2 Cara Cek Kerusakan HP Oppo dengan Cepat dan Mudah

Cara cek kerusakan HP Andorid Oppo mungkin saat ini sedang Anda cari. Cara tersebut dapat menjadi panduan Anda ketika ingin membeli ponsel second maupun sekedar ingin mengetahui kerusakan yang terjadi di ponsel Anda. Cara untuk mengeceknya cukup mudah dan simpel untuk dilakukan.

Ketika awal Anda membaca artikel ini mungkin yang terbayang adalah kerumitan dari proses ini. Namun ternyata untuk mengecek kerusakan ponsel cukup mudah, Anda hanya perlu untuk menggunakan kode rahasia dari Smartphone OPPO yang dibuat khusus oleh pabrikan asal Tiongkok ini.

Selain menggunakan kode khusus dari Smartphone OPPO, Anda juga dapat mengetahui kerusakan ponsel dengan menggunakan alat yang dinamakan AVO Meter. Cara pengecekannya cukup mudah dan cepat. Untuk mempermudah Anda berikut akan di ulas cara pengecekannya.

Smartphone OPPO merupakan salah satu smartphone yang cukup laris di pasaran. Hal itu karena OPPO menghadirkan Smartphone yang berkualitas untuk memenuhi segala keinginan dari customernya. Bahkan OPPO juga menyediakan kode rahasia guna mengecek kerusakan dari perangkat HP Anda.

Kode Rahasia OPPO dapat Anda gunakan dengan mudah dan praktis. Pengecekan kerusakan smartphone OPPO dengan menggunakan kode rahasia dapat difungsikan pada tipe ponsel seperti OPPO A 37, OPPO A 57, OPPO A 59, dan berbagai ponsel lainnya. Cara pengecekanya juga cukup tidak sulit.

Selain menggunakan kode rahasia OPPO, cara lainnya yaitu dengan menggunakan alat AVO Meter. Kedua cara tersebut dapat Anda gunakan untuk mengecek kualitas dari ponsel kalian. Untuk mempermudah pemahaman Anda berikut akan di ulas kedua cara tersebut di bawah ini.

Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek kerusakan HP Andorid Oppo yang pertama yaitu dengan menggunakan kode rahasia di ponsel Oppo Anda masing-masing. Kode tersebut merupakan kode khas yang diberikan khusus oleh perusahaan OPPO untuk memudahkan para penggunanya untuk mengecek sendiri kerusakan ponsel.

Metode pengecekannya cukup mudah sehingga membuat para pencinta OPPO mengandalkan metode ini untuk mengetahui kerusakan ponselnya. Kode tersebut diberi nama engineer mode. Engineer mode dapat dioperasikan dengan mudah tanpa membutuhkan software maupun aplikasi khusus.

Memanfaatkan Engineer Mode juga tidak mengharuskan Anda mendownload dan menginstall program yang tidak dibutuhkan. Bagi Anda yang penasaran berikut akan di ulas beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk mengetahui kondisi ponsel (Normal atau terdapat kerusakan) OPPO Anda.

  • Aktifkan Ponsel Oppo Anda masing-masing
  • Masuk ke meu Phone (dial number)
  • Masukkan nomor telepon *#800# 
  • Klik Dial
  • Tunggu hingga muncul opsi pengecekan ponsel Oppo
  • Pilihlah opsi tersebut satu per satu guna mengecek ponsel secara menyeluruh
  • Lalu geser cursor dan pilih opsi connectivity
  • Ulangi pengecekan satu persatu seperti cara di atas
  • Lalu geser ke opsi telephony
  • Kemudian cek satu per satu hingga proses selesai

Itulah cara mudah untuk mengecek kondisi ponsel OPPO Anda apakah masih berjalan normal atau mengalami kerusakan di suatu part atau perangkat tertentu. Menggunakan metode ini Anda dapat mengecek ponsel mulai dari hardware, connectivity, hingga ke perangkat software.

Cara pengecekan di atas cukup mudah dan praktis serta dapat dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Maka Anda tidak perlu membawa ponsel ke store maupun outlet resmi OPPO untuk mengecek kondisi ponsel Anda baik atau tidak.

Selain memanfaatkan fitur Engineer Mode, Anda juga dapat menggunakan cara lainnya untuk mengetahui kondisi smartphone OPPO. Cara tersebut adalah dengan menggunakan AVO Meter. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, berikut akan di ulas pada paragraf di bawah ini.

Menggunakan AVO Meter

Cara yang kedua untuk melakukan pengecekan HP Android OPPO Anda dapat memanfaatkan alat AVO Meter. Alat ini sebetulnya merupakan alat yang difungsikan untuk mengecek voltase dari listrik namun juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dari smartphone OPPO Anda.

Alat ini seringkali disebut sebagai amphere vot ohm meter karena mampu di operasikan untuk mengukur tegangan listrik, hambatan listrik serta arus listrik. Tidak hanya ponsel, alat ini juga seringkali digunakan untuk mengetahui kerusakan perlatan elektronik lainnya seperti TV, AC, kipas angin, dan sebagainya.

Kerusakan HP seringkali terjadi karena kecerobohan kita sebagai user. Kebiasaan yang buruk akan menyebabkan HP cepat rusak, Berikut adalah beberapa Hal yang dapat menyebabkan kerusakan ponsel OPPO milik kita.

  • Smartphone OPPO yang tidak berfungsi karena kemasukan air
  • Smartphone OPPO yang mati total akibat mengecas terlalu lama
  • Smartphone OPPO yang mati karena jatuh dari ketinggian maupun terbentur
  • Smartphone OPPO yang mati tanpa kejadian apapun

Itulah beberapa kerusakan ponsel yang seringkali di alami oleh para penggunanya. Oleh karena itu, maka hendaknya kita menghindari hal-hal tersebut agar ponsel kita awet dan tahan lama. Human eror menjadi faktor utama yang membuat ponsel mudah rusak.

Ketika ponsel Anda mengalami problem maka Anda dapat melakukan pengecekan dengan AVO Meter. Setidaknya terdapat dua komponen yang dapat Anda cek dengan alat ini yaitu cek batrei dan konektor batrei, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cek Kondisi Batrei Smartphone dengan Menggunakan Alat AVO Meter

Kondisi batrei kerap kali menjadi masalah yang menimbulkan ponsel OPPO Anda mati total. Pasalnya batrei berperan sebagai penyuplai daya untuk pengoperasian Smartphone Anda. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan kondisi batrei smartphone OPPO dengan AVO Meter berikut adalah tahapannya.

  • Nyalakan Alat AVO Meter
  • Ubah Settingan ke voltase 10 Volt
  • Hubungkan kutub positif AVO Meter ke kutub positif batrei smartphone Anda
  • Hubungkan kutub negatif AVO Meter ke kutub negatif batrei smartphone Anda
  • Amati Voltase di layar AVO Meter

Seperti yang kita ketahui bahwa batrei yang digunakan oleh Smartphone OPPO memiliki voltase sebesar 3,7 volt. Kondisi batrei dapat dikatakan normal ketika angka AVO meter menunjukan angka dengan minimal besar 3,7 Volt. Apabila hasil yang ditunjukkan di bawah nilai tersebut maka ada masalah.

Kemungkinan ponsel Anda mengalami kondisi yang tidak normal karena daya yang disalurkan tidak sesuai dengan standart. Namun jangan khawatir, Anda dapat menggunakan power suplay guna mengatasi hal tersebut. Power supplay akan mengalirkan aliran listrik ke ponsel Anda.

Hal tersebut diharapkan akan membuat batrei smartphone Anda mampu menyerap daya dan batrei kembali normal dan dapat digunakan dengan baik. Namun apabila kondisi batrei Anda ternyata baik-baik saja maka lakukan uji yang kedua yaitu cek kondisi konektor batrei. Berikut adalah tahapannya.

Cek Kondisi Konektor Batrei dengan Menggunakan Alat AVO Meter

AVO Meter selain berfungsi untuk mengecek kondisi batrei juga dapat digunakan untuk mengecek kondisi konektor batrei. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengecekan kondisi konektor.

  • Atur AVO Meter pada OHM-Meter X1
  • Hubungkan kabel warna merah (kutub positif) di AVO Meter ke konektor batrei kutub positif
  • Hubungkan kabel warna hitam (kutub negative) di AVO Meter ke konektor batrei kutub negative
  • Apabila jarum bergerak naik maka kondisi konektor normal dan sebaliknya.

Itulah beberapa cara untuk mengecek kerusakan HP Andorid Oppo yang mudah dan praktis. Ikutilah berbagai tahapan di atas secara berurutan untuk mengecek HP OPPO Anda. Cara ini merupakan langkah antisipasi guna menghindarkan kerusakan ponsel menjadi semakin parah.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *