Cara Cek Data Profil dan NIP PNS BKN

Sebagai seorang pegawai PNS, Anda harus update data NIP dan profil Anda. Para pegawai PNS bisa cek data profil dan NIP PNS BKN dengan berbagai cara.

Cara-cara ini akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu data kepegawaian seperti profil PNS dan NIP Anda dibutuhkan.

Data profil PNS beserta NIP biasanya dibutuhkan oleh para pegawai negeri sipil untuk berbagai kebutuhan. Kalau Anda terdaftar sebagai pegawai negeri sipil di BKN, maka data profil termasuk NIP Anda pasti bisa dilihat atau dicek.

Berbagai inovasi dan pengembangan terus dilakukan, khususnya oleh BKN untuk memudahkan para PNS.

Termasuk salah satunya ketika para abdi negara ini membutuhkan data profil atau NIPnya. Nah, untuk mengecek data NIP dan profil PNS bisa dilakukan dengan 4 cara berikut.

Profil Pegawai Negeri Sipil (PNS) BKN

Setiap tahun Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengadakan tahap seleksi untuk merekrut pegawai negeri sipil baru. Dari tahapan seleksi yang dilakukan kemudian akan dipilih para pegawai negeri untuk mengisi jabatan atau lembaga tertentu.

Ketika sudah menjadi pegawai negeri sipil, maka Anda akan mendapat NIP. Nama dan profil Anda pun akan secara otomatis masuk ke dalam laman BKN. Namun, jika Anda adalah pegawai negeri sipil baru, ada baiknya Anda mengecek kembali data profil BKN Anda.

Untuk mengecek data profil PNS ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Cara-cara di bawah ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengecek data profil Anda saja, namun juga NIP milik Anda.

Apalagi untuk para PNS baru. Pengecekan profil berguna agar Anda bisa segera memperbaiki jika ada kesalahan.

Melalui Aplikasi My SAPK BKN

My SAPK BKN adalah aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek profil PNS Anda.

Aplikasi ini adalah aplikasi terbaru yang disediakan untuk melihat NIP dan profil PNS. Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, unduh dulu aplikasi My SAPK BKN di Playstore.
  2. Jika sudah, Anda bisa login dengan memasukkan username yang menggunakan NIP baru Anda, dan password yang bisa menggunakan NIK.
  3. Setelah itu tekantombol login. Maka Anda akan dialihkan ke tampilan data profil Anda.

Pada tampilan tersebut, Anda bisa melihat profil, Taspen, BPJS Kesehatan, Data KTP serta menu untuk mengubah data. Di dalamnya juga terdapat berbagai menu lain yang diperlukan untuk mengecek data PNS Anda.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bukan aplikasi resmi. Meskipun begitu data yang ditampilkan tetap akurat dan aplikasinya aman digunakan.

Jika saat menggunakan aplikasi ini terdapat notifikasi ‘Server Timeout’, bisa jadi juga sedang ada gangguan pada website resmi BKN sehingga aplikasi tidak bisa diakses.

Cek Status Pangkat dan NIP PNS di Website

Salah satu cara yang disediakan oleh BKN untuk memudahkan pengecekan profil dan NIP PNS adalah melalui link yang disediakan oleh BKN. Untuk mengecek status pangkat dan NIP itu, berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Langkah pertama adalah buka link atau halaman di https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/. Pastikan penulisannya benar, karena akan berpengaruh pada saat mengakses. Anda bisa mengakses link ini baik melalui perangkat komputer ataupun ponsel.
  • Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman awal. Disini, masukkan NIP baru Anda tanpa menggunakan spasi
  • Setelah itu, perhatikan di bagian bawah akan ada kode captcha yang harus Anda pecahkan. Masukkan sesuai yang tertulis.
  • Jika sudah, maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses loading. Setelah loading selesai, akan langsung ditampilkan data profil Anda sebagai PNS. Perhatikan baik-baik data profil tersebut dan pastikan tidak ada kesalahan.

Itulah tadi berbagai cara cek data profil dan NIP PKS BKN yang bisa Anda gunakan untuk mengecek data profil dan NIP PNS Anda. Dengan cara-cara dan metode tersebut, Anda bisa mengecek profil PNS dan NIP Anda dengan mudah ketika sedang dibutuhkan.

Give a Comment