15 Cara Mengatasi Instagram Tidak bisa Tag Teman

Salah satu media sosial yang cukup popular untuk saat ini yaitu instagram. Platform media sosial ini menyediakan fitur untuk tag teman sehingga Anda dapat berinteraksi dengan teman. Namun, terkadang Anda tidak memanfaatkan fitur tersebut. Tidak perlu risau, cara mengatasi Intagram yang tidak dapat tag teman dapat dilakukan dengan mudah.

Namun, sebelum membahas cara tersebut hendaknya kita mencari akar masalah mengapa fitur tersebut tidak dapat digunakan. Sebetulnya banyak faktor yang memengaruhi akun Anda tidak dapat tag teman seperti jaringan yang terganggu, akun teman di private, salah menuliskan nama dan berbagai hal lainnya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui mengenai alasan mengapa Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tersebut berikut akan di ulas beberapa alasannya mengapa akun instagram Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tersebut. Berikut ini akan di ulas khusus untuk Anda.

Platform media sosial Instagram menyediakan fitur untuk mempermudah Anda berinteraksi dengan teman yaitu dengan tag teman. Namun, seringkali Anda kesulitan untuk menggunakan fitur tersebut. Secara umum terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut. Berikut ulasannya.

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Akun Instagram Anda Tidak dapat Tag Teman serta Cara Mengatasinya:

Jaringan Internet yang Lambat

Banyak faktor yang membuat akun Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tag account yang disediakan oleh platform media sosial Instagram. Salah satu faktornya yaitu jaringan internet yang lambat. Jaringan internet yang lambat akan membuat Anda tidak dapat mencari akun Instagram teman yang berakibat tidak dapat melakukan tag ke Instagram.

Jaringan yang lambat tidak hanya akan membuat Instagram Anda tidak dapat mengakses akun Instagram Anda. Oleh sebab itu maka pastikan menggunakan provider data cellular yang terpercaya dan mampu menyediakan jaringan internet kapan pun dan dimanapun sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Umumnya suatu provider akan unggul di suatu daerah tertentu. Oleh sebab itu, Anda harus mempelajari karakteristik dari suatu provider yang cocok untuk digunakan. Jangan ragu untuk bertanya kepada tetangga, saudara, dan teman-teman untuk mendapatkan referensi brand provider yang baik untuk digunakan.

Alternatif solusi untuk mengatasi masalah jaringan internet yang lambat, Anda dapat menggunakan jaringan public Wifi yang berada di pusat perbelanjaan, café, maupun tempat pelayanan public. Hal tersebut akan membuat Anda tetap dapat memanfaatkan fitur tersebut.

Salah Menuliskan Nama Akun

Faktor yang mempengaruhi Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tag account lainnya yaitu salah menuliskan nama akun. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa Instagram merupakan sebuah platform media sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik generasi muda hingga pada orang tua.

Hal tersebut akan membuat risiko terjadinya kesalahan penulisan nama akan semakin besar mengingat banyaknya nama yang sama. Oleh karena itu, biasakan untuk menuliskan nama lengkap dari akun yang bersangkutan sehingga Anda tidak akan keliru dan dapat memanfaatkan fitur tag account tersebut.

Akun Teman di Private

Perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak dapat melakukan tag account pada akun-akun yang di private oleh pemiliknya. Akun private hanya dapat di tag oleh orang yang sudah melakukan pertemanan (saling follow) di Platform Instagram sehingga apabila Anda belum memfollow akun tersebut maka tag akun tidak dapat dilakukan.

Guna mengatasi hal tersebut, pastikan bahwa Anda dan teman yang hendak di tag sudah saling berteman/ saling follow. Apabila Anda tidak memfollow akun teman Anda dan akun teman Anda ternyata di private maka jangan harap untuk melakukan tag account di postingan Anda.

Akun Anda Diblokir

Faktor lainnya yang akan memengaruhi Anda tidak dapat mengakses fitur tag account yaitu akun Anda diblokir. Ketika akun Anda diblokir oleh akun yang hendak Anda tag maka akun yang bersangkutan tidak akan muncul di kolom pencaharian Anda.

Untuk mengetahui apakah akun Anda diblokir atau tidak maka amatilah ciri-cirinya. Ciri-ciri dari akun diblokir yaitu tidak dapat melihat IG Story, tidak bisa melakukan direct message, foto profile hilang atau kosong, serta tidak dapat melihat postingan akun teman tersebut.

Ketika Anda mendapati ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar maka akun Instagram Anda diblokir oleh teman Anda. Untuk memastikannya, Anda dapat mengirimkan direct message melalui akun Instagram yang tidak diblokir untuk menanyakan alasan kenapa akun Anda diblokir.

Aplikasi Instagram Galat

Faktor penyebab lainnya tidak dapat melakukan tag akun teman yaitu karena aplikasi Instagram Galat. Hal tersebut dimungkinkan karena kita terlalu banyak membuka aplikasi serta terlalu sering untuk menutup dan membuka Instagram. Berikut adalah cara cara mengatasi Intagram yang tidak dapat tag teman akibat aplikasi galat Intagram.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih Aplikasi Terinstall
  • Pilih Aplikasi Instagram
  • Klik paksa berhenti

Instagram Tidak di Update

Faktor penyebab lainnya dari masalah Anda yaitu Instagram tidak pernah di Update. Update aplikasi merupakan hal yang penting untuk dapat memperbaharui sistem. Oleh sebab itu maka biasakan untuk mengupdate aplikasi secara berkala, berikut adalah caranya.

  • Buka aplikasi Playstore maupun App Store
  • Pilih aplikasi dan game saya
  • Klik Update

Data Instagram Penuh

Instagram merupakan platform media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengunggah foto maupun video kesayangan Anda. Terlalu banyak mengunggah akan membuat data Instagram penuh. Berikut adalah cara mengatasinya.

  • Buka menu Pengaturan
  • Masuk ke aplikasi terinstall
  • Cari aplikasi Instagram dan klik hapus data

Memori Internal Smartphone Full

Memori internal smartphone yang terlalu penuh juga akan membuat Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tag account di Instagram. Oleh karena itu maka longgarkan storage Anda dengan cara menghapus beberapa file yang menurut Anda tidak penting.

Pengaturan Privasi

Salah satu alasan mengapa Anda tidak dapat melakukan tag akun Instagram yaitu pada pengaturan privasi. Ketika teman Anda melakukan setting tersebut maka Anda tidak dapat melakukan apa-apa. Alternatif solusinya yaitu dengan meminta membukakan kepada teman Anda.

Tidak Mengizinkan Aplikasi Instagram

Untuk beberapa tipe ponsel seperti Lenovo dan Xiaomi, Anda harus melakukan pengaturan mengizinkan fitur-fitur untuk di akses di smartphone Anda. Hal tersebut akan membuat Anda tidak dapat memanfaatkan fitur tersebut. Berikut adalah cara mengatasinya.

  • Masuk ke pengaturan
  • Cari menu aplikasi terintall
  • Pilih opsi perizinan apl
  • Hidupkan semua opsi

Matikan Aplikasi Game Booster

Bagi Anda para gamers tentunya mengenal aplikasi Game Booster. Aplikasi ini diperuntukan untuk memberikan batasan terhadap aplikasi lainnya salah satunya Instagram. Oleh sebab itu maka apabila Anda mendapatkan kendala tidak dapat melakukan tag account di Instagram maka kemungkinan aplikasi ini biang keroknya.

Oleh karena itu, maka jangan ragu untuk mematikan aplikasi tersebut ketika Anda tidak sedang bermain game. Penonaktifkan game booster akan membuat smartphone Anda bekerja normal tanpa adanya pembatasan terhadap aplikasi tertentu.

Matikan Fitur Penghemat Baterai

Aplikasi lainnya yang dapat memengaruhi fitur di Instagram Anda yaitu fitur penghemat batrei. Fitur tersebut akan membatasi kinerja aplikasi untuk mengurangi konsumsi batrei. Hal tersebut berpengaruh kepada fitur di Instagram. Berikut adalah cara mengatasi masalah tersebut.

  • Masuk ke Menu Pengaturan/ settings
  • Pilih menu batrei dan performa
  • Masuk ke Pilihan daya
  • Matikan fitur penghemat daya batrei

Berpindah Jaringan

Ketika Anda hendak memposting foto maupun video yang menarik ke akun Instagram serta ingin tag teman namun tidak bisa sungguh menjengkelkan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan proses perpindahan jaringan. Proses ini hanya dapat dilakukan menggunakan akun dual SIM ataupun menggunakan Wifi berikut caranya.

  • Masuk ke pengaturan/settings
  • Klik dual card and mobile
  • Klik enable the sim card 2
  • Klik Ok

Hubungkan dengan Akun Instagram Lainnya

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tidak dapat melakukan tag account yaitu dengan menghubungkan dengan akun media sosial lainnya. Ketika Anda diblokir oleh pihak Instagram, kemungkinan Anda diduga sebagai akun spam ataupun akun robot.

Oleh karena itu, maka kaitkan akun Instagram Anda dengan akun media sosial lainnya guna meyakinkan pihak instagram bahwa akun Anda buka spam ataupun robot. Berikut adalah cara mengaitkan akun Instagram dengan media sosial lainnya.

  • Buka menu settings di instagram
  • Pilih Opsi Linked Accound
  • Masukan media sosial yang hendak Anda hubungkan
  • Login akun media sosial tersebut
  • Klik ok

Lapor Ke Pihak Instagram

Alternatif cara yang paling terakhir untuk mengatai masalah Anda yaitu dengan melaporkan masalah Anda kepada pihak Instagram. Sebagai platform media sosial terbesar di dunia, tentunya Instagram akan melakukan service yang baik kepada setiap penggunanya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk lapor.

Cara untuk melaporkan masalah ke pihak Instagram dapat diakukan dengan mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Instagram dan memanfaatkan fitur laporan. Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan guna melaporkan permasalahan Anda,

  • Masuk ke menu settings
  • Klik report a problem
  • Anda akan mendapatkan tiga opsi, pilih report a problem
  • Jelaskan masalah Anda
  • Simpan bukti pelaporan Anda

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi Intagram yang tidak dapat tag teman. Cara tersebut terbilang praktis dan dapat dipraktikan dengan mudah. Untuk itu jangan ragu untuk menggunakannya dan rasakan manfaat dari menggunakan cara tersebut segera.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *