Cara Mengetahui Nomor Telepon Tidak Dikenal

Terkadang nomor telepon tidak dikenal bisa menghubungi dan masuk ke HP Anda kapan saja. Entah secara sengaja atau tidak sengaja menghubungi, Anda pasti menjadi penasaran siapa pemilik nomor tersebut. Apakah hanya orang iseng yang menghubungi secara random atau orang dikenal yang memang ingin menghubungi Anda.

Saat ini, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk mengetahui pemilik nomor telepon yang tidak dikenal. Jadi tidak perlu penasaran lama-lama, Anda bisa segera mengetahui nomor tersebut milik siapa.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui pemilik nomor telepon tertentu yang tidak dikenal:

Menggunakan Aplikasi Truecaller

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor telepon yang tidak dikenal adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama Truecaller dari True Software Skandinavia AB. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis dengan kapasitas 15 MB saja.

Cara menggunakan Truecaller untuk mengetahui pemilik nomor telepon tertentu adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi melalui Google PlayStore secara gratis.
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi dan tekan pilihan Mulai.
  • Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dan memasukkan nomor telepon yang masih aktif.
  • Setelah mendaftar, Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS di nomor yang telah didaftarkan.
  • Masukkan 6 digit kode yang sudah dikirimkan melalui SMS.
  • Jika sudah diverifikasi, maka Anda sudah bisa menggunakan berbagai layanan dari Truecaller. Salah satunya yaitu fitur pemblokiran nomor spam yang mengganggu.

Menggunakan Website Truecaller

Truecaller tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi saja namun juga tersedia dalam bentuk website. Anda juga bisa mengetahui nomor telepon tidak dikenal dan menikmati fitur lainnya pada Truecaller versi website. Cara menggunakan Truecaller versi website adalah sebagai berikut:

  • Buka website resmi truecaller melalui browser PC atau HP.
  • Masuk ke aplikasi dengan akun yang sudah Anda daftarkan. Namun jika belum memiliki akun maka lakukan sign up terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama, masukkan kode negara dan nomor telepon yang ingin Anda lacak.

Menggunakan dial up

Terkadang nomor yang mengganggu juga berasal dari private number yang tidak menampilkan nomornya. Meskipun private number yang tidak menampilkan nomor, Anda masih tetap bisa melacaknya. Namun cara ini hanya berlaku untuk pengguna provider XL dan juga Axis. Langsung saja, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Masukkan dial *818# kemudian tekan OK, selanjutnya *67*62818444800# lalu OK dan terakhir *61*+61818444800#.
  • Dan kemudian non aktifkan dengan cara #818# kemudian OK, dan #67# lalu OK #61#.

Menggunakan Trapcall

Jika Anda bukan pengguna provider XL dan Axis maka tidak bisa melacak nomor dengan cara di atas namun bisa menggunakan cara lainnya. Untuk pengguna selain provider XL dan Axis, Anda masih bisa melacak private number dengan aplikasi Trapcall. Untuk cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda belum memiliki aplikasinya, maka unduh dan pasang aplikasi Trapcall terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi terpasang sempurna di HP, maka Anda tinggal menunggu panggilan masuk. Nantinya akan ditampilkan secara lengkap informasi mengenai nomor tersebut mulai dari detail nomor, nama, hingga alamat pemilik.
  • Setelah mengetahui informasi detail mengenai private number yang mengganggu tersebut Anda bisa menentukan pilihan untuk menelepon atau memblokirnya.

Menggunakan Caller App

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk melacak nomor telepon yang tidak dikenal adalah aplikasi Caller App. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini dapat Anda unduh gratis melalui Google playStore. Aplikasi dari playstore lebih aman karena memiliki keamanan tersendiri.

Meskipun gratis, fitur caller App juga terbilang cukup lengkap diantaranya yaitu blokir panggilan, blokir nomor, dan lain sebagainya. Untuk cara penggunaan Caller App adalah sebagai berikut:

  • Jika belum memilikinya maka install terlebih dahulu Caller App melalui aplikasi Google Playstore di HP Anda.
  • Masuk ke aplikasi dan mulailah cari nomor yang tidak dikenal dalam aplikasi Caller App.

Menggunakan Call Blocker

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk melacak nomor yang tidak diketahui pemiliknya adalah aplikasi Call Blocker. Aplikasi ini terbilang efektif untuk digunakan sehingga banyak yang menyukainya. Sedangkan untuk cara menggunakan aplikasi Call Blocker sendiri sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi Call Blocker di HP Anda terlebih dahulu jika belum memilikinya.
  • Masuk ke dalam aplikasi Call Blocker dan buka daftar nomor yang tidak dikenali atau daftar panggilan yang pernah diterima.
  • Selanjutnya lacak nomor yang selalu mengganggu Anda hingga ketemu pemiliknya.

Itulah beberapa cara mengetahui nomor telepon tidak dikenal yang menghubungi Anda.

Mengetahui pemilik nomor telepon tertentu penting agar Anda bisa menentukan keputusan apakah ingin memblokir nomor tersebut atau tidak. Jika pemilik nomor merupakan orang yang Anda kenal maka tidak mungkin jika langsung diblokir begitu saja.

Give a Comment