7 Cara Mengatasi Lag PES 2019 di Laptop/PC Saat Main

PES atau Pro Evolution Soccer merupakan game sepak bola yang sangat digemari oleh banyak orang, permainan ini sudah sangat populer dan kini dapat dimainkan di berbagai platform.

Awal mulanya game bertema olahraga ini hanya dapat dimainkan melalui konsol seperti ps, x-box dan sejenisnya, namun seiring perkembangannya Anda sekarang dapat memainkannya melalui pc ataupun laptop.

Seri terbaru dari game ini adalah PES 2019, dimana telah banyak peningkatan dari segi grafik, kontrol dan juga pembaruan yang membuat permainan sepak bola di dalamnya lebih realistis.

Namun, sayangnya dengan adanya peningkatan tersebut malah membuat kinerja laptop ataupun pc low end tidak dapat mengikuti perkembangannya sehingga lag di tengah permainan sangat sering terjadi.

Kebanyakan perangkat yang digunakan untuk memainkan game ini menggunakan processor intel atau amd, serta menggunakan intel hd atau nvidia sebagai pengolah grafisnya.

Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi lag pada laptop ataupun PC saat memainkan PES 2019.

Baca juga: cara mengatasi PES error tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Lag Saat Memainkan PES 2019 di Laptop dan PC Low End:

Menurunkan Resolusi Grafis Game

Resolusi grafis yang terlalu tinggi bukan berarti cocok dengan spesifikasi perangkat Anda, karena settingan yang tidak sesuai dengan kemampuan perangkat bisa membuat grafis tersebut patah atau ngelag. Maka dari itu menurunkan settingan grafis dapat membuat game berjalan lebih ringan dan lancar.

  1. Untuk mengubah pengaturan ini tentunya Anda harus masuk ke bagian setting terlebih dulu.
  2. Setelah itu masuklah ke bagian display.
  3. Pada settingan display ini ubahlah kualitasnya menjadi low.
  4. Untuk settingan yang lain biarkan saja seperti semula

Defrag Hard Disk

Data yang tidak tertata dengan rapi dapat menyebabkan kemampuan membaca hard disk menjadi lambat. Kegunaan defragment sendiri membuat data-data atau file yang Anda simpan lebih struktural sehingga pembacaan data menjadi lebih cepat.

Cara untuk melakukan defragment sangatah mudah, Anda tidak memerlukan bantuan software apapun karena windows sudah menyediakan fitur ini di dalam start menu. Anda bisa melihat langkah yang diperlukan di bawah ini.

  1. Langkah pertama tentu saja adalah membuka start menu terlebih dulu, biasanya menu ini bergambar icon windows dan terletak di pojok kiri bawah.
  2. Sebelum melakukan cara ini sebaiknya Anda sedang tidak mengoperasikan software apapun, agar defragment berjalan lancar dan cepat selesai.
  3. Selanjutnya silahkan pilih partisi hard disk yang akan Anda rapikan terutama yang terdapat pada disk C. Karena partisi ini menyimpan semua data-data penting dari software dan juga file sistem yang berkaitan dengan windows.
  4. Klik kanan pada partisi yang Anda pilih, kemudian silahkan masuk ke bagian properties.
  5. Apabila Anda sudah memasuki properties selanjutnya masuklah ke bagian tools.
  6. Di dalam menu ini terdapat beberapa pilihan, mulai dari check error, defragmentation, dan juga backup.
  7. Sebelum melakukan defragmentasi pada data-data Anda, sebaiknya lakukan cek hard disk terlebih dulu, tujuannya jika terdapat masalah pada hard disk Anda dapat diperbaiki secara otomatis.
  8. Selesai melakukan scan and fix, Anda dapat melakukan melakukan defregmentation dengan mengklik tulisan tersebut. Selanjutnya Anda hanya tinggal memilih opsi difragment disk dan menunggu hingga prosesnya selesai.
  9. Lamanya proses ini tergantung dari kesehatan dan performa hard disk yang Anda gunakan. Selain itu kerapian folder-folder di dalamnya juga turut berpengaruh terhadap durasi defragmentasi.

Melakukan Pembaruan Driver Grafis Laptop / PC

Driver yang belum diupdate serta terlalu lama dibiarkan bisa mempengaruhi kualitas grafik dan performa perangkat dalam memainkan game.

Semua diver pengolah grafis pada dasarnya perlu dilakukan pembaruan supaya bisa mengikuti perkembangan perangkat lunak saat ini.

Pembaruan driver juga bermanfaat unutk memperbaiki bug serta meningkatkan performa grafis.

Memperbarui Driver Melalui Situs Resmi

  • Karena banyak laptop ataupun pc yang ditenagai intel, maka kali ini yang akan dijadikan rujukan adalah intel.com.
  • Kunjungi situs remi intel tersebut, kemudian silahkan pilih menu pusat unduhan.
  • Selanjutnya pilih produk graphics drivers
  • Kemudian slahkan pilih driver grafis yang sesuai dengan sistem operasi Anda
  • Setelah terdownload, Anda bisa menginstallnya seperti biasa.
  • Apabila instalasi telah selesai silahkan restart perangkat Anda.
  • Hal ini juga berlaku bagi pengolah grafis lainnya seperti nivdia dan lain-lain, Anda hanya perlu mengunjungi situs resminya kemudian mendowload driver sesuai dengan OS yang digunakan.

Menggunakan Driver Updater

Software seperti ini berguna untuk melakukan scan dan update secara otomatis terhadap driver yang sudah kadaluarsa.

Bukan hanya driver grafis, namun Anda juga bisa melakukan pembaruan terhadap driver jenis lain dan software yang sudah usang. Contoh driver updater seperi IO bit, Driver Booster dan sejenisnya.

Walaupun software semacam ini berasal dari pihak ke-tiga namun keaslian dan keamanan driver yang diunduh tetap terjamin.

Selain itu dengan proses scan and update Anda tidak perlu repot-repot untuk mendownload dan menginstall driver satu persatu.

Memakai Game Booster

Cara Untuk mengatasi Lag pada PES 2019 ini lumayan efektif, pasalnya dengan menggunakan software game booster, game Anda dapat dioptimalisasi dengan mematikan startup windows dan aplikasi tidak penting lainnya.

Contoh software seperti ini adalah Razor Cortex, Anda cukup menambahkan game yang akan Anda mainkan kedalam program ini, kemudian game Anda akan dioptimalkan supaya permainan Anda lancar dan tidak lemot.

Memakai Direct3D Overrider

Hampir sama dengan poin sebelumnya, software ini berguna untuk mengatasi lag pada game yang Anda mainkan.

Lag sendiri terjadi karena render grafis tidak dapat sinkron dengan monitor maka dari itu dengan menggunakan fitur force tripple buffering dan force v-sync dapat meningkatkan proses render pada game Anda.

Membersihkan File Sampah

File sampah ini biasanya berupa temporary file atau cache, jika file-file ini dibiarkan menumpuk maka performa perangkat Anda lama-lama akan menurun. Anda dapat membersihkannya menggunakan software cleaner yang banyak tersedia secara gratis.

Menggunakan Patch PES 2019 melalui DPFilelist Generator

Solusi terakhir ini terbilang cukup nekat, dimana Anda nantinya akan memodifikasi environtment grafis pada PES2019.

Dengan menggunakan metode ini Anda dapat meningkatkan performanya secara paksa, namun sebagai gantinya material grafis pada game akan menurun.

Caranya yaitu menggunakan DPFilelist Generator untuk mengganti file bawaan game dengan file yang sudah disetting sebelumnya, untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada pembahasan berikut.

  • Setelah file selesai didownload kemudian taruh file-file tersebut pada folder PES di C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2019\download.
  • Langkah berikutnya buka program DPFilelist Generator, pastikan juga bahwa file patch sudah terdestinasi ke folder berikut ini, C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2019\download.
  • Yang harus Anda lakukan selanjutnya mengklik Generate DpFileList.bin.
  • Terakhir, copy file yang berada dalam folder anti lag menuju penyimpanan game di C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2019.

Seperti itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi Lag pada PES 2019. Dengan menggunakan langkah-langkah tadi mestinya Anda sudah bisa memainkannya secara mulus, silahkan mencoba dan jangan lupa untuk membatasi waktu bermain Anda.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *