Cara Mengatasi Suara Audio Tidak Keluar di Adobe Premiere

Membuat video bisa dilakukan oleh siapa saja. Teknik mengambil video bisa diperoleh dari berbagai sumber dan bisa dipelajari secara otodidak.

Untuk semakin memperindah tampilan video, ada banyak bantuan aplikasi yang dapat digunakan untuk edit video. Edit video ini berguna untuk memperbaiki tampilan atau menambahkan efek-efek yang diinginkan.

Aplikasi edit video saat ini bisa diperoleh dengan mudah. Dengan mencari di google, orang bisa memperoleh aplikasi edit video sesuai dengan yang diinginkan.

Jika bingung untuk menggunakan aplikasi edit video yang mana, orang-orang bisa membaca terlebih dulu mengenai review yang ada di internet mengenai referensi aplikasi edit video.

Karena kebutuhan edit video yang semakin tinggi, banyak produsen aplikasi mulai mengembangkan dan membuat inovasi terkait aplikasi edit video.

Dari sini, munculah berbagai macam aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah Adobe Premiere Pro CC atau CS.

Pengoperasian Adobe Premiere Pro CC atau CS bisa dilihat di berbagai web di internet. Jika ingin lebih memahami, video tutorialnya bisa ditemukan dengan mudah.

Namun dalam pengoperasiannya, terkadang Adobe Premiere Pro CC atau CS ditemui masalah-masalah yang membuat proses pengeditan video tidak berjalan lancar.

Masalah yang sering muncul adalah suara atau Audio Adobe Premiere Pro CC maupun CS tidak keluar.

Apalagi jika disambungkan dengan guitar link usb. Jika guitar link usb nya yang tidak ada suara bisa dilihat: cara mengatasi guitar link usb tidak ada suara, melainkan ada suara noise.

Masalah ini muncul dalam berbagai bentuk, antara lain suara tidak keluar sama sekali, suara tidak keluar tetapi audio masuk dan gelombang audio di timeline muncul di tampilan, atau sebagian suara keluar sebagian tidak padahal di layer timeline sama dan tidak dalam kondisi mute.

Permasalahan audio pada aplikasi Adobe Premiere Pro CC atau CS bisa disebabkan beberapa hal. Di bawah akan diuraikan mengenai permasalahan yang bisa terjadi saat mengerjakan edit video dengan Adobe Premiere Pro CC atau CS sekaligus penyebab dan cara untuk mengatasinya.

Pada saat proses impor video, indikator audio di timeline tidak muncul

Jika saat proses edit video ditemui permasalahan seperti ini, akibatnya adalah video bisa muncul tetapi tidak ada suara yang terdengar ketika video tersebut diputar.

Hal ini salah satunya bisa disebabkan karena proses conforming belum selesai atau ada masalah. Untuk mengatasi hal ini, coba untuk menutup Adobe Premiere Pro CC atau CS dan membuka aplikasi tersebut kembali.

Jika belum teratasi, masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Solusi ini bisa dilakukan dengan meng-copy file ad2ac3dec.dll yang bisa diambil dari: Importing MPEG files with AC3 Audio into Adobe Premiere.

Dan di-paste ke folder utama aplikasi. Folder utama ini biasanya ada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Premiere Pro CS/CC.

Gelombang audio muncul di timeline tetapi tidak terdengar suara apapun.

Jika permasalahan ini muncul, coba cek jack audio yang tersambung ke speaker. Jack yang tidak terpasang dengan baik dapat membuat suara dari PC tidak bisa sampai ke speaker.

Supaya masalah ini dapat teratasi, coba untuk mencabut jack audio tersebut dan memasangnya kembali. Jika audio masih belum terdengar, cek apakah kabel yang digunakan masih berfungsi atau tidak dengan memeriksa ada tidaknya sambungan kabel yang terputus.

Apabila ditemukan sambungan kabel yang terputus, jack audio tersebut dapat diganti dengan jack audio baru lainnya.

Setelah mendapatkan jack audio baru, coba sambungkan antara PC dengan speaker. Jika masih bermasalah, kemungkinan penyebab masalah audio tidak muncul ada pada sumber lain.

Coba cek kemungkinan faktor penyebab lain seperti apakah driver soundcard terinstall dengan benar.

Driver audio tidak kompatibel

Jika suara tetap tidak keluar meskipun driver audio sudah terinstall, bisa jadi disebabkan karena driver audio komputer tidak didukung atau tidak kompatibel dengan aplikasi Adobe Premiere Pro CC atau CS.

Untuk mengetes apakah benar driver tidak didukung oleh aplikasi ini adalah dengan membuat projek baru. Caranya adalah dengan klik file, kemudian pilih New dan selanjutnya pilih New Bars and Tone.

Double click opsi tersebut dan jalankan video yang ada. Jika tone suara tetap keluar tetapi saat impor video suara tidak keluar, driver memang tidak didukung oleh aplikasi tersebut. Hal ini juga bisa diketahui dengan adanya munculnya sebuah peringatan “The Currently installed soundcard driver does not support Direct Sound Input. Recording Audio is not possible”.

Untuk mengatasi hal ini, install driver audio universal seperti ASIO4ALL yang bisa diunduh melalui website http://www.asio4all.com/.

Setelah terinstall, selanjutnya mengubah pengaturan audio hardware pada Adobe Premiere Pro CC atau CS.

Pada menu Edit, pilih opsi Preferences. Dalam pilihan yang ada, pilih Audio Hardware dan pilih pengaturan default devices berupa ASIO4ALL. Jika masih bermasalah, coba install driver audio yang ada di web resmi.

Aplikasi lain yang bisa dicoba contohnya adalah Conexant Smart Audio HD dari situs Toshiba. Untuk merk lain, bisa cek di masing-masing web.

Setelah render video selesai, audio hilang atau tidak keluar

Meskipun hal ini termasuk jarang terjadi, tetap saja ada kemungkinan permasalahan ini muncul. Kemungkinan penyebabnya adalah spesifikasi komputer tidak sesuai atau Low Spesification  terhadap Adobe Premiere Pro CC atau CS sehingga komputer tidak kuat untuk mengangkat aplikasi yang digunakan.

Komputer tidak sanggup untuk merender audio yang menumpuk atau berhimpit di timeline layernya sehingga menyebabkan salah satu atau beberapa audio tidak muncul. Penyebab lainnya adalah key audio dalam posisi ke bawah atau dalam kondisi mute.

Untuk mengubahnya posisi ini, coba cek timeline aplikasi. Setelah masuk ke dalam timeline, ubahkan posisi audio menjadi ke atas atau dalam kondisi tidak mute.

Suara tetap keluar meskipun diatur untuk mute

Saat mengedit video, terkadang kita perlu untuk mute audio tetapi tidak bisa dilakukan. Sehingga dalam video yang diedit ada suara-suara yang tidak diinginkan tetap terdengar.

Untuk mengatasi permasalahan ini, cara pengatasannya sangat mudah untuk dilakukan. Solusinya adalah coba untuk play timeline editing. Saat proses ini, tekan tombol mute. Video yang diedit tidak akan mengeluarkan audio.

Audio terlalu kecil atau terlalu besar

Hal ini bisa disebabkan karena sumber footage atau klip bermasalah. Perhatikan gelombang audio sumber footage yang digunakan.

Jika suara terlalu kecil, bisa diatasi dengan menekan opsi Normalize di Adobe Audition atau cara select Audio yang akan dinaikkan volumenya di Adobe Premiere Pro CC atau CS.

Kemudian klik kanan, pilih Audio Gain. Tentukan nilai tambahan db suara, perhatikan supaya suara tidak terlalu besar kecuali audio dari sumber terlalu kecil.

Itulah contoh permasalahan yang biasa dihadapi saat edit video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC atau CS.

Baca juga: aplikasi edit suara, dan aplikasi pengubah suara vocal mic.

Saat edit video, diharapkan orang yang menjalankan aplikasi bisa memahami langkah yang dilakukan dan tahu penyebabnya jika terjadi masalah, terutama masalah terkait audio.

One Response

  1. Lea Melania

Give a Comment