Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Otomatis di Google Chrome

Saat ini mungkin Anda sedang mencari cara mengatasi IDM tidak muncul di Google Chrome. Masalah tersebut adalah masalah klasik yang banyak di alami oleh user. Namun, Anda tidak perlu cemas karena di artikel ini akan di ulas bagaimana cara mengatasi hal tersebut secara mudah dan tuntas.

Sebelum membahas mengenai caranya Anda harus terlebih dahulu untuk mengetahui IDM yang tidak muncul bukan diakibatkan karena IDM tidak terinstall di laptop/ PC Anda. Namun, seringkali masalah tidak munculnya IDM hanya karena belum dimunculkan di dalam Google Chrome.

Bagi Anda yang mengalami masalah IDM tidak muncul di Google Chrome, tidak perlu khawatir dan panik. Anda cukup mengikuti beberapa tahapan yang akan di ulas pada paragrafi di bawah ini. Berikut adalah langkah – langkah yang harus ikuti satu per satu.

Internet download manager (IDM) merupakan sebuah perangkat lunak yang banyak digunakan oleh setiap user saat ini. Hal itu membuat user akan cemas bilamana IDM tidak muncul di browser. Bagi Anda yang mengalami tersebut berikut akan di ulas cara mengatasi IDM tidak muncul di Google Chrome.

Berikut langkah-langkah untuk cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Otomatis di Google Chrome:

  • Buka Aplikasi Google Chrome di PC atau laptop Anda
  • Lalu klik menu yang berada di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya silahkan pilih more tools dan dilanjutkan dengan klik ekstension.
  • Apabila Anda melakukan istruksi dengan benar maka Anda dapat melihat tampilan layar eksternsi Google Chrome di dalam dekstop Anda
  • Lakukan dengan melakukan minimize Google Chrome secara sementara dengan mengklik tanda garis horizontal di opsi menu sebelah kanan atas.
  • Selanjutnya Anda masuk ke folder tempat IDM terinstall di laptop/ PC Anda ( default dari aplikasi biasanya berada di folder C:
  • Program Files\Internet Download Manager. Bagi Anda yang memiliki laptop/ PC 64 Bit, Anda dapat mengecek di program files ( x 86).
  • Apabila Anda sudah menemukan folder tersebut maka Anda dapat mencari file dengan nama IDMGCExt.crx
  • Selanjutnya silahkan Anda buka kembali Google Chrome yang telah di minimize. Posisikan Google Chrome di samping daftar file folder IDM.
  • Pada file IDMGCExt.crx tersebut silahkan klik satu kali dan lakukan drag file ke halaman ekstensi google chrome
  • Selanjutnya klik continue pada notifikasi di bagian bawah chrome. Anda akan menemukan pop up bernama IDM Integration Module (IDM). Selanjutnya pilih aktifkan.

Bagaimana jika tidak bisa?

Pertama-tama install ulang terlebih dahulu Internet download manager-nya. Lalu ulangi langkah-langkah di atas.

Jika masih tidak bisa juga maka langsung saja install melalui extension resmi IDM melalui link: idm untuk Google Chrome agar download otomatis.

Itulah cara mudah mengatasi IDM tidak muncul di Google Chrome. Apabila dengan menggunakan cara di atas Anda masih tidak dapat menemukan IDM maka disarankan untuk mengulangi proses dari awal, karena kemungkinan besar terjadi kesalahan prosedur untuk mengaktifkan kembali perangkat IDM tersebut.

Give a Comment