Cara Memperbaiki this modification is not allowed because the selection is locked

Tekkun

Kebanyakan orang akan mengalami masalah ketika mereka mencoba untuk melakukan sesuatu pada aplikasi Microsoft Word, terutama ketika mereka mendapatkan pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`. Pesan error ini bisa sangat menjengkelkan dan membuat anda stres.

Beberapa penyebab kenapa pesan error muncul:

  • Spesifikasi perangkat anda tidak sesuai
  • Perangkat Kepanasan
  • Aplikasi Microsoft Word sedang mengalami galat
  • Aplikasi Microsoft Word anda belum diupdate
  • Data aplikasi Microsoft Word anda menumpuk
  • Memori internal penuh
  • Memakai aplikasi Microsoft Word bajakan
  • Cache dan cookie rusak
  • Terkena virus

Cara Mengatasi this modification is not allowed because the selection is locked

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi pesan error ini dan kembali bekerja dengan lancar di Microsoft Word.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` di aplikasi Microsoft Word secara efektif dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk mengatasi masalah ini.

Pastikan terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word mendukung perangkat anda

Sebelum memulai menggunakan aplikasi Microsoft Word, pastikan anda telah memeriksa apakah versi yang anda gunakan mendukung dengan perangkat yang anda miliki.

Biasanya, pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` muncul jika anda menggunakan aplikasi Microsoft Word yang tidak sesuai dengan versi atau perangkat yang anda miliki. Jadi, pastikan anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Word yang kompatibel dengan perangkat anda.

Pastikan anda telah menggunakan aplikasi Microsoft Word yang resmi

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Seringkali, pengguna tidak menyadari bahwa mereka sedang menggunakan aplikasi Microsoft Word palsu atau tidak resmi, sehingga masalah corrupt dan rusak muncul saat mereka berusaha untuk mengetik.

Jadi, pastikan bahwa anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Microsoft Word dari sumber resmi agar tidak ada masalah gangguan hari ini atau tiba-tiba tidak bisa diakses lagi.

Anda bisa mendownload original resmi di halaman office 365 dan office terbaru.

Jalankan aplikasi di Run As Administration

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Saat meluncurkan aplikasi Microsoft Word, cobalah untuk meluncurkannya dalam mode administrasi. Mode administrasi memberi hak lebih besar pada pengguna untuk mengakses fitur dan fungsi tertentu dalam aplikasi tersebut, sehingga mereka bisa bebas melakukan modifikasi tanpa adanya pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`.

Paksa Berhenti Aplikasi Microsoft Word kemudian Buka Kembali

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Jika cara di atas belum berhasil memecahkan masalah yang Anda hadapi maka Anda harus memaksa berhenti (force quit) aplikasi Microsoft Word lalu buka kembali (restart). Hal ini biasanya dilakukan ketika file word sedang bermasalah hari ini sehingga gagal terus dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Paksaan berhenti (force quit) ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa melanjutkan pekerjaannya tanpa masalah lagi.

Ijinkan aplikasi Microsoft Word

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Apabila Anda menemukan pesan error “This modification is not allowed because the selection is locked” saat mencoba menggunakan Microsoft Word, ada baiknya untuk memastikan bahwa aplikasi ini diizinkan oleh Windows.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuka Pengendali Kebijakan Perangkat Keras dan kemudian memilih “Allow applications to take exclusive control of this device”. Jika opsi ini telah dicentang, uncheck-lah dan klik OK. Setelah itu, cobalah lagi untuk menggunakan Microsoft Word.

Perbarui aplikasi Microsoft Word

Jika masalah terus berlanjut setelah Anda mengizinkan aplikasi Microsoft Word, maka ada baiknya untuk memperbarui aplikasi ini. Biasanya, sistem operasi Windows secara otomatis akan melakukan pembaruan untuk semua perangkat lunak yang terinstal di komputer Anda.

Namun, jika pembaruan belum dilakukan atau belum selesai, maka cara termudah untuk melakukannya adalah dengan masuk ke menu Setting > Update & Security > Windows Update dan klik tombol Check for Updates.

Restart Perangkat

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Jika masalah masih berlanjut setelah Anda melakukan pembaruan perangkat lunak, maka langkah selanjutnya adalah merestart perangkat Anda. Mereset perangkat kerap kali menyelesaikan masalah yang terkait dengan program tertentu atau masalah sistem yang sedang berlangsung. Untuk mereset perangkat Anda, matikan dulu komputer Anda dan biarkan selama beberapa detik agar suhu komponen dalam perangkat kembali normal. Kemudian nyalakan lagi dan coba gunakan Microsoft Word lagi untuk melihat apakah masalah sudah terselesaikan atau tidak.

Scan Antivirus

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Ketika anda sedang mengalami gangguan saat menggunakan Microsoft Word, maka ada baiknya juga untuk memeriksanya secara manual dengan antivirus. Antivirus seringkali dapat mendeteksi virus atau malware yang tersimpan di folder sistem Windows yang mungkin merusak file program dan fitur aplikasi tertentu.

Untuk melakukannya, buka antivirus Anda dan pastikan semua folder system Windows dicek satu persatu agar semua virus yang berada di dalamnya dapat terdeteksi dan dihapus sebelum mereka dapat merusak file program lainnya.

Install Aplikasi Pendukung Net Framework, DirectX, dan Microsoft Visual Credits

Ketika anda mencoba membuka aplikasi Microsoft Word namun gagal dan menampilkan pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini. Salah satunya adalah dengan menginstall aplikasi pendukung net framework, DirectX, dan Microsoft Visual C++.

Instalasi ini akan membantu Microsoft word berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa versi terbaru dari net framework, DirectX, dan Microsoft Visual C++ sudah terinstall pada komputer Anda.

Update Driver Anda

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Selain instalasi aplikasi pendukung net framework, DirectX, dan Microsoft Visual C++, cara lain untuk mengatasi pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` di aplikasi Microsoft word adalah dengan melakukan update driver anda.

Jika driver komputer anda rusak atau bermasalah maka hal ini bisa menyebabkan gangguan saat mencoba menggunakan Microsoft word. Oleh karena itu pastikan untuk selalu melakukan update driver terbaru agar Microsoft word dapat berjalan dengan lancar tanpa corrupt.

Nonaktifkan Antivirus

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Jika Anda sedang mengalami masalah saat mencoba menggunakan Microsoft word dengan pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` maka Anda harus nonaktifkan antivirus yang sedang berjalan di komputer anda.

Banyak antivirus yang berjalan di background dapat memberikan tanda-tanda gangguan saat anda mencoba membuka atau memodifikasi file di aplikasi Microsoft word sehingga hal ini bisa membuatnya tidak bisa diakses atau digunakan.

Untuk itulah jangan lupa untuk nonaktifkan antivirus terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi Microsoft word agar masalah tidak muncul kembali.

Izinkan Aplikasi di Pengaturan Firewall

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

izinkan aplikasi Microsoft word pada pengaturan firewall jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik ketika sedang mencoba menggunakannya. Seringkali firewall dapat memblokir akses ke beberapa fitur atau fungsi tertentu dalam aplikasi sehingga hal ini bisa menyebabkan masalah saat ingin masuk atau memodifikasinya.

Dengan demikian pastikan untuk selalu melihat pengaturannya dan izinkan aplikasinya agar tidak terjadi lagi gangguan hari ini ketika anda ingin masuk atau merubah dokumen di Microsoft word.

Gunakan Aplikasi Repair Khusus Microsoft Word

Ketika anda mengalami masalah dengan aplikasi Microsoft Word dan pesan error “This modification is not allowed because the selection is locked” muncul, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan aplikasi repair khusus Microsoft Word.

Aplikasi ini dapat membantu anda menemukan dan memperbaiki masalah yang ada pada file Word, sehingga anda dapat kembali menggunakannya tanpa gangguan. Aplikasi repair khusus Microsoft Word juga dapat memastikan bahwa semua fitur Microsoft Word berfungsi dengan baik dan bebas dari corrupt atau rusak.

Berikut adalah aplikasi untuk memperbaiki dokumen word yang rusak.

Gunakan Fitur Repair Dari Microsoft Word

Selain menggunakan aplikasi repair khusus Microsoft Word, anda juga bisa mencoba fitur repair yang tersedia di Microsoft Word sendiri. Fitur ini akan memeriksa apakah file Anda telah rusak atau tidak, lalu akan melakukan perbaikan secara otomatis untuk memastikan bahwa file tersebut tidak bermasalah.

Hal ini akan memastikan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang masalah jadi tidak bisa mengetik lagi dan tetap bisa diakses oleh pengguna lain.

Nonaktifkan Power Setting Saver Baterai

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Jika anda mengalami gangguan hari ini dan tidak bisa masuk ke Microsoft word, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan non-aktifkan power setting saver baterai di komputer anda.

Pada setting sistem Windows, pastikan untuk non-aktifkan power saving mode saver baterai agar performanya tetap stabil dan Anda tidak terganggu oleh masalah lagi gangguan hari ini.

Non-Aktifkan Hyper-V

Terakhir, cara lain untuk memastikan agar anda tetap bisa digunakan secara efisien adalah dengan non-aktifkan Hyper-V di komputer anda. Dengan cara ini, anda akan tetap aman dari gagal terus saat sedang berinteraksi dengan Microsoft word dan pastikan file yang bermasalah hari ini sudah berhasil digunakan kembali tanpa masalah.

Gunakan Fitur Compatibility mode

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Solusi yang paling efektif untuk mengatasi pesan error “This modification is not allowed because the selection is locked” di Microsoft Word adalah dengan menggunakan fitur compatibility mode. Fitur ini dapat membantu Anda membuka file yang telah corrupt atau rusak sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan melihat perbedaan tampilan antara dokumen yang dibuka dengan cara kompatibilitas dan biasa. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan file Word dengan versi terbaru meskipun file tersebut telah bermasalah. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mencegah gagalnya proses mengetik di Microsoft Word ketika Anda ingin mengedit dokumen.

Hapus data pada memori internal anda

Salah satu cara untuk mengatasi pesan error “This modification is not allowed because the selection is locked” di Microsoft Word adalah dengan membersihkan data pada memori internal anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan Sistem, kemudian pilih Penyimpanan dan hapus semua data yang tersimpan di folder temporer atau cache anda.

Selain itu, cobalah untuk me-refresh ulang sistem operasi anda agar sistem tetap berjalan dengan baik. Setelah itu cobalah untuk melakukan boot ulang komputer/laptop anda agar aplikasi Microsoft word bisa berjalan normal tanpa gangguan hari ini.

Hapus Cache di laptop-PC

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Ketika anda sedang mengalami masalah saat mencoba menggunakan Microsoft word dengan pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`, salah satu solusinya adalah dengan membersihkan cache di laptop-PC anda. Hal ini penting karena beberapa kali terjadi bahwa file yang tersimpan dalam cache tidak bisa diakses atau tidak bisa masuk ke aplikasi Microsoft word.

Oleh karena itu, hapus semua file yang tersimpan dalam folder temporer atau cache dan lihat apakah masalah telah terselesaikan atau belum. Jika masalah masih belum terselesaikan, maka cobalah untuk me-refresh ulang sistem operasi anda dan boot ulang komputer/laptop anda agar aplikasi Microsoft word bisa berjalan normal tanpa lagi gangguan hari ini.

Gunakan Perintah Sfc /scannow

Cara lain untuk mengatasi pesan error “This modification is not allowed because the selection is locked” di Microsoft Word adalah dengan menggunakan perintah SFC /Scannow. Perintah ini berfungsi untuk memindai dan memperbaiki kerusakan system files Windows secara otomatis sehingga program-program lainnya tidak bermasalah hari ini.

Perintah SFC /Scannow juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada software yang tidak bisa digunakan atau gagal terus-menerus saat digunakan. Jadi jika anda merasa aplikasi Microsoft Word anda tidak bisa digunakan atau gagal terus menerus, cobalah gunakan perintahan SFC /Scannow untuk memperbaiki semua masalahan yang mungkin ada pada program tersebut.

Jika Anda mengalami aplikasi yang tidak dapat Anda buka anda bisa menggunakan perintah “sfc /scannow, perintah ini memungkinkan anda untuk mengetahui data pada aplikasi tersebut rusak dan akan diperbaiki seperti diinstall ulang.

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023
  1. Untuk melakukan hal ini maka anda buka CMD dengan cara tekan di keyboard tombol windows +R kemudian ketik perintah CMD.
Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023
  1. Dan ketik perintah sfc /scannow.

Atur Permission Administrator pada Aplikasi Microsoft Word

ika anda mengalami masalah saat mencoba menggunakan aplikasi Microsoft Word, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perubahan pada permission administrator.

Perubahan ini dapat dilakukan dengan cara membuka Control Panel dan kemudian memilih “System and Security”. Pilih “Administrative Tools” dan klik “Local Security Policy”. Setelah itu, cari “Local Policies” dan klik “User Rights Assignment”.

Anda akan melihat daftar policy yang tersedia, pilihlah yang sesuai dengan pesan error yang muncul pada aplikasi Microsoft Word. Kemudian ubah setting permission administrator tersebut dan restart aplikasi Microsoft Word.

Pastikan Windows Service Berjalan

Jika langkah pertama di atas tidak berhasil, maka cobalah untuk memastikan bahwa semua service windows berjalan dengan benar. Caranya adalah dengan membuka Run (Windows + R) lalu ketik “services.msc” tanpa tanda petik.

Maka akan muncul jendela baru berisi daftar service windows yang berjalan di PC Anda. Cek apakah semua service berjalan dengan benar atau tidak. Jika ada service yang rusak atau tidak berjalan maka perlu segera diperbaiki atau direstart agar dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word kembali tanpa gangguan.

Ganti Value FilterAdministrator Token

Selain dari langkah-langkah di atas, Anda juga dapat mengubah value FilterAdministrator Token untuk memperbaiki masalah ini.

Caranya adalah dengan membuka Registry Editor (Windows + R) lalu ketik “regedit” tanpa tanda petik dan tekan enter untuk membukanya. Kemudian navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\GPExtensions\{827D319E-6EAC-11D2-A4EA-00C04F79F83A} dan ubah value FilterAdministratorToken menjadi 1 bukan 0. Setelah itu restart PC Anda untuk menerapkan perubahan tersebut dan coba lagi gunakan aplikasi Microsoft Word tanpa gangguan hari ini.

Install Ulang Aplikasi Microsoft Word

Jika semua langkah di atas gagal dilakukan maka Anda harus melakukan instal ulang aplikasi Microsoft Word tersebut agar pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` tidak lagi muncul saat digunakan nanti.

Pastikan anda telah mendownload versi terbaru dari aplikasi Microsoft word sebelum melakukan proses install ulang agar fitur yang baru telah dimiliki oleh versi terbaru ini bisa Anda manfaatkan secara maksimal setelahnya nanti.

Gunakan Sistem Restore bawaan Windows

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Microsoft Word dapat mengalami corrupt atau rusak sehingga anda tidak bisa mengetik. Hal ini disebabkan oleh berbagai gangguan yang terjadi hari ini, yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa diakses dan masuk ke dalam sistem. Anda juga mungkin mengalami lagi gangguan ketika bermasalah hari ini, gagal terus-menerus untuk digunakan dan tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba menggunakan sistem restore bawaan Windows. Sistem restore ini akan memulihkan semua konfigurasi asli yang ada pada komputer anda. Ini akan membantu anda dengan mudah untuk memperbaiki Microsoft Word dan menghilangkan pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`.

Untuk menggunakannya anda bisa ketik di pencarian windows Recovery -> pilih Recovery -> dan pilih Open System Restore. Selengkapnya cara gunakan sistem restore windows.

Upgrade Perangkat laptop (PC) anda

Untuk mengatasi masalah Microsoft word yang bermasalah hari ini, anda juga dapat melakukan upgrade pada perangkat laptop (PC) anda. Upgrade ini akan memastikan bahwa komponen hardware perangkat keras komputer anda telah diperbarui dan mendukung semua versi Microsoft Word yang tersedia saat ini.

Upgrade juga dapat memastikan bahwa sistem operasi komputer anda telah diperbarui dan bekerja dengan baik dengan semua versi Microsoft Word. Dengan melakukan upgrade secara periodik, anda dapat mencegah gangguan yang terjadi pada Microsoft word sehingga anda dapat menggunakannya dengan lancar tanpa harus mengalami pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`.

Lapor ke layanan CS Aplikasi Microsoft Word

Cara Memperbaiki This Modification Is Not Allowed Because The Selection Is Locked 2023

Jika cara di atas belum berhasil memecahkan masalah Microsoft word yang sedang bermasalah, maka anda harus melapor ke layanan Customer Service (CS) Aplikasi Microsoft Word. Layanan CS Aplikasi Microsoft Word merupakan saluran resmi untuk mendapatkan bantuan profesional tentang masalah teknis apapun yang dialami oleh pengguna Microsoft Word.

Mereka akan memberikan solusi terbaik bagaimana caranya agar Microsoft word dapat bekerja normal tanpa harus mengalami pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked`. Dengan cara ini, maka proses troubleshooting lebih cepat dan mudah dilakukan sehingga Microsoft word dapat bekerja dengan normal tanpa harus dipusingkan oleh pesan error `this modification is not allowed because the selection is locked` lagi.

Itulah bagaimana cara mengatasi word yang rusak dan corrupt, semoga dengan beberapa tips di atas dapat mengatasi Microsoft word yang error maupun dokumen word.

Catatan:
Solusi untuk masalah ini bisa anda terapkan di merk hp xiaomi, oppo, vivo, samsung, sony, lg, nokia, htc, oneplus, zte, mito, advan, realme, infinix dan merk hp lainnya

0%