Cara Mengetahui yang Memakai Wifi Kita di Komputer-Laptop

Di zaman teknologi ini wifi telah tersebar dimana-mana baik itu di mall, tempat makan, kafe, warung serbaguna, dan perumahan. Dengan adanya wifi, dapat menyambungkan ke internet yang bisa digunakan untuk mencari informasi, berkomunikasi (Chat, telpon via internet, video call), dsb.

Banyak orang yang memasang wifi dengan menggunakan indihome (dulunya speedy) karena jangkauannya yang telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Indihome sendiri telah memiliki pengaturan yang dapat mengunci wifi dimana pemilik dapat membuat password sesuka hati dan hanya pemilik saja yang dapat mengetahuinya.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan juga bahwa tidak ada satupun orang yang secara diam-diam memakai wifi kita karena sudah ada banyak cara yang dapat mengetahui password wifi bertebaran di internet.

Hal ini menjadi was-was untuk pemilik yang memasang wifi, untuk itu diperlukan cek secara berkala apakah wifi yang dipasangnya dipakai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak.

Bagaimana cara melihat orang yang memakai wifi kita yang aktif?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui pengguna yang memakai wifi kita. Beberapa diantaranya bisa dilakukan melalui HP.

Hal ini sama seperti ketika: Cara mengecek ip komputer laptop.

Untuk mengetahui orang memakai wifi dalam satu jaringan berikut ini caranya:

Memakai software Who is on my Wifi

Software ini berfungsi untuk mengetahui ip address orang lain yang sedang online dalam satu jaringan, baik itu yang sedang sembunyi sembunyi di jarak yang agak jauh maupun yang dekat.

  1. Sambungkan router terlebih dahulu dengan laptop atau PC (komputer) melalui kabel LAN
  2. Install software who is on my Wifi
  1. Jika disuruh untuk menginstall .Net Framework 3.5 maka klik download and install this feature
  1. Setelah selesai di install, klik Scan now
  2. Tunggu beberapa saat hingga keluar beberapa data statistik masing-masing IP yang dipakai orang-orang

Kelebihan dari software ini adalah ketika ada orang baru yang memakai wifi kita dalam satu jaringan maka nanti akan ada suara robot yang memberi tahu bahwa ada pengguna baru di dalam satu jaringan.

Apakah bisa tidak menggunakan software?

Jika memakai software terlalu merepokan, ada cara mudah yang dapat dilakukan hanya dengan melalui CMD. Berikut ini cara mengetahui pengguna wifi melalui CMD.

  1. Sambungkan router terlebih dahulu dengan laptop/komputer melalui kabel LAN, hanya memakai wifi tanpa memakai kabel LAN juga bisa
  2. Tekan tombol windows + R
  3. Ketik CMD
  1. Lalu ketik perintah arp -a
  2. Tunggu beberapa saat dan itulah masing-masing IP yang menerima

Bagaimana cara mengetahui orang yang memakai wifi kita di android?

Jika memakai android ada beberapa aplikasi yang bisa ditemukan di Google Playstore, silahkan dicari dan di ketik dipencarian Google Playstore, “NetCut” atau “Fing”.

Setelah mengetahui ip wifi orang lain, jika ingin memblokir pengguna yang lain yang dimana pengguna tersebut memakai wifi kita secara diam-diam bisa mengikuti: Cara mematikan koneksi internet wifi orang lain permanen.

Dengan memblokir pengguna maka koneksi internet dalam satu jaringan stabil, dan pengguna yang memakai secara diam-diam tidak bisa lagi memakai wifi kita.

Jika tidak konek maka atasilah dengan: cara mengatasi wifi tidak bisa di laptop.

Itulah bagaimana caranya untuk melihat orang yang menggunakan wifi kita, setelah mengetahui pengguna yang memakai wifi kita dalam satu jaringan, blokirlah IP tersebut.

Give a Comment