Panduan Cara Membuat Diagram di Microsoft Excel

Diagram sering dibutuhkan untuk menyajikan data berupa angka. Penyajian data angka dengan diagram dianggap mudah dipahami dibandingkan dengan tabel. Namun, masalahnya tidak semua orang tahu cara membuat diagram karena memang membuat tabel lebih mudah untuk dilakukan.

Jika berminat dengan data berbentuk diagram, maka Anda harus tahu bagaimana cara membuatnya. Anda bisa membuat diagram menggunakan Microsoft Excel.

Untuk membuat diagram di microsoft excel berikut langkah-kangkahnya:

Persiapkan Data

Hanya ilustrasi

Sebelum membuat diagram, Anda harus menyiapkan data dalam bentuk tabel untuk kemudian dibuat menjadi diagram. Untuk membuat data dengan tabel caranya cukup mudah. Buat data yang diketikkan dalam lembar kerja Excel, kemudian blok data tersebut untuk menjadikannya dalam bentuk tabel.

Buat Diagram di Excel

Setelah menyiapkan data yang akan diubah menjadi diagram, selanjutnya Anda tinggal mengikuti cara membuat diagram menggunakan Excel berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memblok tabel yang telah dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya masuk ke menu Insert dan pilih jenis diagram yang Anda inginkan. Ada beberapa jenis diagram salah satunya Column Chart yaitu diagram yang berbentuk seperti kolom.
  • Selanjutnya Anda akan ditampilkan hasil diagram sesuai dengan pilihan jenis chart yang dipilih sebelumnya.

Mengubah Tampilan Diagram

Sebenarnya Anda sudah berhasil membuat diagram dengan tampilan default. Namun perlu dilakukan editing agar diagram yang Anda buat lebih menarik. Jika ingin mengubah tampilan grafik diagram, Anda bisa mengubahnya pada menu Design. Untuk selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

Mengganti Judul Diagram

Untuk mengganti judul diagram, Anda bisa melakukan klik dua kali pada kotak Chart Title pada diagram yang telah dibuat.

Mengubah Chart Elemen

Pada chart Elemen Anda dapat menyembunyikan atau menampilkan struktur yang ada di diagram tersebut. Caranya yaitu dengan menekan ikon tambah yang ada di samping diagram.

Mengubah Gaya Diagram

Anda dapat mengubah gaya diagram sesuai dengan selera pada Chart Style.

Mengubah Warna Diagram

Sedangkan untuk warna diagramnya, Anda dapat mengubahnya pada menu Change Colors.

Itulah cara membuat diagram dengan mudah menggunakan Microsoft Excel. Sekarang Anda bisa membuat diagram dengan tampilan yang lebih menarik. Semoga informasi di atas membantu Anda.

Give a Comment