AVG Specified File was Not Found

AVG merupakan salah satu antivirus yang populer dan banyak digunakan. Antivirus ini sangat ampuh untuk melindungi pengguna komputer dari serangan virus yang berbahaya.

Antivirus ini juga dapat melindungi pengguna komputer dari situs berbahaya ketika sedang menjelajahi situs, seperti melindungi dari pop-up, phising, malware, dll.

Dengan menggunakan firewall dan fitur canggih lainnya yang ada di AVG, pengguna komputer tidak perlu kawatir lagi terhadap virus yang bertebaran di internet.

Bagi pengguna AVG yang sedang memiliki masalah tentang “An Error Occurred When Saving The Configuration: Specified file was not found” jangan kawatir dan panik karena di artikel ini akan membagikan cara mengatasi/memperbaiki error ini.

Pesan An Error Occurred When Saving The Configuration: Specified file was not found biasanya akan muncul ketika pengguna komputer sedang membuka dan ingin scan atau ingin melihat fitur-fitur di dalam AVG.

Pesan ini walaupun dihilangkan, jika komputer direstart pesan ini akan muncul lagi. Pesan error ini bukan hanya sekadar pesan saja, masalah yang sebenarnya terjadi untuk pengguna AVG adalah tidak bisa scan virus dan menggunakan fitur-fitur yang ada di AVG.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada cara yang mudah bisa diterapkan untuk memperbaiki/mengatasi masalah ini.

Catatan: Dengan cara ini AVG tidak akan berjalan otomatis (startup) seperti sebelumnya, agar AVG berjalan/mmenyalakan lakukan dengan cara manual yakni membuka AVG dengan cara klik icon di dekstop dua kali.

Berikut ini cara mengatasi antivirus AVG Specified File was Not Found:

  1. Pastikan AVG antivirus dalam keadaan mati dan tidak ada icon di taksbar pojok kanan. Misalkan ada dan tidak bisa dimatikan (close) tidak usah dipaksakan karena dengan keadaan menyala juga bisa, tapi disarankan untuk mematikan AVG terlebih dahulu.
  2. Klik icon AVG di dekstop
  3. Klik kanan -> properties
  4. Klik tab Shortcut
  5. Pilihlah open file location
  6. Sudah masuk ke folder AVG, sekarang tinggal eksekusi untuk mengijinkan AVG agar tidak ada pesan error (di atas). Carilah …
    • avgcfgex.exe
    • avgidsagent.exe
    • avgmfapx.exe
  1. Klik kanan -> Properties
  2. Klik tab Compatibility
  3. Lihat bagian privilege level
  4. Centang Run this program as an administrator
  5. Agar lebih maksimal, restart komputer

Selesai. Lalu bagaimana caranya agar AVG berjalan dengan otomatis (Startup)? berikut ini caranya.

  • Carilah User Account Control Settings di pencarian
  • Pilih level yang paling bawah

Jika sudah selesai, restart komputer agar lebih maksimal.

Perlu dicatat, ketika menghadapi masalah ini jangan berpikiran avg buruk, sebab avg adalah salah satu antivirus terbaik.

Bisa dilihat: antivirus terbaik yang aman saat ini.

Itulah cara mengatasi AVG yang muncul dengan pesan error An Error Occurred When Saving The Configuration: Specified file was not found, semoga artikel ini bermanfaat.

Give a Comment