Cara Menghapus Chromium dari Sistem Windows Sampai Tuntas

Chromium merupakan istilah untuk browser open source yang code-nya digunakan oleh Google untuk membuat browser populer Google Chrome. Banyak yang menganggap program ini sebagai virus sehingga mencari cara untuk hapus Chromium dari sistem Windows.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Chromium memiliki cara kerja layaknya virus. Aplikasi ini akan terbuka secara otomatis saat PC dinyalakan. Terkadang PC juga bisa menjadi lambat sehingga pekerjaan sering terganggu.

Chromium tidak selalu berhasil dihapus secara permanen hanya dengan uninstall dari PC. Anda harus mencoba cara lainnya jika ingin menghilangkan virus ini secara permanen.

Tidak sedikit virus Chromium yang kuat sehingga sulit jika hanya diatasi dengan software anti-malware saja. Jika software anti-malware tidak bisa membantu menghapus Chromium dari PC, Anda bisa mencoba alternatif cara lain berikut ini.

Berikut cara menghapus chromium sampai ke akar dengan mudah:

  • Buka menu Task Manager pada PC Anda. Untuk cara singkatnya, langsung saja tekan tombol kombinasi CTRL + ALT + DEL pada keyboard.
  • Pilih tab Process. Pada tab tersebut seharusnya Anda dapat melihat proses Chromium yang saat ini berjalan pada PC. Pilih salah satu proses kemudian klik kanan. Selanjutnya pilih opsi Go to File Location.
  • Anda akan dibawa ke folder lokasi dari aplikasi Chromium. Kembali ke tab Process di Task Manager lalu hentikan setiap proses Chromium dengan cara klik kanan kemudian pilih End Task. Jika sudah selesai kembalilah ke folder lokasi Chromium dan tempatkan file explorer.exe di folder tersebut.
  • Kemudian pindahkan lagi file explorer.exe dari folder Chromium ke Recycle Bin PC Anda. Lalu klik kanan pada folder Recycle Bin selanjutnya pilih opsi Empty Recycle Bin untuk menghapus file secara permanen.
  • Kembali ke folder Chromium yang merupakan virus tadi dan pindahkan semua file ke folder Recycle Bin. Lihat lokasi folder kemudian tekan opsi Local.
  • Hapuslah folder yang di dalamnya terdapat virus Chromium. Dan terakhir kosongkan folder Recycle Bin PC Anda.

Selain cara di atas, masih ada cara lain yang bisa Anda ikuti untuk menghapus virus mengganggu ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Bagi Anda pengguna Windows 7, klik Start > Control Panel > Program & Features. Sedangkan untuk pengguna Windows XP, pilihlah opsi Add/Remove Program.
  • Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10, klik kanan di bagian kiri bawah layar. Setelah itu akan ditampilkan layar Quick Access, lalu pilih Control Panel > Uninstall a Program.
  • Menu yang dipilih pada masing-masing versi Windows akan menampilkan berbagai macam program terinstall di PC Anda. Hapus semua program Chromium dan program sejenis yang meragukan.
  • Tekan OK untuk menyimpan penghapusan yang Anda lakukan.
  • Selanjutnya hapus Chromium yang ada di bagian shortcut. Caranya dengan klik kanan pada shortcut aplikasi Opera kemudian pilih opsi Properties.
  • Pada jendela Properties Opera, pilih tab Shortcut lalu lihat pada kolom Target. Hapuslah URL mencurigakan yang bisa saja merupakan virus.
  • Ulangi langkah di atas pada semua shortcut browser yang Anda install seperti Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah mengecek semua lokasi shortcut yang ada di PC mulai dari Menu Start, Desktop, maupun Taskbar.

Apabila cara tersebut masih tidak berhasil juga, maka coba ikuti cara berikut ini:

  • Tekan menu Start yang ada di bagian kiri bawah layar desktop PC Anda.
  • Pilihlah menu Control Panel.
  • Pilih sub menu Uninstall atau Remove Program & Features. Sub menu tersebut berbeda-beda tergantung dari versi Windows yang Anda gunakan.
  • Setelah memilih sub menu tersebut, maka akan ditampilkan berbagai jenis program yang terinstall di PC.
  • Scroll ke bawah dan carilah aplikasi Chromium. Setelah menemukan aplikasi tersebut, klik kanan pada aplikasi lalu pilih Uninstall.
  • Proses penghapusan akan dimulai dan Anda hanya tinggal menunggu proses selesai.

Namun, cara di atas terkadang tidak bekerja karena beberapa orang tidak bisa menemukan aplikasi Chromium di daftar aplikasi terinstall. Jika Anda menjadi salah satu orang yang mengalami kasus tersebut, maka coba hapus Chromium dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Windows Explorer yang sudah terinstall di PC Anda.
  • Kemudian pilih menu Tools.
  • Pada menu tersebut, pilihlah opsi Folder Options.
  • Munculkan semua folder di PC Anda dengan cara mengaktifkan opsi Show Hidden Folder.
  • Kemudian pilihlah Drive ( C ):
  • Pada Drive C, selanjutnya pilih User > App Data > Local.
  • Carilah folder aplikasi Chromium di folder Local.
  • Jika sudah menemukannya, klik kanan pada folder lalu Delete.

Cara Menghapus Chromium dari Internet Explorer (IE)

Jika Anda menginstall Internet Explorer pada PC, cara hapus chromium dari sistem Windows adalah sebagai berikut:

Hilangkan Add-Ons Berbahaya

Hapus Add-Ons yang Anda anggap berbahaya dari browser Internet Explorer. Caranya yaitu dengan masuk ke aplikasi IE, kemudian pilih Menu atau Options dengan ikon gerigi di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih opsi Manage Add-Ons.

Setelah itu akan ditampilkan pengaturan Manage Add-Ons. Carilah aplikasi Chromium dan beberapa plugins yang Anda anggap tidak penting dan mencurigakan. Nonaktifkan plugins mencurigakan dan Chromium dengan memilih opsi Disable.

Ubah Halaman Awal yang Telah Diubah Oleh Virus

Kembali ke halaman awal kemudian pilih Menu atau Options kembali dengan menekan ikon gerigi di pojok kanan atas. Pilih opsi Internet Options kemudian klik pada tab General.

Pada tampilan tab General, akan ada URL yang sedikit mencurigakan. Hapuslah URL mencurigakan tersebut. Untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan, tekanlah pilihan Apply di bagian bawah tab General.

Reset Internet Explorer

Setelah mengubah halaman utama, selanjutnya Anda harus mereset browser Internet Explorer. Sekali lagi masuklah ke Menu atau Options dengan ikon gerigi. Pilih opsi Internet Options kemudian pilih tab Internet Options.

Pada tab Internet Options, klik tombol Reset. Akan ada halaman baru yang ditampilkan, periksa opsi Delete Personal Settings dan selanjutnya tekan Reset. Virus Chromium akan mulai terhapus dari browser Internet Explorer Anda.

Cara Menghapus Chromium dari Microsoft Edge

Untuk Anda pengguna browser Microsoft Edge, ada cara tersendiri untuk menghapus virus Chromium. Cara yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Microsoft Edge kemudian pilih More dengan ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Settings untuk melanjutkan penghapusan virus.
  • Setelah jendela pengaturan ditampilkan, tekan tombol Choose what to clear yang berada di bawah Clear browsing data.
  • Centang semua opsi yang ingin Anda hapus datanya.
  • Selanjutnya tekan pilihan Clear.
  • Kembali ke Desktop kemudian tekan Start, lalu pilih Task Manager.
  • Pilih tab Process dan cari Microsoft Edge.
  • Klik kanan pada Microsoft Edge lalu pilih opsi Go to details. Jika tidak ada opsi Go to Details, tekan More Details dan ulangi langkah sebelumnya.
  • Carilah setiap entri yang bernama Microsoft Edge kemudian klik kanan dan End Task.

Cara Menghapus Chromium dari Mozilla Firefox

Berikut ini adalah cara menghapus Chromium untuk Anda pengguna browser Mozilla Firefox:

Hilangkan Ekstensi Berbahaya

Tidak jauh berbeda dengan menghapus chromium pada browser lain, pada Mozilla Firefox Anda juga harus menghilangkan ekstensi berbahaya. Caranya yaitu masuk ke aplikasi kemudian klik ikon garis tiga di pojok kanan atas.

Pada halaman menu tersebut, pilih opsi Add-Ons lalu pilih Extentions. Selanjutnya hapuslah Chromium dan plugins lain yang Anda anggap berbahaya dan mencurigakan.

Ubah Halaman Awal

Klik kembali ikon garis tiga, pilih opsi Options lalu pilih General. Hapuslah URL yang terlihat mencurigakan atau tekan Restore to Default. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Reset Mozilla Firefox

Reset Mozilla Firefox dengan cara menekan ikon garis tiga lagi. Tekan ikon tanda tanya di bagian bawah menu, lalu pilih Troubleshooting Information.

Selanjutnya akan ditampilkan notifikasi bertuliskan Reset Firefox to its default state, tekan tombol Reset Firefox pada notifikasi tersebut. Tekan tombol reset beberapa kali agar Chromium dapat terhapus permanen.

Cara Menghapus Chromium dari Google Chrome

Cara menghapus Chromium untuk Anda yang menggunakan Google Chrome adalah sebagai berikut:

Hilangkan Plugins Mencurigakan

Hapus plugins mencurigakan dengan cara menekan ikon garis tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Tools lalu Extentions. Hapus Chromium dan plugins mencurigakan dengan cara memilih ikon tempat sampah di samping plugins.

Ubah Halaman Awal

Klik ikon tiga baris atau menu kemudian pilih opsi Settings. Carilah pilihan Open a specific page or set of pages, kemudian klik Set Pages. Pada halaman yang ditampilkan, hapus alamat url yang Anda anggap mencurigakan dan ganti dengan alamat baru. Tekan X untuk menghapus.

Setelah Anda berada di halaman awal, klik ikon menu sekali lagi. Pilih Settings kemudian tekan Manage search engines. Hapus semua situs pencarian mencurigakan dengan menekan simbol X. Gunakan Google atau domain terpercaya lain sebagai mesin pencarian.

Reset Google Chrome

Reset Google Chrome dengan masuk ke menu kemudian pilih Settings. Scroll halaman Settings dan tekan pilihan Reset Browser Settings. Selanjutnya tekan Reset untuk mengkonfirmasi proses reset Google Chrome dan menyelesaikan penghapusan virus Chromium.

Itulah beberapa cara hapus Chromium dari sistem Windows yang bisa Anda ikuti. Anda harus menghapus Chromium pada setiap browser yang digunakan agar virus bisa terhapus secara permanen. Jangan lupa menginstall aplikasi anti-virus dan anti-malware agar PC Anda terlindungi.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *