Penyebab dan Cara Mengatasi Microsoft Word Unlicensed Product

Microsoft Office adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk membuat serta mengedit dokumen. Dalam aplikasi Office terdapat beberapa program dengan fungsi yang berbeda-beda, seperti Word, Excel dan PowerPoint.

Penyebab Kenapa Microsoft Word Unlicensed Product

Pesan Microsoft Word unlicensed product pada program Office kerap muncul saat Anda tak mempunyai lisensi resmi atau ada kemungkinan program mengalami bugs/error.

Walaupun tak berpengaruh pada kinerja program, namun bila Anda tak mengatasinya maka kemungkinan Office tak bisa digunakan oleh Anda dengan maksimal.

Masa Trial telah Habis

Selain harus membeli lisensinya, pihak Microsoft juga menyediakan versi uji coba aplikasi secara gratis selama 30 hari. Pada tenggat waktu tersebut, mungkin pesan unlicensed product bisa muncul ketika Anda menggunakannya.

Hal ini memang tak dapat dipungkiri karena Anda hanya memakai versi trial dari Microsoft, dimana masa trialnya sudah habis.

Lisensi Microsoft Terhapus Secara Tidak Sengaja

Anda yang mungkin gemar mengotak-atik komputer dan mengubah setting, ada kemungkinan lisensi Microsoft terhapus secara tidak sengaja. Untuk menghilangkan pesan Microsoft Word unlicensed product Anda harus memasukkan lisensi Office kembali.

Menggunakan Microsoft Word Illegal atau Bajakan

Untuk beberapa kalangan harga lisensi Office asli dianggap terlalu tinggi. Oleh sebab itu mereka lebih memilih untuk memakai ms word bajakan. Saat terkoneksi dengan internet, Word bajakan ini pun akan ketahuan dan memunculkan pesan unlicensed product.

Mendownload Lisensi Microsoft Word Gratisan

Tak sedikit pengguna laptop atau komputer sudah mengetahui bahwa dalam penggunaan aplikasi Office maka diharuskan memiliki lisensi resmi. Namun karena lisensi resmi harganya cukup tinggi, menggunakan lisensi ms word gratisan dari internet banyak pula dipilih.

Hal ini berarti Anda tak memiliki lisensi resmi sehingga pesan unlicensed product nantinya akan muncul saat Anda menggunakan salah satu program Office.

Jam Windows Salah atau Tidak Sesuai

Sekalipun hal ini tampak sederhana, namun jika pengaturan jam atau Date & Time pada Windows tidak benar maka bisa menimbulkan kegagalan aktivasi Office. Tak hanya itu, kesalahan pengaturan ini juga membuat Microsoft Store tak dapat dibuka.

Microsoft Word Terinfeksi Virus

Sekalipun Anda mempunyai lisensi Office resmi, alasan kenapa microsoft word unlicensed product masih muncul saat membuka salah satu program, maka kemungkinan hal ini dikarenakan adanya masalah pada program itu sendiri.

Hal ini mungkin disebabkan oleh bug atau error sejenisnya, atau bisa juga aplikasi Office terkena virus. Guna memperbaikinya, Anda perlu mengupdate aplikasi atau melakukan repair pada aplikasi Office.

Cara Mengatasi Microsoft Word Unlicensed Product

Sebenarnya cara memakai Microsoft word unlicensed product hanya perlu memasukkan kembali lisensinya agar bisa digunakan kembali. Namun pada beberapa kasus tertentu, pesan itu tetap muncul sekalipun Anda sudah memasukkan kode lisensinya.

Sesuaikan Waktu dan Tanggal Windows dengan Benar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Unlicensed Product 2022

Cara mengatasi word unlicensed product pertama adalah cek pengaturan tanggal dan waktu pada laptop atau komputer Anda. Sesuaikan tanggal dan waktu Windows dengan hari ini.

Sekalipun tampak sederhana, namun bila pengaturan tanggal dan waktu tidak benar maka kemungkinan aktivasi Office nantinya gagal. Kesalahan pada pengaturan ini juga bisa menjadi penyebab Microsoft Store tidak bisa dibuka.

Untuk menyesuaikan tanggal dan waktu agar sesuai dengan zona waktu lokal Anda, pertama pastikan sudah menutup semua program Office. Klik menu Settings, pilih Time & Language. Pilih tab Date & Time, aktifkan Set time automatically & Set time zone automatically, restart.

Pakai Microsoft Word Versi 365 yang Ori

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Unlicensed Product 2022

Microsoft word versi 365 merupakan layanan berlangganan yang mempunyai produktivitas terbaru dari Microsoft. Microsoft 365 juga mencakup program Office selain Word seperti Excel dan PowerPoint.

Tersedia Microsoft 365 versi paket untuk penggunaan pribadi dan rumah, lalu bisnis kecil dan menengah, perusahaan besar, sekolah serta nirlaba. Anda bisa memilih pembayaran langganan bulanan atau tahunan.

Anda bisa mendapatkan original resmi di halaman office 365 dan office terbaru.

Install Kembali Aplikasi Ms Word dengan yang Ori

Untuk mengatasi Microsoft Word unlicensed product juga bisa dengan install ulang program tersebut dengan lisensi asli atau original. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa untuk menggunakan program Office memerlukan lisensi resmi agar bisa optimal.

Bila Anda tak mempunyai lisensi asli maka Anda akan menjumpai beragam pesan error saat program dijalankan, termasuk unlicensed product. Sekalipun tak mempengaruhi kinerja program, namun pesan yang muncul bisa mengganggu beberapa kalangan pengguna.

Gunakan Tool OSPPRearm

Penyebab Dan Cara Mengatasi Microsoft Word Unlicensed Product 2022

Cara memakai Microsoft word unlicensed product adalah menggunakan tools bawaan Windows, OSPPRearm. Tools ini tersedia di di C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office atau C:\Program Files\Microsoft Office\Office.

Double click OSPPRearm, tunggu sampai selesai. Restart laptop atau komputer lalu buka kembali program Office-nya. Fungsi tools ini sendiri adalah untuk memperpanjang masa Trial Microsoft Office.

Buat Laporan ke Customer Service Microsoft

Bila Anda telah mencoba semua cara mengatasi Office unlicensed product yang ada pada artikel ini dan masih membutuhkan bantuan maka Anda bisa menghubungi support Microsoft untuk dukungan aplikasi Office.

Anda bisa melaporkan Microsoft Word Unlicensed Product melalui customer service microsoft.

Ada berbagai alasan kenapa microsoft word unlicensed product muncul ketika digunakan. Salah satunya adalah Anda tak mempunyai lisensi resmi. Tak hanya itu, mungkin Anda juga memakai versi trial ataupun ada bug/error pada program.

Dengan mencoba melakukan beberapa cara mengatasi microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021 unlicensed product, semoga permasalahan yang kerap terjadi pada program Office Anda dapat teratasi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar