7 Cara Cek Kecepatan Indihome dengan Mudah dan Akurat

Penasaran dengan kecepatan internet dari server yang digunakan? Atau ingin membandingkan kecepatan beberapa server?

Coba cari tahu beberapa cara cek kecepatan indihome via situs melalui penjelasan berikut ini.

Pernahkah Anda merasa kecepatan internet Indihome begitu kencang namun tiba-tiba melemah?

Coba baca: daftar dns indihome tercepat dan stabil.

Tentu hal ini membuat penasaran berapakah sebenarnya kecepatan indihome yang digunakan. Kali ini akan dibahas beberapa cara cek kecepatan indihome.

Anda bisa mendapatkan berbagai info, seperti misalnya bagaimana cek status kecepatan indihome. Silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mendatangi Plaza Telkom.

Namun, cara ini susah dilakukan apalagi jika tempat Anda jauh dari lokasi Plaza Telkom. Cara lainnya adalah dengan menghubungi call center indihome.

Sebenarnya ada beberapa cara yang lebih mudah untuk mendapat info mengenai kecepatan indihome.

Berikut adalah beberapa cara untuk cek kecepatan indihome di hp:

Menggunakan SpeedTest

Cara cek kecepatan internet adalah melakukan cek melalui ponsel. Ada layanan yang disediakan oleh Speedtest.net dalam bentuk aplikasi.

Cara ini cocok bagi Anda yang butuh mengecek kecepatan secara berkala. Jika Anda hanya ingin mengecek sesekali, maka gunakan saja situs online.

Aplikasi harus diinstal terlebih dahulu melalui Google Play Store dan cenderung menghabiskan ruang penyimpanan.

Cara ini cocok bagi Anda yang butuh mengecek kecepatan secara berkala. Jika Anda hanya ingin mengecek sesekali, maka gunakan saja situs online.

Aplikasi harus diinstal terlebih dahulu melalui Google Play Store dan cenderung menghabiskan ruang penyimpanan.

Langkah pertama adalah dengan mengunjungi situs remis SpeedTest. Selanjutnya temukan tombol berwarna biru dengan tulisan start test.  Tunggu beberapa saat hingga info muncul.

Kecepatan indihome akan diukur melalui kecepatan download, uload, jitter dan ping. Setelah beberapa saat, akan muncul kecepatan. Dari info yang tertera, Anda akan mengetahui berapa kecepatan dari tiap komponen.

Menggunakan SpeedCheck

Cara kedua ini merupakan cara alternatif untuk cek paket indihome yang kita gunakan melalui situs. Segera buka browser yang ada di ponsel Anda dan menuju situs speedcheck.ord.

Akan muncul tombol berwarna biru dengan tulisan start test. Tunggu beberapa saat hingga pengecekan koneksi internet selesai dilakukan.

Tak berapa lama kemudian akan muncul informasi koneksi, misalnya kecepatan download, kecepatan upload, IP Adress, latency hingga provider apa yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa cara untuk cek kecepatan indihome di laptop/PC:

Selain melalui ponsel, cek kecepatan internet juga bisa dilakukan melalui PC. Ada banyak sekali alat online yang dapat digunakan. Salah satu situs yang terpercaya adalan SpeedTest.net.

Setelah situs terbuka, akan muncul tombol yang bertuliskan “GO”. Klik tombol tersebut agar proses pengecekan kecepatan internet segera dimulai. Tunggu beberapa saat.

Biasanya proses pengecekan memerlukan waktu beberapa detik. Informasi yang akan Anda dapatkan meliputi kecepatan download (Mbps), Upload (Mbps) dan Ping (ms).

Selain situs diatas, ada beberapa situs lain yang bisa digunakan untuk cek kecepatan indihome.

Kecepatan tersebut antara lain Google Fiber, Fast, Bandwdth Place, Meter.net dan Testmy.net.

Tiap aplikasi memiliki keunggulan yang berbeda-beda dan disesuikan dengan fitur tambahan masing-masing.

Beberapa Rekomendasi Situs Mengecek Kecepatan Indihome:

Google Fiber

Google sebagai salah satu perusahaan besar pun menghadirkan fitur untuk menguji kecepatan. Ada 2 macam cara cek kecepatan indihome yang bisa dilakukan melalui Google.

Cara pertama dalah dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Google. Tuliskan kata kunci berupa “Uji Kecepatan Internet”.

Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya pada urutan pertama. Cara lainnya adalah dengan mengunjungi halaman yang muncul saat kata kunci dimasukkan.

Website resminya: speed.googlefiber.net

Fast

Situs satu ini dipersembahkan oleh Netflix speed test. Situs ini terbilang populer. Anda bisa mencobanya, baik untuk cek kecepatan Indihome atau sekedar membandingkan dengan hasil yang muncul di situs lain. Tampilan dari situs ini cukup simpel namun tetap menarik.

Website resminya: fast.com

Bandwidth Place

Jika pada situs lainnya semua server dapat diuji, situs ini berbeda. Anda bisa memilih server mana yang hendak diuji kecepatannya. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui kecepatan download dan upload untuk memilih server.

situs resminya: bandwidthplace.com

Meter.net

Sama seperti Bandwidth Place, situs ini pun menawarkan opsi server yang hendak dicoba. Fitur lainnya adalah untuk menampilkan perbandingan PING pada beberapa server di negara yang berbeda. Situs ini bisa digunakan untuk speed test wifi online.

Testmy.net

Situs lainnya yang layak dicoba adalah tesmy.net. Situs ini sangat bagus untuk memeriksa kecepatan internet pribadi, misalnya kecepatan paket indihome unlimited di rumah.

Wajib baca: mengatasi indihome terisolir padahal sudah bayar.

Itulah beberapa cara cek kecepatan indihome. Cara pengecekan baik di ponsel maupun di PC sangat mudah.

Dibanding datang ke Plaza Telkom, cara diatas terbilang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga info ini bermanfaat bagi Anda

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *