Cara Memperbaiki Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka

Keberadaan android membawa banyak kemudahan bagi para penggunanya. Karena Anda dapat menghubungkannya dengan perangkat lain melalui port USB seperti kamera, flash disk dan lainnya.

Namun, terkadang terjadi masalah sehingga dibutuhkan berbagai cara menangani kamera android yang tidak bekerja.

Cara ini sangatlah penting dan berguna karena Anda dapat menangani masalah tersebut secara mandiri tanpa harus membawanya ke tukang service.

Karena setiap masalah koneksi yang terjadi pada kamera android bisa disebabkan kesalahan software ataupun berbagai hal lainnya.

Jadi, dengan menerapkan cara ini Anda tidak perlu panik ketika masalah ini terjadi. Selain itu, Anda dapat menghemat sejumlah uang karena tidak perlu memakai jasa service untuk perbaikan. Bahkan uang tersebut dapat digunakan untuk membeli aksesoris tambahan android kesayangan Anda.

Berikut langkah-langkah Cara mengatasi Kamera yang Error Tidak bisa berfungsi di hp android:

Bersihkan Galeri

Salah satu penyebab tidak bekerjanya kamera android dikarenakan media penyimpanannya sudah penuh. Oleh karena itu, Anda harus menghapus foto, video ataupun dokumen lainnya yang terletak di media penyimpanan internal android Anda.

Anda juga dapat menghubungkan android dengan laptop. Kemudian bukalah folder whatsapp dan pilih media penyimpanan baik itu gambar, video, voice note dan lainnya. Hapuslah file semua sub folder dengan nama sent karena ternyata file yang dikirim melalui WA tersimpan dalam hp.

Anda juga dapat menggunakan microSD untuk penyimpanan eksternal sebagai solusi alternatif dari masalah ini. Selain itu, Anda akan memiliki banyak ruang kosong yang dapat diisi dengan berbagai file penting.

Gunakan Smart Cleaner

Memori yang penuh bisa membuat aplikasi kamera Anda tidak dapat digunakan. Namun jika cara pertama yang digunakan tidak bekerja atau semua file yang dimiliki sangatlah penting maka gunakanlah aplikasi smart cleaner. Aplikasi ini dapat di download secara gratis dari Playstore.

Aplikasi ini akan menghapus berbagai junk file yang ada di smartphone Anda. Selain itu, dengan bantuan aplikasi ini Anda bisa mengurangi pemakaian RAM sehingga kinerja hp menjadi semakin ringan.

Aplikasi ini juga dapat berperan sebagai antivirus. Jadi, dengan memiliki aplikasi satu ini Anda dapat menggunakannya untuk berbagai fungsi. Terlebih, ukurannya sangat kecil sehingga tidak membebani penyimpan smartphone Anda.

Restart Smartphone Anda

Cara menangani kamera android yang tidak bekerja satu ini merupakan upaya yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Karena tidak bekerjanya kamera android dapat disebabkan software yang error sementara.

Jadi, restart-lah smartphone Anda. Kemudian tunggu beberapa saat sampai hp menyala kembali. Kemudian cobalah untuk menggunakan kamera kembali. Cara ini akan berhasil jika gangguannya disebabkan oleh error program.

Update OS

Melakukan pembaharuan OS juga dapat menjadi solusi agar kamera android dapat bekerja lebih baik. Karena OS ini akan selalu berkembang, isinya juga berupa pembaharuan berbagai fungsi yang berguna untuk android Anda. Karena itu lakukanlah update OS secara berkala.

Namun, informasi update tersebut tidak dapat diketahui dan dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan pengecekan. Adapun cara pengecekan OS android antara lain:

  • Bukalah ikon setting pada android Anda.
  • Kemudian klik opsi “About Phone”.
  • Setelah ini klik pilihan “System Update”. Jika update-an telah tersedia maka hp Anda akan melakukan download dan instalasi secara otomatis. Namun, jika belum tersedia maka akan ada pemberitahuan bahwa OS Anda merupakan yang paling update.

Unroot Android

Melakukan root ataupun unroot sangat tidak disarankan, terutama bagi Anda yang tidak begitu mengerti akan OS android. Karena hal ini dapat menghilangkan garansi hp atau membuat beberapa aplikasi tidak bekerja. Ketika ini terjadi maka lakukanlah proses unroot kembali.

Cara ini akan mengembalikan OS Anda seperti sedia kala dan mungkin ada harapan kamera android tersebut akan kembali seperti semula. Karena terdapat banyak risiko dari root-ing android, maka hindarilah cara ini sebisa mungkin.

Menghapus Opsi Fitur Tertentu

Setiap merk smartphone tentu memiliki fitur unggulannya tersendiri. Namun, beberapa fitur ini dapat menjadi salah satu sumber masalah dari kamera android yang tidak mau berfungsi. Salah satu merk dengan fitur tersebut adalah Nexus dengan fitur Nu Player.

Cara ini berlaku jika OS yang dipakai merupakan android 5.0, sehingga Anda harus memperhatikan OS ini sebelum menjalankan cara dibawah ini. Adapun cara untuk menonaktifkan fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bukalah opsi setting.
  • Kemudian klik pilihan “developer options”.
  • Lihat pilihan Nu Player dan kliklah untuk menghilangkan tanda centangnya.
  • Setelah itu segera restart hp Anda.

Lakukan Pembaharuan Aplikasi Kamera

Ketika cara restart tidak berhasil, Anda dapat melakukan pembaharuan kamera dengan melakukan hapus semua file beserta cache filenya. Namun, sebelum itu Anda harus melakukan penghentian program kamera secara paksa terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah pengaturan.
  • Kemudian klik pilihan aplikasi atau apps.
  • Lalu, klik bagian semua aplikasi atau sistem yang bekerja pada opsi semua file.
  • Lalu, carilah pilihan aplikasi kamera.
  • Klik sekali pada aplikasi tersebut untuk menghentikan kerjanya secara paksa.
  • Kemudian kliklah bagian menghapus cache dan data.
  • Setelah semua selesai segera restart android Anda.

Factory Data Reset

Cara lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengembalikan setting android sesuai dengan pabrikannya. Cara ini merupakan opsi terakhir jika berbagai cara lain telah Anda lakukan. Karena cara ini dijamin ampuh, namun berbagai file dan aplikasi Anda akan hilang.

Cara ini cukup beresiko terutama jika Anda memiliki berbagai file penting ataupun aplikasi berbayar yang sudah di install sebelumnya. Namun, jika tidak ada jalan lain maka gunakanlah langkah-langkah di bawah ini:

  • Bukalah setting pada android Anda.
  • Klik opsi backup dan reset.
  • Setelah itu klik pilihan factory data reset dan tunggulah beberapa saat sampai semua prosesnya selesai.

Menerapkan Trik Tombol

Cara berikut ini tidak serta merta dapat dilakukan pada semua merk smartphone. Selain itu, cara ini juga termasuk pemaksaan dan jika dilakukan terlalu sering maka dapat mengganggu kinerja hp Anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi kamera smartphone Anda.
  • Kemudian tekan tombol volume (-) plus tombol power dan tombol home secara bersamaan selama 30 detik. Jika berhasil, maka kamera android akan bekerja dan jika tidak maka kamera Anda mengalami masalah bisa pada software atau hardwarenya.

Memakai Aplikasi Kamera Lainnya dari PlayStore

Selain cara di atas Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi kamera lainnya yang ada di Google PlayStore. Anda hanya perlu memilih satu di antaranya kemudian install. Lalu cobalah untuk membuka aplikasi tersebut.

Karena, bisa saja yang rusak hanya aplikasi bawaan untuk kamera android Anda. Jadi, dengan memakai cara ini Anda bisa menggunakan kamera tersebut secara normal kembali.

Bawa ke Service Center

Jika berbagai cara di atas tidak ada yang bekerja, maka cara terakhir adalah membawanya ke service center agar hp Anda dapat diperbaiki. Namun, tidak ada kemungkinan yang pasti bahwa smartphone Anda akan pulih dan mungkin saja Anda harus mengganti beberapa komponen.

Itulah beberapa cara mengatasi kamera android yang tidak bekerja yang dapat Anda pilih dan terapkan ketika masalah ini terjadi pada smartphone Anda. Beberapa cara di atas tidak memiliki efek samping, namun ada juga yang memiliki risiko tersendiri. Karena itu, pilihlah salah satu dari cara tersebut dengan bijak.

Give a Comment