli. Untuk saat ini lisensi microsoft asli bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau, termasuk bundling pembelian laptop atau komputer yang sudah include Windows original.

Anda bisa mendapatkannya untuk office 365 dan office terbaru original resmi.

Lapor ke Customer Service Microsoft

Bila Anda telah mencoba semua tips pada artikel kali ini dan masih membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi atau lapor ke CS support Microsoft untuk kendala pada microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021 terbaru.

Anda bisa melaporkan Microsoft Word Product Activation Failed melalui customer service microsoft.

Demikian pembahasan tentang penyebab munculnya pesan product activation failed pada program Word dan cara untuk mengatasinya. Terimakasih dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar