Cara Blokir Aplikasi Tidak Terhubung Internet Lewat Firewall

Ingin aplikasi tidak terkoneki internet? Artikel ini akan membahas tentang cara blokir aplikasi tidak terhubung internet dengan firewall.

Bila anda menginginkan beberapa aplikasi dalam laptop anda tidak terkoneksi internet anda bisa menggunakan aplikasi khusus yang akan membuat aplikasi tidak terkonek internet sehingga tidak berjalan.

Namun bila anda tidak menginginkan untuk memasang aplikasi tersebut pada laptop anda, ada beberapa laptop yang dapat menonaktifkan penggunakaan internet tanpa aplikasi.

Laptop dengan system Windows xp, Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10, bisa menggunakan pengaturan pada firewall agar aplikasi tersebut tidak terkonek pada internet.

Firewall ini jenis system keamanan jaringan dalam hardware (perangkat keras) ataupun dalam software (perangkat lunak) dengan menggunakan suatu aturan tertentu untuk bisa mengendalikan jaringan yang masuk dan keluar.

Firewall dapat bertindak sebagai menghalang antara jaringan terpercaya dan jaringan tidak dipercaya.

Firewall ini digunakan untuk mengontrol akses ke sumber daya jaringan lewat model kontrol positif.

Pemblokiran aplikasi ini bertujuan agar aplikasi tidak terkonek pada internet yang dan ahirnya tidak konek internet bisa ditujukan untuk menghalangi aplikasi untuk melakukan update secara otomatis.

Cara Blokir Aplikasi Tidak Terhubung Internet Dengan Firewall

Untuk cara block firewall windows 7 agar tidak terhubung dengan internet anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Anda uninstall aplikasi yang terbaca oleh firewall, setelah itu anda matikan sambungan internet anda lalu install ulang aplikasi tersebut.
  2. Langkah selanjutnya ketik di pencarian windows firewall untuk membuka menu firewall.
  3. Selanjutnya pilih menu advanced settings pada sebelah kiri lalu akan muncul jendela baru window yang bernama ‘Windows Defender with Advanced Security’.
  1. Pada halaman Windows Defender with Advanced Security anda bisa mengklik pada pada menu “Inbound Rules” yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya pada halaman sebelah kanan akan muncul daftar aplikasi yang dapat anda blokir.
  1. Langkah selanjutnya anda bisa memilih new rules dan akan muncul new inbound new rule wizard pilih program lalu klik next
  2. Jika sudah maka akan muncul jendela baru dan anda bisa memilih ‘This Program Path’ cari program yang akan anda kita block pada browse, filenya program exe, dilanjutkan untuk klik next disini contohnya block coreldrwal agar tidak dapat terhubung ke internet.
  1. Lalu dilanjutkan untuk memilih block connection dan klik next.
  1. Beri nama pada bagian kotak kosong, anda bisa memberi nama sesuai keinginan anda. Untuk description bisa anda kosongkan saja. Lalu klik finish.
  2. Langkah selanjutnya anda bisa memilih outbond rules, dan pilih new rule.
  3. 10. klik program lalu next
  4. 11. Lalu pilih This program Path anda bisa memiilih file exe seperti aplikasi yang akan di block.
  5. 12. Klik pada block the connection dan klik next.
  6. 13. Beri tanda centang pada semua kotak dan klik next.
  7. 14.Seperti langkah tadi, beri nama file sesuah keinginan anda dan description bis anda kosongi saja.Lalu klik finish. Dan seperti inilah cara blokir software dengan windows firewall windows 10.

Saat ini program yang anda blok sudah tidak dapat lagi terhubbung ke internet.

Demikian artikel tentang cara blokir aplikasi tidak terhubung internet dengan firewall semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi ada yang sednag kebinggungan untuk memblokir aplikasi.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *