Penyebab dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar

Tekkun

Belanja dan membeli barang online di Tokopedia sekarang sudah menjadi aktivitas yang semakin populer di kalangan masyarakat. Tokopedia telah berkembang dengan cepat sebagai platform Belanja online yang dapat diandalkan. Namun, ada beberapa masalah yang bisa terjadi ketika anda menggunakannya untuk melakukan pembayaran online. Banyak orang yang merasa frustrasi ketika mereka tidak bisa melakukan pembayaran atau transaksi secara efektif di Tokopedia.

Cara Mengatasi Tokopedia tidak bisa bayar

Beberapa penyebab kenapa anda tidak bisa bayar di Tokopedia diantaranya karena Memanfaatkan promosi melebihi batas penggunaan promosi per individu dan/atau adanya kesesuaian identitas dengan pembeli lain, Nomor telepon tidak cocok atau tidak beroperasi, Memiliki transaksi yang masih dalam proses, Jumlah pembayaran tidak akurat, Hanya metode pembayaran tertentu yang tersedia, menggunakan promosi yang hanya valid untuk metode pembayaran tertentu, Penggunaan kartu kredit melampaui batas yang diizinkan, terdapat indikasi manipulasi dalam transaksi, melanggar peraturan dan ketentuan Tokopedia, Anda telah dilarang aksesnya ke platform Tokopedia, Perangkat yang Anda gunakan tidak kompatibel, Aplikasi Tokopedia yang Anda download bukan dari sumber yang terpercaya, Server sedang dalam kondisi tidak stabil, Koneksi internet yang Anda gunakan kurang baik, Aplikasi Tokopedia sedang mengalami gangguan, Menggunakan versi modifikasi dari aplikasi Tokopedia, Aplikasi Tokopedia belum mendapatkan pembaruan terbaru, Data di dalam aplikasi Tokopedia telah terakumulasi, Data di peramban Anda telah terakumulasi, Cache dan cookie menyebabkan masalah, File yang jarang digunakan menumpuk, Anda mungkin sedang dalam mode pengembang di perangkat Anda, Aplikasi Tokopedia diblokir oleh penyedia layanan WIFI, Terdapat virus di perangkat Anda. Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah panduan bagaimana cara mengatasi ketika Tokopedia tidak bisa bayar.

Pastikan server Tokopedia Stabil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Untuk melakukan pembayaran dengan di Tokopedia, pastikan terlebih dahulu server Tokopedia stabil. Hal ini penting agar transaksi online anda lancar dan tidak ada gangguan. Anda bisa cek informasi tentang server Tokopedia melalui website resminya ataupun lewat aplikasi yang sudah terinstall di smartphone anda. Apabila server bermasalah, maka anda tidak akan bisa melakukan transaksi atau pembayaran dengan kartu kredit. Oleh sebab itu, sebelum melakukan Belanja atau membeli barang online menggunakan bank, debit, kartu kredit di Tokopedia, pastikan terlebih dahulu bahwa server Tokopedia sedang stabil dan tidak bermasalah.

Pastikan saldo di bank anda mencukupi

Ketika anda berBelanja dan membayar barang secara online di Tokopedia, pastikan bahwa anda memiliki saldo yang cukup dalam rekening bank anda. Karena jika tidak, maka transaksi tidak akan berhasil. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memeriksa saldo di bank sebelum melakukan pembayaran. Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengalami masalah tidak bisa bayar saat berBelanja dan membeli barang secara online di Tokopedia.

Pastikan transfer tidak di jam offline bank

Ketika berBelanja atau membeli barang online di Tokopedia, pastikan bahwa anda tidak melakukan transfer pada jam offline. Hal ini karena jam offline adalah saat sistem bank sedang mengalami gangguan dan hal ini dapat membuat transaksi anda gagal. Pastikan untuk selalu mengecek jam offline sebelum melakukan pembayaran dengan bank, debit atau kartu kredit agar tidak mengalami masalah yang berhubungan dengan transfer. Pengecekan jam offline juga bisa dilakukan melalui website bank dan informasi lainnya. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi akan tidak bisa beli, tidak bisa transaksi, tidak bisa bayar barang, tidak bisa bayar produk, tidak bisa membayar barang Belanjaan, tidak bisa Belanja, ataupun tidak dapat melakukan pembayaran di Tokopedia. Selain itu anda juga tida perlu khawatir lagi akan gangguan hari ini, lagi gangguan, bermasalah hari ini, gagal terus dan lain sebagainya ketika berBelanja dan membeli barang online di Tokopedia.

Pastikan akun bank atau kartu kredit anda tidak diblokir

Kedua, pastikan akun bank atau kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran belum diblokir oleh pihak bank. Jika akun atau kartu kredit telah diblokir, maka transaksi tidak akan berhasil. Pastikan untuk mengecek kembali status akun atau kartu kredit tersebut sebelum melakukan pembayaran. Ini adalah langkah penting lainnya yang harus dilakukan ketika mengalami masalah tidak bisa bayar saat berBelanja dan membeli barang secara online di Tokopedia.

Pastikan Toko Tidak dalam Keadaan Tertutup Saat Melakukan Transaksi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Ketika melakukan transaksi Belanja atau membeli barang dan produk di Tokopedia, pastikan bahwa toko yang Anda akses tidak tertutup. Hal ini bisa terjadi ketika toko online tiba-tiba menutup karena berbagai alasan seperti masalah teknis. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan bisa melakukan transaksi dan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan toko yang Anda akses tetap buka sehingga anda dapat melanjutkan proses pembayaran secara normal.

Dan berikut cara menutup aplikasi secara paksa.

Pastikan Barang atau Produk yang Dibeli Tidak dalam Keadaan Habis

Selain mengecek apabila toko online tetap buka, Anda juga harus memastikan bahwa barang atau produk yang Anda ingin beli tidak dalam keadaan habis stoknya. Ini penting untuk diperhatikan karena jika stok sudah habis maka anda tidak akan bisa melakukan transaksi dan pembayaran di Tokopedia. Jadi, pastikan barang atau produk yang anda beli tersedia dan siap untuk dibeli sehingga anda dapat dengan mudah melakukan proses pembayaran tanpa adanya gangguan.

Pastikan Jika Menggunakan Kartu Kredit, Kartu Kredit Anda Tidak Melebihi Batas Limit

Jika anda memilih untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa limit kartu kredit anda tidak melebihi batas limit yang telah ditentukan oleh bank atau lembaga keuangan tempat anda mendapatkan kartu kredit. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar anda tidak mengalami masalah ketika melakukan transaksi di Tokopedia dan juga untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh orang lain dengan menggunakan informasi tentang limit kartu kredit anda.

Pastikan Nominal Pembayaran Sesuai dengan Jumlah Belanja Yang Dibeli

Setelah melengkapi data-data pribadi dan informasi tentang nomor rekening bank dan jenis kartu debit atau kredit, pastikan bahwa nominal pembayaran sesuai dengan jumlah Belanja yang dibeli. Hal ini penting untuk diperhatikan agar anda tidak salah memasukkan nominal pembayaran dan juga untuk memastikan bahwa saldo rekening bank atau limit kartu debit/kredit cukup untuk melunasi biaya Belanja yang telah anda lalui di Tokopedia. Dengan demikian, proses pembayaran pun akan berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Pastikan Tidak Menggunakan Promo yang Mengharuskan Untuk Menggunakan Metode Pembayaran Tertentu

Ketika anda berBelanja online di Tokopedia, pastikan anda tidak menggunakan promo yang mengharuskan untuk menggunakan metode pembayaran tertentu. Hal ini dapat membuat anda gagal melakukan transaksi dan pembayaran karena sistem akan membatalkan transaksi jika metode pembayaran yang dipilih tidak sesuai dengan syarat promo. Jika anda terlanjur menggunakan promo yang seperti itu, maka pastikan untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan syaratnya agar transaksi dan pembayaran dapat berhasil dilakukan.

Pastikan Barang atau Produk yang Dibeli Tidak Mengharuskan Untuk Menggunakan Metode Pembayaran Tertentu

Beberapa barang atau produk di Tokopedia mungkin membutuhkan metode pembayaran tertentu sebagai syarat utama untuk bisa melakukan pembelian. Jadi pastikan untuk memastikan barang atau produk yang hendak dibeli tidak membutuhkan metode pembayaran tertentu agar tidak mengalami masalah ketika melakukan transaksi dan pembayaran. Jika ternyata harus menggunakan metode pembayaran tertentu, pastikan untuk memastikannya terlebih dahulu sebelum melakukan proses beli atau bayar agar tidak ada gangguan saat proses berlangsung.

Pastikan Akun Anda Tidak Dibanned Oleh Tokopedia

Jika anda sering gagal melakukan transaksi atau pembayaran di Tokopedia, maka pastikan akun anda tidak dibanned oleh Tokopedia karena alasannya bisa beragam. Biasanya akun akan dibanned jika ada kecurangan atau kegiatannya yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Pastikan untuk memeriksa hal ini terlebih dahulu sebelum melaksankn kembali proses beli dan bayar di Tokopedia agar tidka mengalami gangguan lagi.

Buat Akun Baru Anda Dengan Data Diri Baru Jika Terkena Banned

Ketika anda berBelanja dan membeli produk secara online di Tokopedia, terkadang kita bisa mengalami masalah tidak bisa bayar. Hal ini dapat terjadi ketika akun anda telah dibanned oleh Tokopedia. Maka untuk mengatasinya, solusi yang paling efektif adalah dengan cara membuat akun baru dengan data diri baru seperti nama, nomor telepon, alamat email dan lainnya. Dengan cara ini, anda dapat membuat akun baru dan melanjutkan proses Belanja atau pembelian produk secara online di Tokopedia.

Paksa Berhenti Aplikasi Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Masalah tidak bisa bayar juga bisa terjadi ketika aplikasi Tokopedia yang anda gunakan mengalami gangguan. Untuk mengatasinya, solusi yang paling efektif adalah dengan cara melakukan paksaan berhenti kepada aplikasi tersebut lalu buka kembali. Caranya cukup mudah yakni dengan cara tekan tombol power atau volume down pada perangkat anda sampai muncul menu ‘Force Stop’ lalu tekan tombol yes/ok untuk memastikan agar proses force stop berhasil dilakukan. Setelah itu buka ulang aplikasi Tokopedia yang telah di force stop tadi dan lanjutkan proses Belanja atau pembelian produk secara online di Tokopedia.

Dan berikut cara menutup aplikasi secara paksa.

Restart Perangkat Yang Anda Pakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Selain menggunakan cara force stop tadi, masalah tidak bisa bayar juga bisa terjadi ketika perangkat yang anda gunakan mengalami gangguan. Untuk mengatasinya, solusi yang paling efektif adalah dengan cara melakukan restart kepada perangkat yang anda gunakan. Caranya cukup mudah yakni dengan cara tekan tombol power atau volume down sampai muncul menu restart lalu tekan tombol yes/ok untuk memastikan agar proses restart berhasil dilakukan. Setelah itu buka ulang aplikasi Tokopedia dan lanjutkan proses Belanja atau pembelian produk secara online di Tokopedia.

Update Browser Yang Anda Pakai Untuk Membuka Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Selain menggunakan cara restart tadi, masalah tidak bisa bayar juga bisa terjadi ketika browser yang anda gunakan untuk membuka Tokopedia sudah usang dan perlu diupdate versinya. Untuk mengatasinya, solusi yang paling efektif adalah dengan cara melakukan update kepada browser yang anda gunakan.

Scan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Ketika anda mengalami masalah tidak bisa bayar saat melakukan transaksi online di Tokopedia, hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan melakukan scan antivirus. Dengan scan antivirus, maka komputer atau laptop yang anda gunakan akan terdeteksi apakah ada virus atau malware yang dapat menggangu proses pembayaran online. Jika ada virus atau malware yang ditemukan, segeralah hapus agar proses pembayaran online dapat berjalan dengan lancar.

Update Aplikasi Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Jika anda sudah melakukan scan antivirus namun masih tetap mengalami masalah tidak bisa bayar saat melakukan transaksi online di Tokopedia, selanjutnya anda harus memperhatikan versi aplikasi Tokopedia yang anda gunakan. Pastikan versi aplikasi Tokopedia anda telah di update ke versi terbaru, karena jika versi aplikasi Tokopedia belum terupdate maka sistem pembayaran online tidak akan berfungsi dengan baik.

Dan berikut cara update aplikasi di hp.

Ijinkan Fitur yang ada di Aplikasi Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Selain itu, pastikan fitur-fitur yang ada di aplikasi Tokopedia telah diizinkan untuk digunakan. Banyak fitur-fitur yang harus disetujui oleh pengguna untuk dapat bekerja dengan baik dan salah satunya adalah fitur pembayaran online. Jadi pastikan semua fitur-fitur tersebut telah diizinkan agar proses pembayaran online dapat berjalan dengan lancar.

Dan berikut cara ijinkan aplikasi.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Jika masih belum juga bisa bayar saat melakukan transaksi online di Tokopedia, coba tukarkan jaringan internet anda ke jaringan lain seperti Wifi publik atau hotspot wifi lainnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jaringan internet yang anda gunakan saat ini stabil dan dapat digunakan untuk proses pembayaran online.

Hapus Data Aplikasi Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Cobalah hapus data aplikasi Tokopedia yang sudah tersimpan di perangkat anda. Hal ini penting dilakukan karena data-data yang tersimpan bisa menghambat proses pembayaran online dan memberikan gangguan ketika ingin membeli barang dan produk secara online melalui Tokopedia. Setelah semua data berhasil dihapus, silahkan buka kembali aplikasinya dan coba lagi proses pembayaran onlinenya agar transaksinya berjalan lancar tanpa gangguan.

Dan berikut cara menghapus data aplikasi di hp.

Hapus Data Browser yang anda Pakai untuk Membuka Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Kebanyakan kasus ketika tidak bisa melakukan pembayaran di Tokopedia disebabkan oleh data browser yang sudah lama disimpan. Jika hal ini terjadi, solusinya adalah dengan menghapus data browser yang anda gunakan untuk membuka Tokopedia. Hal ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan Browser dan pilih menu hapus data atau cache. Setelah itu, silahkan coba buka Tokopedia dan lihat apakah masalah sudah terselesaikan atau belum.

Ganti Browser yang anda Pakai untuk Membuka Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Selain menghapus data browser yang anda gunakan, solusi lainnya adalah dengan mengganti browser yang anda gunakan. Anda dapat mencoba ganti ke browser lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Safari jika anda pengguna Apple device. Dengan begitu, anda dapat mengetes apakah problem masih terjadi di browser lainnya atau tidak.

Bersihkan Memori Internal

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Selain itu, jika anda sering mengalami gangguan ketika berBelanja online di Tokopedia, maka cara lainnya adalah dengan membersihkan memori internal perangkat yang anda gunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan Perangkat dan pilih menu Storage. Pada bagian Storage, pilih Clear Cache dan Hapus Data aplikasi yang sudah tidak digunakan sehingga memori internal perangkat anda dapat bebas dari gangguan.

Hapus Cookie dan Cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Gagal transaksi ketika berBelanja online di Tokopedia juga dapat disebabkan oleh cookie dan cache peramban (browser) yang telah tersimpan di peramban tersebut. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan Peramban dan pilih menu Hapus Cookie dan Cache untuk membersihkan semua cookie dan cache peramban yang telah tersimpan. Setelah itu, silahkan coba buka ulang halaman Tokopedia dan lihat apakah masalah sudah terselesaikan atau belum.

Gunakan DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Jika masalah gagal transaksi di Tokopedia masih tetap terjadi meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka solusinya adalah dengan menggunakan DNS Resolver. DNS Resolver akan membuat proses loading halaman lebih cepat. Dengan begitu, proses transaksi online pun akan lebih mudah dilakukan tanpa harus mengalami gangguan hari ini atau gagal terus-menerus saat melakukannya

Install Ulang Aplikasi Tokopedia

Ketika anda tidak bisa melakukan pembayaran di Tokopedia, hal yang pertama harus anda lakukan adalah dengan menginstal ulang aplikasi Tokopedia. Pastikan anda mendownload versi terbaru dari aplikasi ini, karena mungkin bug lama yang sedang membuat pembayaran anda gagal. Jika instalasi berhasil, coba lakukan pembayaran kembali untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.

Gunakan operasi sistem terbaru pada perangkat anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Seringkali kesalahan pembayaran di Tokopedia disebabkan oleh versi sistem operasi yang digunakan yang kurang up to date. Hal ini dapat terjadi jika anda menggunakan sistem operasi yang sudah usang dan tidak diperbarui selama beberapa waktu. Untuk itu, pastikan bahwa sistem operasi yang digunakan selalu up to date agar proses Belanja online di Tokopedia berjalan lancar tanpa gangguan.

Lapor Ke layanan CS Tokopedia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Jika instalasi ulang aplikasinya dan update sistem operasinya sudah dilakukan tapi masih tetap mengalami gangguan ketika melakukan transaksi, maka hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi Customer Service (CS) Tokopedia untuk meminta bantuan. CS Tokopedia siap membantu anda dalam mengatasi masalah pada saat transaksi di Tokopedia.

Reset Pabrik Perangkat Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Bayar 2023

Terakhir jika masih tetap mengalami gangguan meskipun sudah melapor ke CS Tokopedia, maka cara terakhir yaitu dengan mereset perangkat anda ke pengaturan awal atau factory reset. Caranya cukup mudah, hanya perlu masuk ke menu setting dan reset perangkat kepengaturannya semula. Setelah itu cobalah melakukan pembayaran di Tokopedia lagi untuk memastikan prosesnya berjalan normal tanpa adanya gangguan.

Catatan:
Solusi untuk masalah ini bisa anda terapkan di merk hp xiaomi, oppo, vivo, samsung, sony, lg, nokia, htc, oneplus, zte, mito, advan, realme, infinix dan merk hp lainnya