Browser Android Terbaik dan Cepat Untuk Download File

Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet. Dengan browser, Anda bisa mengakses berbagai konten di sosial media maupun mencari hiburan dan pengetahuan. Berikut merupakan daftar browser Android terbaik yang cocok digunakan untuk smartphone.

Masing-masing browser memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ini juga sesuai dengan tipe pengguna yang lebih memilih fitur tertentu pada browser tersebut. Diantara fitur yang sering di cari adalah tingkat kompress data yang tinggi, cepat dalam proses loading dan hemat data.

Anda yang sedang mencari-cari jenis browser yang tepat untuk smartphone dan selera Anda, berikut merupakan daftar ulasan mengenai aplikasi browser yang paling sering di gunakan pada platform Android. Pililah sesuai kebutuhan dan kemampuan ponsel Anda.

Berikut adalah Browser Android Terbaik untuk Smartphone Anda di 2020:

Update: April 2020

baca juga: browser anti blokir untuk membuka situs yang diblokir.

Google Chrome

Chrome yang dikembangkan oleh Google LLC ini merupakan browser yang populer dan paling banyak digunakan sebagai browser pada platform Android. Beberapa fitur unggulannya berupa Safe Browsing, akses konten offline serta fitur penghemat data.

Fitur tersebut diklaim mampu menghemat data sebesar 60 persen, dengan pengompresan pada teks, gambar, audio maupun video tanpa menurunkan kualitasnya. Chrome juga menjadi browser default pada sistem operasi Android.

Mozilla Firefox

Aplikasi ini menawarkan sebuah browser yang cepat, pintar dan bersifat pribadi. Firefox akan memberikan perlindungan pada aktivitas yang telah Anda lakukan di browser sebelumnya. Menariknya, Anda bisa melakukan sinkronasi pada Firefox yang terdapat di PC Anda.

Fitur-fitur menarik yang terdapat dalam Firefox juga cukup lengkap, berupa tampilan dekstop yang cantik, serta fitur pengelola password, pemblokiran iklan dan masih banyak lagi. Mozilla, selaku developer, memberikan akses dan storyboard yang mudah bagi pengguna Firefox.

Mozilla juga mengembangkan Firefox Rocket yang memiliki size lebih kecil namun dengan fitur turbo sehingga kuota Anda menjadi lebih hemat.

Opera

Opera merupakan browser alternatif yang bisa Anda pilih sebagai pengganti apabila kurang cocok dengan browser lainnya. Terkenal karena mudah digunakan, Opera menawarkan fitur menarik, seperti pemblokiran iklan, hemat kuota dan opera turbo.

Selain fitur tersebut, Opera juga melakukan update dengan menambahkan perambahan mode pribadi pada aplikasinya. Mode pribadi tersebut bahkan dilengkapi VPN untuk menjaga keamanan dan privasi data diri Anda selama berselancar di internet.

Opera Mini

Opera Mini juga dikembangkan oleh developer yang sama dengan Opera. Lebih memfokuskan diri pada kecepatan, Opera Mini memiliki berbagai fitur yang menjadikannya sebagai browser dengan akses memuat situs paling cepat.

Fitur yang terkenal dan sering dipakai adalah pemblokiran iklan, mode malam, hingga sinkronisasi perangkat. Sehingga jika Anda kehilangan smartphone, selama Anda memiliki akun Opera Mini, Anda masih dapat mengakses data-data yang tersimpan di dalamnya.

Anda juga dapat memantau jumlah data yang telah Anda habiskan dengan menggunakan fitur pemantau data. Ukuran filenya termasuk kecil sehingga aman untuk penyimpanan memori Anda.

Brave Browser

Browser yang memiliki logo kucing ini memang belum terlihat gaungnya, namun bukan berarti tidak layak dicoba. Desain halaman mukanya memiliki kemiripan dengan Chrome. Ini disebabkan Brave menggunakan kode sumber Chromium.

Ini akan membantu Anda yang tidak mudah beradaptasi untuk melakukan pindah browser. Selain masalah tampilan antarmuka, kecepatan akses memuat halaman browser Brave diklaim akan delapan kali lebih cepat dari Safari.

Selain itu, keunggulan Brave Browser adalah pencekalan iklan yang benar-benar bersih. Jadi ketika Anda membuka suatu situs, biasanya terdapat iklan yang akan muncul walaupun telah menggunakan pemblokiran iklan. Di Brave, halaman tersebut akan bersih dari iklan.

CM Browser

Dikembangkan oleh Cheetah Mobile, CM Mobile memiliki kantor pusat di Beijing, Cina. CM Browser menawarkan sebuah pengalaman surfing internet yang bersih dengan layanan muka interface yang minimalis. Sehingga nyaman digunakan.

Selain cepat terdapat berbagai macam fitur yang bisa Anda nikmati, seperti mode layar penuh atau full-screen, mode malam untuk tampilan yang lebih redup hingga private browsing yang akan menjaga keamanan Anda.

Terdapat pula fitur penerjemah halaman yang aktif secara otomatis ketika menemui bahasa asing. Ini akan membantu Anda dalam memahami suatu teks. Tentu saja terdapat pemblokiran iklan agar kenyamanan Anda dalam browsing tidak terganggu.

Flynx

Merupakan browser Android tercepat yang menawarkan tampilan sangat minimalis, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan eksplorasi ketika berselancar di internet. Flynx juga cepat dan ringan dalm proses memuat halaman.

Fitur yang paling menonjol dari Flynx adalah tampilan full-sreen website nyaman dibaca, halaman akan diubah sesuai dengan layar ponsel. Flynx juga dapat dengan mudah menyimpan suatu halaman untuk kemudian dibaca secara offline.

Flynx mudah digunakan dan dapat Anda unduh secara gratis melalui Play Store. Secara umum, Flynx masih sama seperti browser biasanya, dengan fitur blokir iklan dan penghematan data.

Dolphin Browser

Dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama, Dolphin menjadi salah satu browser Android yang layak Anda coba. Fitur yang ditawarkan juga beragam, seperti mode halaman privasi atau Inconigto, pembatasan iklan pop-up, tombol bookmark dan penyimpanan page.

Anda dapat melakukan download dengan lebih cepat menggunakan browser ini. selain itu, terdapat pula fitur flash player yang berfungsi memberikan pengalaman menonton video dan bermain game secara online dengan kualias yang baik.

Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma di Play Store. Dolphin Browser juga menawarkan aplikasi lain yang kadang ikut terdownload ketika Anda melakukan pembaruan, seperti Doplhin Brightnees, Widget, Battery Saver, Translator dan lain-lain.

Maxthon Browser

Maxthon Browser, seperti umumnya, menawarkan pengalaman hemat data dan penyimpanan halaman secara offline. Developer aplikasi ini, yakni Maxthon USA Inc., mengembangkan penempatan gambar yang bisa menghemat konsumsi data.

Fitur yang ditawarkan berupa manajerial password, halaman pencarian privat, pengaturan halaman yang nyaman serta sinkronisasi antar perangkat dengan akun Maxthon. Terdapat pula penerjemahan otomatis dan mendukung berbagai macam bahasa.

Pemblokiran iklan milik Maxthon Browser cukup mumpuni. Selain iklan pada situs-situs dan halaman web, Maxthon juga menghalau iklan yang terdapat dalam video di Youtube. Jadi aman dan nyaman ketika menggunakan Maxthon Browser.

Puffin Browser

Puffin Browser diklaim sebagai sebuah browser yang memiliki tingkat keamanan yang tingi. Puffin akan melindungi akun dan data diri Anda agar tidak diinkripsi dengan menggunakan sistem perlindungan online.

Aplikasi ini dapat Anda unduh dengan mudah, baik mengunduhnya lewat website resminya atau melalui Google Play. Desainnya simpel dan hampir mirip dengan Chrome, sehingga gampang digunakan.

Itulah beberapa browser Android terbaik yang bisa Anda coba. Pertimbangkan kelemahan dan kekurangan browser agar tidak salah pilih. Penggunaan browser yang tepat akan membuat penjelajahan internet Anda lebih mudah, nyaman dan cepat.

Give a Comment