Cara Menghapus Aplikasi di Komputer-Laptop Windows

Ketika ada aplikasi komputer yang sudah tidak dibutuhkan, Anda pasti ingin menghapusnya. Sayangnya, setelah diuninstal, biasanya akan tersisa cache atau sampah aplikasi. Ada cara menghapus aplikasi di komputer-laptop baik itu aplikasi biasa atau game agar bisa benar-benar bersih.

Untuk menghapus aplikasi di PC atau laptop dengan bersih dan cepat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Panduan untuk cara menghapus aplikasi di komputer-laptop sampai bersih ke akar-akarnya:

  • Klik Start > Control Panel

Langkah pertama, masuk ke menu Control Panel. Caranya, pada kolom search, ketikkan ‘Control Panel’ lalu tekan enter. Cara lainnya bisa melalui Windows Run. Tekan tombol Windows + tombol R secara bersamaan. Setelah muncul kolom pencarian, ketikkan Control Panel lalu tekan enter.

  • Uninstal program

Setelah itu akan ada beberapa menu. Cari menu ‘Uninstal Program’ lalu klik dua kali pada menu tersebut.

  • Pilih program yang ingin dihapus

Setelah memilih menu uninstal program, selanjutnya akan ditampilkan berbagai aplikasi yang terinstal di komputer Anda. Pilih salah satu yang ingin diuninstal atau dihapus. Hati-hati saat Anda memilih aplikasi yang akan dihapus. Cukup hapus aplikasi yang pernah Anda instal sendiri, bukan aplikasi yang sudah ada sejak awal di komputer.

Hal tersebut karena ada beberapa jenis software yang terinstal di dalam komputer merupakan aplikasi sistem ataupun aplikasi driver. Apabila aplikasi sistem tersebut tidak sengaja diuninstal, maka akan mengganggu kinerja komputer bahkan bisa menyebabkan error.

  • Klik kanan + Uninstall aplikasi

Langkah selanjutnya, pada aplikasi yang ingin dihapus, klik kanan lalu pilih uninstall. Selanjutnya ikuti langkah uninstal bawaan dari software seperti yang dijelaskan berikut. Masing-masing aplikasi biasanya memiliki cara uninstal yang berbeda. Namun kebanyakan caranya tidak berbeda jauh dengan cara menginstalnya.

  • Klik Finish

Langkah terakhir klik Finish. Dengan ini sebenarnya cara menghapus aplikasi di PC sudah selesai.

Bersihkan file dan folder bekas aplikasi sampai bersih

Namun jika Anda ingin membersihkan secara keseluruhan termasuk registry, ikuti langkah selanjutnya berikut ini. Registry inilah yang jika tidak dihapus bisa memenuhi memori penyimpanan komputer atau pc Anda.

  • Download dan Instal Aplikasi CCleaner. Aplikasi ini akan membantu membersihkan data registry di dalam komputer Anda dengan lebih efektif.
  • Buka aplikasi lalu masuk ke menu registry yang berada di sebelah kiri tampilan jendela.
  • Di bagian bawah, pilih menu ‘scan for issues’. Proses ini akan memindai semua aplikasi yang ada di dalam komputer Anda dan menemukan registrynya.
  • Selanjutnya akan ditampilkan banyak registry dari Aplikasi yang Anda instal. Klik pada opsi ‘fix selected issues’ untuk menghapus semua registry dari aplikasi tersebut.
  • Setelah itu sksn ditampilkan opsi jika Anda ingin mem-backup data tersebut. Pilih pada opsi ‘No’ untuk tidak melakukan backup. Tidak perlu melakukan backup pada data registry tersebut karena kebanyakan memang tidak terlalu penting. Namun jika Anda ingin berjaga-jaga, tidak ada salahnya melakukan backup dengan memilih ‘Yes’.
  • Klik pada ‘Fix all selected issues’. Langkah ini adalah langkah terakhir, setelah itu semua registry aplikasi yang sudah diuninstal juga akan ikut terhapus. Dengan menghapus registry data ini, maka tidak hanya aplikasi saja yang terhapus, data sisa yang sudah tidak dibutuhkan pun akan terhapus.

Ketika menggunakan komputer pasti membutuhkan aplikasi atau software tambahan untuk menunjang kinerjanya. Saat sudah tidak digunakan, Anda pasti ingin menghapusnya agar tidak menghambat performa komputer serta memenuhi kapasitas penyimpanan. Anda bisa menerapkan cara mudah menghapus aplikasi di komputer seperti yang dijelaskan di atas untuk menghapusnya secara keseluruhan.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *