Penyebab dan Cara Mengatasi Autentikasi Error di Play Store

Menggunakan berbagai aplikasi di telepon seluler bertujuan memberikankemudahan dalam beraktivitas.

Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut dariGoogle Play Store. Aplikasi-aplikasi yang diunduh dari Google Play Store selalu dikembangkan baik untuk memperbaiki permasalahan bug maupun membuat versi yang lebih baik.

Sehingga dalam periode tertentu aplikasi dalam telepon selulerperlu diupdate.

Namun, dalam proses update pernah kita temui notifikasi berupa“Authentication is required, You Need to sign into your Google Account TryAgain”.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu.

Lalu, apa solusinya?

Ada 3 cara mengatasi autentikasi error yang bisa menjadi alternatif ketika menghadapi permasalahan ini.

Berikut ini cara mengatasi autentikasi error di playstore:

  1. Solusi pertama, Anda bisa mengubah pengaturan titik akses koneksi di telepon seluleratau APN. Langkah-langkahnya adalah pergilah ke menu pengaturan. Selanjutnya pilih opsi setelan jaringan seluler. Dari berbagai opsi yang muncul, pilih Nama Titik Akses. Selanjutnya akan muncul berbagai macam nama titik akses yang tersedia. Pilihlah nama titik akses yang sesuai dengan kartu SIM yang terpasang di telepon seluler. Tidak hanya itu, cara lainnya Anda bisa mengubah dengannama lain yang hampir sama. Contohnya, jika menggunakan kartu Tri, cobalah ubah titik akses 3GPRS menjadi 3Data. Solusi ini cukup mudah untuk dilakukan.
  2. Apabila setelah melakukan cara pertama tetap tidak berhasil meng-update aplikasi, jangan khawatir. Masih ada cara lain yang bisa dicoba. Cara ini bisa dilakukan dengan menghapus data dari Google Play Store. Permasalahan autentikasi error ini bisa disebabkan karena terlalu banyaknya data yang adadala Google Play Store sehingga perlu diubah dalam pengaturan default agar bisakembali normal. Caranya cukup masuk ke menu pengaturan, lalu aplikasi, danpilih Google Play Store. Pilih menu Hapus Data. Selanjutnya masuk ke Play Storelagi dan masukkan akun seperti biasa.
  3. Solusi terakhir jika 2 solusi sebelumnya tidak berhasil adalah membuat akun Google Play Store baru. Pastikan data yang dimasukkan benar sehingga autentikasi tidak bermasalah.

Jika memang masih tidak bisa cobalah untuk mengikuti: cara mengatasi playstore keluar sendiri.

Dan baca juga: playstore muncul sendiri.

Itulah cara mengatasi autentikasi error di Google Play Store. Selamat mencoba.

Give a Comment