Cara Backup Windows Dengan Menggunakan Norton Ghost

Perkembangan teknologi dari jaman ke jaman selalu mengalami perubahan yang lebih baik. Salah satu wujudnya adalah dengan adanya Hiren’s Boot CD.

Item yang satu ini diluncurkan oleh Norton Ghost dengan tujuan untuk memudahkan setiap pemakainya dalam hal backup atau restore file installasi dari windows yang dipakai oleh penggunanya.

Memakai metode backup dan restore dengan menggunakan Hiren’s Boot CD terbukti dapat mempercepat proses sehingga tak menjadi hal yang mengherankan jika ada banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan metode ini.

Bagi anda yang belum pernah memakai metode ini maka ada hal-hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Seperti menyiapkan segala komponen yang dibutuhkan sebelum melakukan backup dan juga beberapa cara kerja dari metode ini yang perlu anda pahami.

Nah untuk kelengkapan yang harus disiapkan adalah cukup sederhana. Nah berikut ini merupakan beberapa tahapan yang perlu anda siapkan dan anda lakukan

  1. Anda hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer anda yang tentunya sudah dilengkapi dengan drive CD/DVD yang akan berfungsi menjalankan Hiren’s Boot CD ini.
  2. Tentuka partisi yang ada pada pc anda. Nah untuk pasrtisi dalam perangkat anda sebaiknya menggunakan 2 jenis partisi yang masing-masing digunakan untuk menyimpan installasi windows dan file image.
  3. Nah komponen selanjutnya yang tentu anda butuhkan adalah Hiren’s Boot CD versi 9.8 dengan isi di dalamnya Norton Ghost versi 11.5 atau dalam bentuk USBnya.
  4. Komponen terakhir adalah Flashdisk atau DVD yang digunakan untuk penyimpanan backup file image.

Setelah mengetahui komponen yang dibutuhkan maka selanjutnya anda memerlukan pemahaman cara kerja metode ini.

Menggunakan metode ini berarti akan membuat sebuah partisi PC yang mana isinya adalah backup data sistem operasi windows ke bentuk file image yang mana tanpa adanya file image ini maka proses restorasi windows anda.

Penyimpanan untuk file image ini harus dalam partisi yang berbeda dengan partisi windows PC tersebut. selanjutnya cara kerja metode ini adalah pada restorasi windows.

File backup yang pada tahapan sebelumnya telah anda buat akan sangat berguna saat terjadi suatu masalah pada PC anda. karena file backup tersebut bisa anda panggil ulang untuk pemulihan installasi windows.

Nah dengan cara kerja tersebut maka kini anda bisa semakin paham bagaimana sistem ini bekerja untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Sehingga dari sini anda bisa semakin tahu dan bisa mempertimbangkan lebih lanjut apakah ingin menggunakan metode restorasi yang satu ini ataukah tidak.

Berikut cara melakukan backup windows dengan menggunakan norton Ghost:

  1. Usb atau cd yang telah anda siapkan sebelumnya yang mana berisi hiren’s boot cd bisa secara langsung anda masukkan pada pc yang menjad target anda tersebut.
  2. Setelah pc anda nyala maka anda bisa secara langsung pada menuju pada menu BIOS. Nah untuk masuk pada menu BIOS ini anda bisa menggunakan cara dengan menekan DEL/F2/F8/F12. Atau bisa anda bisa menyesuaikan dengan aturan pada pc anda tersebut.
  3. Nah setelah proses BIOS maka selanjutnya ada bisa menuju menu boot sequence. Menu ini akan berisi urutan booting yang tengah berjalan pada pc anda. Nah untuk itu anda harus mengatur agar urutan booting yang tengah anda lakukan saat ini merupakan urutan yang pertama yang akan dijalankan oleh pc anda tersebut.
  4. Nah saat booting untuk hiren’s boot ini sudah anda masuki maka anda bisa memilih start boot cd untuk memulai proses hirens’ dalam pc anda tersebut.
  5. Setelah anda memilih start boot maka akan tampil beberapa menu dalam hiren’s yang bisa anda pilih. Nah anda harus memilih menu back up tool kemudian pilih norton ghost 11.5. pilih ghost normal. Kemudian anda bisa menunggu untuk beberapa waktu hingga proses norton ghost mulai berjalan. Kemudian klik ok.
  1. Selanjuttnya adalah proses membagi partition anda. Pilih menu local kemudian partition kmeudian pilih to image duna menyimpa file partisi anda dalam file image.
  1. Pilih bagian hardisk fisik yang akan anda backup.
  1. Pilih drive yang sesuai dengan pc anda.
  2. Selanjutnya pilih mana partisi yang akan anda jadikan sebagai tempat menyimpan file backup image. Nah penulisan urutan pada nama harddisk adalah D:1.2:[DATA] FAT.
  3. Atur kompresi image file yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  4. Saat muncul kalimat “procesed with partition image creation?” maka anda bisa pilih ok kemudian tunggu hingga proses selesai.
  5. Saat proses selesai maka anda bisa pilih quit untuk keluar dari program tersebut.

Sedangkan untuk melakukan restore di windows jika terjadi kesalahan maka bisa ikuti: cara restore di windows.

Nah dengan melakukan beberapa proses di atas maka kini anda sudah memiliki file image pada sistem operasi anda dan anda bisa memanggil file anda kembali untuk proses restorasi.

Give a Comment