Cara Mempercepat Kinerja Komputer-Laptop yang Lemot

Ketika laptop atau komputer sudah digunakan dalam waktu yang lama, biasanya pengguna akan sering merasakan penurunan perfoma.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab penurunan performa komputer atau laptop tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pun bisa mengetahui bagaimana cara mempercepat kinerja laptop tersebut.

Ada beberapa penyebab mengapa performa komputer atau laptop bisa menurun. Misalnya kapasitas RAM yang sudah tinggal sedikit, terlalu banyak cache atau sampah, dan berbagai penyebab lainnya.

Untuk bisa mempercepat kinerja komputer atau laptop, Anda bisa mencoba cara berikut ini:

Memperbesar Kapasitas Hardisk dan RAM

Performa komputer atau laptop bisa menurun salah satunya karena multitasking yang terlalu berat. Hal ini menyebabkan laptop atau komputer jadi cenderung bekerja lebih lambat. Jika mengalami hal demikian, menambah atau memperbesar kapasitas RAM bisa menjadi pilihan.

Memperbesar Kapasitas RAM akan membantu komputer bisa menjalankan multitasking lebih baik meskipun aplikasi yang digunakan lebih berat. Selain kapasitas RAM, perhatikan juga kapasitas hardisk perangkat Anda.

Ketika kapasitas hardisk semakin mengecil, maka performa komputer juga akan menurun. Karena itu sangat disarankan untuk memperbesar kapasitas hardisk ini.

Gunakanlah SSD

Jika memang Anda memiliki budget lebih, menggunakan SSD juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan performa komputer.

Sebab peforma SSD dalam memproses kinerja komputer-laptop lebih baik dibandingkan Hardisk (HDD).

Menghapus Cache (File Sementara) di Recycle Bin

Penyebab lain yang bisa membuat performa komputer menurun adalah karena terlalu banyak cache atau sampah di memori penyimpanan komputer. File sementara inilah yang sangat menghambat kinerja komputer.

Menghapus cache di recycle bin secara berkala akan membantu meningkatkan kembali performa komputer. Caranya, klik kanan pada ikon Recycle Bin, lalu pilih Empty Recycle Bin. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Cleaner untuk mempercepat menghapus cache.

Uninstal Program yang Tidak Dibutuhkan

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop adalah dengan menghapus aplikasi atau software yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Uninstal program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan ini akan meningkatkan ruang penyimpanan hardisk.

Cara untuk uninstal program yang tidak dibutuhkan adalah sebagai berikut. Pertama klik Start kemudian masuk ke menu Control Panel. Jika sudah pilih menu ‘Unsinstal Program’ lalu tinggal pilih aplikasi atau program yang ingin diuninstal.

Meminimalisir Program yang Berjalan di Startup

Komputer menjadi lambat atau lemot bisa saja disebabkan karena Anda terlalu banyak menjalankan program atau aplikasi di startup. Karena itu, meminimalisir program yang berjalan di Startup juga akan membuat kinerja komputer lebih meningkat.

Jika ada program yang tidak benar-benar penting atau tidak terlalu digunakan, Anda bisa menonaktifkannya. Caranya:

  • Tekan tombol ‘Win + R’ dari keyboard. Jika sudah akan muncul kolom, tulis taskmgr
  • Selanjutnya pilih tab startup .
  • Setelah itu klik kanan pada aplikasi startup yang ingin diberhentikan dan klik disable.

Instal Antivirus

Cara paling utama yang harus Anda pastikan untuk meningkatkan kinerja komputer adalah antivirus. Malware, vurus dan spyware adalah virus komputer yang bisa menghambat kinerjanya sekaligus merusak data yang ada di dalamnya.

Untuk itu, agar kinerja komputer atau laptop Anda bisa tetap maksimal, pastikan Anda sudah menginstal antivirus. Pastikan juga antivirus yang dipasang adalah antivirus yang tepat dan bukan antivirus yang malah menghambat kinerja laptop.

Custom Virtual Memory

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda adalah dengan memanfaatkan virtual memory. Memang virtual memory ini memiliki peran yang tidak sebesar RAM, namun setidaknya bisa membantu meningkatkan performa komputer.

  • Untuk mengaturnya, caranya tekan tombol Windows+Pause/break dari keyboard. Setelah itu pilih ‘Advanced System Settings’. Pada tab Advanced, pilih Settings yang terdapat di menu Performance.
  • Selanjutnya, pindah lagi ke tab Advanced. Setelah itu pilih ‘Change’ pada bagian menu Virtual Memory. Jika sudah, hilangkan tanda centang (uncheck) pada pilihan ‘Automatically manage paging file size for all drives’.
  • Setelah itu, pilih pada ‘Custom Size’ dan Anda bisa menentukan sendiri berapa memori virtual yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan maksimum size, tuliskan 2x initial size. Terakhir tinggal klik ‘Set’ kemudian klik ‘OK’.

Minimalkan Penggunaan Efek Visual

Ada banyak pengguna laptop atau komputer yang ingin membuat tampilan desktop semakin menarik dengan memberikan efek visual. Namun semakin banyak efek visual yang digunakan, akan berpengaruh memperlambat kinerja laptop atau komputer.

Berikut adalah cara meminimalisir penggunaan efek visual tersebut.

  • Pertama, masuk ke Control Panel. Setelah masuk, pilih pada menu System and Security kemudian pilih ‘System’ lalu pilih ‘Advanced System settings’. Menu ini ada di bagian pojok kiri atas dari jendela System.
  • Jika sudah, masuk ke tab Advanced lalu pilih menu Performance, kemudian pilih ‘Settings’. Selanjutnya, pada tab ‘Visual Effect’ pilih opsi custom dan hilangkan tanda cek pada efek visual yang tidak dibutuhkan. Apabila ada efek yang biasanya muncul namun tidak ada, silahkan pilih kembali ke default.

Gunakanlah Disk Cleanup

Tidak ada salahnya menggunakan tool disk clean up untuk membantu menghapus file sementara atau cache di recycle bin. Program atau aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam membersihkan cache yang tidak dibutuhkan di dalam recycle bin.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih di lokasi drive mana yang ingin dibersihkan. Cara menggunakannya:

  • Pertama klik kanan pada drive yang ingin Anda bersihkan.
  • Selanjutnya pilih ‘Properties’ lalu pilih ‘Disk Clean Up’. Tunggu sampai proses pembersihan selesai.

Gunakan Disk Defragmenter

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa komputer adalah dengan menggunakan disk defragmenter. Fregmentasi pada memori penyimpanan Anda akan bekerja lebih ekstra yang pasti akan membuat performa komputer jadi menurun.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Disk Defragmenter ke yang akan bertugas menyusun kembali data yang sebelumnya terfragmentasi. Cara menggunakannya juga sederhana:

  • Pertama, klik kanan pada drive yang akan didefragmentasi. Kemudian, pilih pada ‘Properties’.
  • Lalu pilih ‘Defragment Now’ yang terletak di dalam tab ‘Tools’. Tunggu hingga proses selesai.

Hapus widget pada Desktop yang Tidak Penting dan Tidak Dibutuhkan

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa komputer Anda adalah dengan menghapus widget yang tidak penting dari desktop. Pemasangan widget yang berlebihan pada desktop akan sangat berpengaruh pada performa komputer.

Karena itu, jika ingin performa komputer Anda meningkat, cukup gunakan widget yang dibutuhkan dan hapus widget yang tidak dibutuhkan. Kecuali, jika memang komputer Anda memiliki spesifikasi tinggi, maka tidak akan memberikan dampak pada performa komputer.

Ketika menggunakan komputer namun harus terhambat karena performa yang lambat, tentu akan sangat menghambat kegiatan Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara mempercepat kinerja laptop di atas. Selain itu, dengan menghindari hal-hal yang bisa membuat kinerja komputer menurun juga akan membantu mempertahankan performanya tetap maksimal.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *