Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As PDF

Microsoft Word pada posisi yang paling umum dan mayoritas digunakan, sebab manfaat dari aplikasinya sangat banyak. Manfaat yang bisa kita rasakan secara langsung adalah mampu membuat makalah, laporan, dan bahkan bisa menghitung jumlah kata.

Banyak variasi Ms Word yang digunakan yaitu Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021. Kendala yang sering muncul adalah Word tidak bisa save as pdf. Hal ini pasti terasa mengganggu sekali bagi pengguna.

Penyebab Microsoft Word Tidak Bisa Save As PDF

Jika Anda mengalami hal yang serupa yaitu Microsoft Word tidak bisa di menyimpan format pdf, maka Anda perlu mengetahui penyebab yang terjadi. Inilah penyebab yang membuat Ms Word tidak bisa di save as dalam bentuk pdf, yaitu :

Aplikasi dari Microsoft Word Alami Galat

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah tanpa Anda sadari jika aplikasi yang Anda miliki memang sudah galat. Galat sendiri adalah aplikasi tidak bisa berjalan dengan benar sesuai dengan perintah yang diberikan.

Masih Gunakan Microsoft Word Dengan Versi Lama

Microsoft Word memang mempunyai banyak versi. Versi yang lama bisa saja menjadi penyebab file Word tidak bisa jadi pdf. Hal tersebut bisa terjadi karena versi lama memang tidak mendukung proses penyimpanan dalam bentuk yang lain.

Belum Install Add-in Microsoft Save As Bentuk PDF

Tidak semuanya serba praktis dan otomatis jika belum dilakukan setting dari awal. Jika Microsoft Office belum diinstall add-in, maka aplikasi belum bisa mendukung proses penyimpanan bentuk pdf.

Apakah penyebab masalah Anda masuk dalam poin-poin di atas tersebut? Jika memang iya, sudah dipastikan memang Word tidak bisa save as pdf. Tidak perlu cemas dan khawatir, ada solusi untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As PDF

Informasi selanjutnya terkait cara mengatasi masalah file Word yang tidak bisa diubah menjadi pdf. Anda bisa mencoba cara ini, sebagian besar cara ini merupakan cara yang umum dilakukan oleh mayoritas orang dan memang berhasil.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu :

Pastikan Memakai Lisensi Microsoft Office 365 Asli

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As Pdf 2022

Pastikan jika Anda memang sudah menggunakan Microsoft Office yang mempunyai lisensi asli.

Lisensi yang ilegal tidak didukung secara langsung oleh tim microsoft sendiri, jadi memang sering terjadi ada fitur yang tidak ada di microsoft office ilegal.

Maka ada kemungkinan jika fitur save as PDF tidak ada karena microsoft word yang anda gunakan adalah ilegal.

Anda perlu menggunakan microsoft office, terutama office 365 original karena fitur save as PDF telah didukung oleh microsoft.

Anda bisa mendapatkan original resmi di halaman office 365 dan office terbaru.

Paksa Berhenti Aplikasi Microsoft Word, Lalu Buka Kembali Aplikasinya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As Pdf 2022

Cara pertama yang paling dasar untuk bisa Anda coba adalah memaksa berhenti kerja dari aplikasi Microsoft Word. Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu jika sudah melakukan save pada dokumen Anda yang terbuka saat ini.

Jika sudah dipastikan dokumen tersimpan, maka Anda baru boleh melakukan cara tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari dokumen yang telah kita buat menghilang. Setelah paksa berhenti, tunggu beberapa menit dan kembali buka aplikasi untuk menjalankannya.

Anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+Alt+Del kemudian pilih taks manager dan pilih microsoft word lalu tekan tombol end taks.

Coba Restart Perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As Pdf 2022

Masih mengalami Microsoft Word tidak bisa di menyimpan format pdf, Anda bisa mencoba cara lain yaitu mematikan dan menyalakan ulang kembali perangkat Anda. Cara ini bisa diterapkan agar perangkat berjalan mulai dari awal kembali.

Lakukan Install Add-in Microsoft Save as PDF Jika Menggunakan Microsoft Word 2007

Untuk Anda yang menggunakan microsoft word 2007, anda perlu memasang add-ins Microsoft save as PDF.

Hal ini karena add-ins save as PDF tidak ada di microsft word 2007 karena microsoft telah memberhentikan dukungan layanannya kepada microsoft word 2007.

Link untuk bisa mendapatkan add-ins tersebut, maka Anda bisa download: Microsoft-Office-Add-in-Microsoft-Save-as-PDF

Pakai Aplikasi dan Tools Convert Microsoft Word ke PDF

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save As Pdf 2022

Anda juga bisa memakai atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung atau memiliki tools convert Microsoft Word ke PDF. Aplikasi ini bisa mendukung dan membantu Anda untuk mengatasi masalah Word tidak bisa save as pdf.

Anda bisa menginstallnya di halaman aplikasi pdf ke word.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda untuk membantu mengatasi masalah Microsoft Word tidak bisa di menyimpan format pdf. Anda bisa mencoba cara ini pada aplikasi Microsoft Word Anda yang sedang bermasalah.

Cara ini merupakan cara umum yang banyak digunakan orang-orang jika mengalami kesulitan dalam menyimpan bentuk pdf. Gunakan aplikasi dengan lisensi asli sudah paling aman dalam menjalankan Microsoft Word yang baik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar