Cara Reset Printer Canon E410

Sebagai salah satu printer keluaran terbaru yang memiliki fungsi all in one, Printer Canon E410 ini cenderung menjadi pilihan untuk digunakan baik di kantor maupun di rumah.

Namun layaknya printer pada umumnya, tinta di catridge akan menipis seiring dengan pemakaian. Catridge yang menipis ini biasa ditandai dengan munculnya tanda tinta low atau kode angka 1700 pada layar.

Karena tidak terdapat pilihan untuk melanjutkan tanda tinta low tersebut, maka salah satu lampu indikator akan berkedip beberapa kali dan kertas hasil print pun tidak dapat keluar.

Masalah ini biasanya muncul ketika pengisian tinta telah selesai dilakukan dan dilanjukan dengan melakukan print. Akan membutuhkan pengisian tinta catdridge sebanyak 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil print yang maksimal dan tidak patah-patah atau tidak rata.

Berikut cara melakukan reset pada printer Canon pixma E410 secara manual dengan memanfaatkan tombol yang terdapat pada printer tersebut:

  1. Matikan printer tanpa melepaskan kabel listrik.
  2. Tekan dan tahan tombol STOP. Kemudian tanpa melepas tombol STOP, tekan tombol Power (tidak ditahan). Jika printer telah hidup, lepaskan tombol STOP.
  3. Ulangi menekan tombol STOP hingga 5 kali. Di kali ke 5, lepaskan tombol STOP dan Power secara bersamaan. Anda dapat menggunakan tombol Resume jika tidak menemukan tombol STOP.
  4. Tunggu hingga beberapa saat, lalu matikan printer. Setelah printer mati, diamkan sesaat lalu hidupkan kembali.
  5. Terakhir, lanjutkan dengan deep cleaning. Jika sudah selesai, maka printer telah direset.

Keterangan:

  • Apabila lampu berkedip, maka akan muncul tanda warning pada layar.
  • Jika printer dalam keadaan hidup namun lampu masih berkedip, tekan dan tahan tombol STOP sekitar 5 detik.
  • Tunggu hingga layar menampilkan tanda printer telah siap digunakan, meskipun lampu masih berkedip, printer tetap bisa digunakan untuk mencetak.

Demikian cara step by step yang dapat Anda ikuti jika ingin melakukan reset manual pada Printer Canon E410. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Give a Comment